PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF LECTORA INSPIRE DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS

Dwi Yulianto, Egi Adha Juniawan

Abstract


Kurikulum 2013 dirancang mengembangkan keseimbangan antara sikap spiritual dan sosial, pengetahuan, dan keterampilan. Keterampilan yang dikembangkan meliputi keterampilan secara physical (fisik) dan keterampilan secara mental yakni berpikir yang termasuk di dalamnya kemampuan berpikir kritis. Oleh karena itu, pelatihan terhadap kemampuan berpikir kritis selayaknya dilaksanakan dalam proses pembelajaran pada setiap mata pelajaran pada kurikulum 2013 termasuk Matematika. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis kebutuhan siswa terhadap media pembelajaran lectora inspire, (2) menghasilkan media pembelajaran berbasis lectora inspire, (3) mengefektifkan penggunaan media pembelajaran berbasis lectora inspire. (4) mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui pembelajaran pendekatan saintifik berbasis lectora inspire. Jenis penelitian yang digunakan Research and Development, mengacu model pengembangan Borg and Gall rancangan penelitian one group pre-test-post-test design yang menggunakan kelas eksperimen dan kontrol. Metode yang digunakan adalah purposive sampling. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 57 siswa di MA Daar El Qolam Tangerang. Data yang diperoleh pada penelitian ini adalah hasil pretest dan posttest siswa. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data yaitu uji normalitas, Uji Homogenitas, uji-t, serta uji gain score. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran berbasis lectora inspire pada mata pelajaran Matematika yaitu, 1) proses pengembangan media pembelajaran berbasis lectora inspire pada mata pelajaran Matematika melalui tahapan ADDIE dengan pendekatan Saintifik, 2) kualitas media pembelajaran interaktif Lectora Inspire yang telah dikembangkan termasuk dalam kategori baik. Dengan demikian, produk media pembelajaran interaktif Lectora Inspire berbasis pendekatan saintifik layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran, dan 3) efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis lectora inspire pada mata pelajaran Matematika kelas X MA Daar El Qolam dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil penelitian ini terlihat dari skor rata-rata Posttest dan gain score kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen yang terbukti lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Selain itu, berdasarkan hasil pengujian Uji Independent Sample T-Test menunjukkan bahwa ada perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. (2011) Media Pembelajaran, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

BTKP DIY. (2011). Modul Pelatihan Lectora Authoring Tool, Pengenalan Fitur Lectora II Sagit dan Camtasia. Yogyakarta: BTKP DIY

Fasthea, Sholeh (ed). (2015). Merancang Desain Multimedia Pembelajara Interaktif Menggunakan Software Lectora Inspire. Yogyakarta: Aura Pustaka cet.ke-3, revisi versi 12.0.2

Filsaime, K.D. 2008. Menguak Rahasia Berpikir kritis dan Kreatif. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Hake, R. 1999. Analizying Change/Gain Score. [online] Tersedia: http://lists.asu.edu

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Permendikbud No. 58 Tahun 2014.

Marjan, Johari. 2014. Pengaruh Pembelajaran Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Biologi dan Keterampilan Proses Sains Siswa MA Mu’allimat NW Pancor Selong Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat. Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja : Tidak Diterbitkan.

Munir. (2009) Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta

Shalikhah, Norma Dewi, dkk. (2017). Media Pembelajaran Interaktif Lectora Inspire Sebagai Inovasi Pembelajaran. Warta LPM. Universitas Muhammadiyah Magelang. Vol. 20, No.1

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani.

Widodo & Jasmadi. (2008). Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: PT Elex Media

Zubaidah, dkk. 2014. Buku Guru untuk SMP Kelas VIII. Jakarta : Kemendikbud




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v15i1.12395

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika)

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Ciwaru No 25 Kota Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: jppm@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika