Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Prestasi Belajar Dimasa Pandemik Covid-19

Awaludin Fitra, Martua Sitorus, Erwin Pangabean

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh terhadap hasil prestasi belajar dalam pembelajaran daring dengan zoom bantuan GeoGebra dengan pembelajaran dengan Google Classroom. Jenis penelitian adalah penelitian ekperimen semu atau Quasi Eksperimental dengan desin melakukan sesuatu cara untuk membandingkan kelompok. Dimana populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa STMIK Pelita Nusantara yang sedang mengambil mata kuliah Aljabar Linier. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu TI/A dan TI/B. Dari hasil analisis statistic dengan uji-t yang telah dilakukan terhadap kedua kelas maka diperoleh hasil dengan taraf signifikan α = 0,05 diperoleh thitung = 2,038. Selanjutnya thitung dikonsultasikan dengan ttabel  dengan dk = 32 diperoleh ttabel = 1,694 ternyata thitung > ttabel hal ini berarti H0 ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa dari hasil perhitungan tersebut dapat diketahui adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan Pembelajaran daring dengan zoom berbantuan GeoGebra dan pembelajaran daring dengan google classroom pada mata kuliah aljabar linier di STMIK Pelita Nusantara. Dari hasil perhitungan skor rata-rata untuk kedua kelas diperoleh bahwa adanya peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen I lebih tinggi dari pada kelas eksperimen II. Maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran daring dengan zoom berbantuan GeoGebra lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan Pembelajaran daring dengan google classroom. Dari hasil kuisioner yang diperoleh bahwa 83,3% mahasiswa mengalami kendala dalam pembelajaran daring yaitu jaringan internet yang tidak stabil.

Full Text:

PDF

References


Alimuddin, Tawany Rahamma, M. Nadjib (2015). Intensitas penggunaan E-Learning Dalam Menunjang Pembelajaran Mahasiswa Program Sarjana (S1) Di Univeristas Hasanuddin. Jurnal Komunikasi KAREBA Vol.4 No.4 Oktober - Desember 2015. https://media.neliti.com/media/publications/95461-ID-intensitas-penggunaan-e-learning-dalam-m.pdf.

About Classroom-Classroom help, Diakses melalui website https://support.google. com/edu/ classroom/answer/6020279?hl=en&ref_topic=7175444

Almeida, F., & Simoes, J. (2019). The Role of Serious Games, Gamification and Industry 4.0 Tools in the Education 4.0 Paradigm. Contemporary Educational Technology, 10(2),

–136. https://doi.org/10.30935/cet.554469.

Anwaril Hamidy (2021). Zoom Meeting vs Google Classroom: Perbedaan Hasil Belajar Matematika Berdasarkan Platform Pembelajaran Daring. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran Tarbiyah Wa Ta'lim. https://doi.org/10.21093/twt.v8i1.3225

Awaludin Fitra, Yulia Utami, Martua Sitorus, (2019). Pemanfaatan Aplikasi microsoft Mathematics Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Kemala Bhayangkari 1 Medan. Jurnal Mantik Penusa, Vol 3, No 1 Juni 2019.

Awaludin Fitra, Yulia Utami, Martua Sitorus, (2020). Pemanfaatan Model Pembelajaran Menggunakan Software Geogebra Pada Mata Kuliah Kalkulus II Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa STMIK Pelita Nusantara Medan. Journal Of Mathematics Education and Science Universitas Islam Sumatera Utara. 5(2). 25-35. https://doi.org/10.30743/mes.v5i2.2547.

Awaludin Fitra, Martua Sitorus, Dedi C.P. Sinaga, E.A.P Marpaung. (2020). Pemanfaatan dan Pengelolaan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Dan Pengajaran Daring Bagi Guru-Guru SMP, Jurnal Pengabdian Universitas Tangjungpura. 3(2). http://dx.doi.org/10.26418/jplp2km.v3i2.42387.

Aziz Hussin, A. (2018). Education 4.0 Made Simple: Ideas For Teaching. International Journal of Education and Literacy Studies, 6(3), 92-98. https://doi.org/10.7575/aiac.ijels.v.6n.3p.92.

Denker, K. J. (2013). Student Response Systems and Facilitating the Large Lecture Basic Communication Course: Assessing Engagement and Learning. Communication Teacher, 27(1), 50–69. https://doi.org/10.1080/17404622.2012.730622.

Fakhrurrazi. (2018). Hakikat Pembelajaran Yang Efektif. Jurnal At-Tafkir, 11, 86.

Gunawan, F. I., & Sunarman, S. G. (2017). Pengembangan Kelas Virtual Dengan Google classroom Dalam Keterampilan Pemecahan Masalah (Problem Solving) Topik Vektor Pada Siswa Smk Untuk Mendukung Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 340–348. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/etnomatnesia/article/view/2334/1296

Hadisi, dan Muna. (2015). Pengelolaan Teknologi Informasi Dalam Menciptakan Model Inovasi Pembelajaran ( E-Learning ). Jurnal Al-Ta’dib, 8, 127–132.

Hanum, N.S., (2013). Keefetifan E-Learning sebagai Media Pembelajaran (Studi Evaluasi Model Pembelajaran E-Learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1).

Hermansyah, F. I. (2020). Pengambilan Kebijakan oleh Swedia dan Indonesia terhadap Pandemi Covid-19. Journal of Virology, 1–14.

Hendri. (2014). Pemanfaatan Sharable Content Object Reference Model Dalam Menciptakan Aplikasi Web E-Learning. Jurnal Media Sistem Informasi, 8, 24.

Herayanti, & Fuadunnazmi, & H. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Moodle Pada Matakuliah Fisika Dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 211.

Husaini, M. (2014). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Bidang Pendidikan (EEducation). Jurnal Mikrotik, 2(1), 1–5.

Kartika, A. R. (2018). Model Pembelajaran Daring. Journal of Early Childhood Care & Education, 27.

Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi. Indonesian Language Education and Literature, 03, 102.

Mustofa, M. I., Chodzirin, M., Sayekti, L., & Fauzan, R. (2019). Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. Walisongo Journal of Information Technology, 1(2), 151-160.

Mokhamad Iklil Mustofa, Muhammad Chodzirin, Lina Sayekti, 2019“Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi”. Tesis. Universitas Negeri Walisongo Semarang.

Orgaz, F., Moral, S., & Domínguez, C. (2018). Student’s Attitude and Perception with the Use of Technology in the University. Journal of Educational Psychology – Propositos Y Representaciones, 6(2), 277–299.

https://doi.org/http://dx.doi.org/10.20511/pyr2018.v6n2.230

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 03, 338.

Sabran & Sabara, E. (2018). Keefektifan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makassar. https://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit/article/view/8256

Sary Sukawati. (2020). Pemanfaatan Zoom Meeting Dan Google Classroom Dalam Mata Kuliah Inovasi Pembelajaran Berbasis Lesson Study. Jurnal Semantik STKIP Siliwangi Bandung. 10 (1) 45-54. DOI : 10.22460/semantik.v10i1.p45-54

Sugiyono. (2009). Metode. Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sutrisna, D. (2018). Meningkatkan Kemampuan Literasi Mahasiswa Menggunakan Google classroom. FON : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 13(2), 69–78. https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v13i2.1544

Wahab, Rohmalina. 2016. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Yani Riyani, 2012. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa (Studi pada mahasiswa Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Pontianak). Vol 8, No. 1, Hal 19 – 25. http://mobile.repository.polnep.ac.id/xmlui/bitstream/handle/123456789/354/03-YANI%20R.pdf?sequence=1.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v14i2.11631

Refbacks



Copyright (c) 2021 JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika)

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Ciwaru No 25 Kota Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: [email protected] |Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika