Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Prestasi Belajar Dimasa Pandemik Covid-19
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Alimuddin, Tawany Rahamma, M. Nadjib (2015). Intensitas penggunaan E-Learning Dalam Menunjang Pembelajaran Mahasiswa Program Sarjana (S1) Di Univeristas Hasanuddin. Jurnal Komunikasi KAREBA Vol.4 No.4 Oktober - Desember 2015. https://media.neliti.com/media/publications/95461-ID-intensitas-penggunaan-e-learning-dalam-m.pdf.
About Classroom-Classroom help, Diakses melalui website https://support.google. com/edu/ classroom/answer/6020279?hl=en&ref_topic=7175444
Almeida, F., & Simoes, J. (2019). The Role of Serious Games, Gamification and Industry 4.0 Tools in the Education 4.0 Paradigm. Contemporary Educational Technology, 10(2),
–136. https://doi.org/10.30935/cet.554469.
Anwaril Hamidy (2021). Zoom Meeting vs Google Classroom: Perbedaan Hasil Belajar Matematika Berdasarkan Platform Pembelajaran Daring. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran Tarbiyah Wa Ta'lim. https://doi.org/10.21093/twt.v8i1.3225
Awaludin Fitra, Yulia Utami, Martua Sitorus, (2019). Pemanfaatan Aplikasi microsoft Mathematics Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Kemala Bhayangkari 1 Medan. Jurnal Mantik Penusa, Vol 3, No 1 Juni 2019.
Awaludin Fitra, Yulia Utami, Martua Sitorus, (2020). Pemanfaatan Model Pembelajaran Menggunakan Software Geogebra Pada Mata Kuliah Kalkulus II Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa STMIK Pelita Nusantara Medan. Journal Of Mathematics Education and Science Universitas Islam Sumatera Utara. 5(2). 25-35. https://doi.org/10.30743/mes.v5i2.2547.
Awaludin Fitra, Martua Sitorus, Dedi C.P. Sinaga, E.A.P Marpaung. (2020). Pemanfaatan dan Pengelolaan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Dan Pengajaran Daring Bagi Guru-Guru SMP, Jurnal Pengabdian Universitas Tangjungpura. 3(2). http://dx.doi.org/10.26418/jplp2km.v3i2.42387.
Aziz Hussin, A. (2018). Education 4.0 Made Simple: Ideas For Teaching. International Journal of Education and Literacy Studies, 6(3), 92-98. https://doi.org/10.7575/aiac.ijels.v.6n.3p.92.
Denker, K. J. (2013). Student Response Systems and Facilitating the Large Lecture Basic Communication Course: Assessing Engagement and Learning. Communication Teacher, 27(1), 50–69. https://doi.org/10.1080/17404622.2012.730622.
Fakhrurrazi. (2018). Hakikat Pembelajaran Yang Efektif. Jurnal At-Tafkir, 11, 86.
Gunawan, F. I., & Sunarman, S. G. (2017). Pengembangan Kelas Virtual Dengan Google classroom Dalam Keterampilan Pemecahan Masalah (Problem Solving) Topik Vektor Pada Siswa Smk Untuk Mendukung Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 340–348. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/etnomatnesia/article/view/2334/1296
Hadisi, dan Muna. (2015). Pengelolaan Teknologi Informasi Dalam Menciptakan Model Inovasi Pembelajaran ( E-Learning ). Jurnal Al-Ta’dib, 8, 127–132.
Hanum, N.S., (2013). Keefetifan E-Learning sebagai Media Pembelajaran (Studi Evaluasi Model Pembelajaran E-Learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1).
Hermansyah, F. I. (2020). Pengambilan Kebijakan oleh Swedia dan Indonesia terhadap Pandemi Covid-19. Journal of Virology, 1–14.
Hendri. (2014). Pemanfaatan Sharable Content Object Reference Model Dalam Menciptakan Aplikasi Web E-Learning. Jurnal Media Sistem Informasi, 8, 24.
Herayanti, & Fuadunnazmi, & H. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Moodle Pada Matakuliah Fisika Dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 211.
Husaini, M. (2014). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Bidang Pendidikan (EEducation). Jurnal Mikrotik, 2(1), 1–5.
Kartika, A. R. (2018). Model Pembelajaran Daring. Journal of Early Childhood Care & Education, 27.
Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi. Indonesian Language Education and Literature, 03, 102.
Mustofa, M. I., Chodzirin, M., Sayekti, L., & Fauzan, R. (2019). Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. Walisongo Journal of Information Technology, 1(2), 151-160.
Mokhamad Iklil Mustofa, Muhammad Chodzirin, Lina Sayekti, 2019“Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi”. Tesis. Universitas Negeri Walisongo Semarang.
Orgaz, F., Moral, S., & Domínguez, C. (2018). Student’s Attitude and Perception with the Use of Technology in the University. Journal of Educational Psychology – Propositos Y Representaciones, 6(2), 277–299.
https://doi.org/http://dx.doi.org/10.20511/pyr2018.v6n2.230
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 03, 338.
Sabran & Sabara, E. (2018). Keefektifan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makassar. https://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit/article/view/8256
Sary Sukawati. (2020). Pemanfaatan Zoom Meeting Dan Google Classroom Dalam Mata Kuliah Inovasi Pembelajaran Berbasis Lesson Study. Jurnal Semantik STKIP Siliwangi Bandung. 10 (1) 45-54. DOI : 10.22460/semantik.v10i1.p45-54
Sugiyono. (2009). Metode. Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sutrisna, D. (2018). Meningkatkan Kemampuan Literasi Mahasiswa Menggunakan Google classroom. FON : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 13(2), 69–78. https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v13i2.1544
Wahab, Rohmalina. 2016. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Yani Riyani, 2012. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa (Studi pada mahasiswa Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Pontianak). Vol 8, No. 1, Hal 19 – 25. http://mobile.repository.polnep.ac.id/xmlui/bitstream/handle/123456789/354/03-YANI%20R.pdf?sequence=1.
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v14i2.11631
Refbacks
Copyright (c) 2021 JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika)
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .
JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).
Alamat Penerbit: Jl. Raya Ciwaru No 25 Kota Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: [email protected] |
Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika