KARAKTERISTIK KECEMASAN SISWA SMA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Yusuf Ramdani, Syamsuri Syamsuri, Aan Subhan Pamungkas

Abstract


Kecemasan matematika adalah bentuk perasaan seseorang baik gugup, takut dan takut, cemas atau takut dalam menghadapi masalah matematika atau dalam melakukan pembelajaran matematika. Perkembangan gejala kecemasan matematika sangat mengkhawatirkan, sehingga pembelajaran matematika menjadi kurang efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan karakteristik kecemasan siswa SMA dalam pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subyek penelitian adalah siswa SMA. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen wawancara dimodifikasi dari instrumen Abbreviated Math Anxiety Scale (AMAS) yang terdiri dari 9 item soal dan 2 aspek kecemasan matematika. Data yang telah diperoleh akan dianalisis dengan menggunakan metode perbandingan tetap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat karakteristik kecemasan matematika siswa SMA yang dapat dibagi menjadi 3 jenis; tipe cemas, tipe cemas dalam proses belajar, dan tipe cemas dalam evaluasi. Tipe cemas merupakan kategori kelompok yang terdiri dari mata pelajaran yang perlu diperhatikan. Tipe cemas dalam proses adalah kategori kelompok yang terdiri dari mata pelajaran yang dibutuhkan untuk cemas dalam proses pembelajaran matematika. Tipe cemas dalam evaluasi adalah kategori kelompok yang terdiri dari mata pelajaran yang cemas tentang aspek evaluasi matematis.

 

Kata kunci: Kecemasan, Matematika, Proses Pembelajaran, Evaluasi


Full Text:

PDF

References


Alexander, L., & Martray, C. (1989). The Development of An Abbreviated Version of The Mathematics Anxiety Rating Scale. Measurement and Evaluation in counseling and development , 22(3), 143-150.

Anditya, R. (2016). Faktor-Faktor Penyebab Kecemasan Matematika. In Artikel Publikasi Ilmiah. Surakarta: UMS.

Anita, I. W. (2014). Pengaruh kecemasan matematika (mathematics anxiety) terhadap kemampuan koneksi matematis siswa SMP. Infinity Journal , III, 125-132.

Annisa, D. F., & Ifdil. (2016). Konsep Kecemasan (Anxiety) pada Lanjut Usia (Lansia). Konselor , 5, 93-99.

Ashadi, F. (2016). Pengembangan Sumberdaya Manusia Dalam Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pembelajaran Fisika , 4-5, 717-729.

Ashcraft, M. H. (2002). Math Anxiety: Personal, Educational, and Cognitive Consequences. Current directions in psychological science , 11(5), 181-185.

Beilock, S. L., & Willingham, D. T. (2014). Math Anxiety: Can Teachers Help Students Reduce It? Ask the Cognitive Scientist. American educator , 38(2), 28-43.

Brian, K. (2012, 4 30). Maths anxiety: the numbers are mounting. The Guardian:(http://www.theguardian.com/education/2012/apr/30/mathsanxiety-school-support) Diakses tanggal 26 Desember 2018 Pukul 19.20

Cockcroft, W. H. (1982). Mathematics counts. London: HM Stationery Office.

Das, R., & Das, G. C. (2013). Math Anxiety: The Poor Problem Solving Factor in School Mathematics. International Journal of Scientific and Research Publications , 3, 1-5.

Denhere, C. (2015). Casual Attributions of Maths Anxiety among Zimbabwean Secondary School-Learners. International Journal of Academic Research and Reflection , 1, 6-11.

Eden, C., Heine, A., & Jacobs, A. M. (2013). Mathematics Anxiety and Its Development in the Course of Formal Schooling—A Review . Jounal of Scientific Reasearch , 27-35 .

George Brown College. (2014). Dealing with Math Anxiety: https://www.georgebrown.ca/uploadedFiles/TLC/_documents/Dealing%20with%20Math%20Anxiety.pdf Diakses tanggal 26 Desember 2018 Pukul 21.00

Jain, S., & Dowson, M. (2009). Mathematics anxiety as a function of multidimensional self-regulation and self-efficacy. Contemporary Educational Psychology , 34, 240-249.

Kusumawati, R., & Nayazik, A. (2017). Kecemasan Matematika Siswa SMA Berdasarkan Gender. Journal of Mathematics Education , 92–99.

Leonard, & U.S, S. (2010). Pengaruh Konsep Diri, Sikap Siswa pada Matematika dan Kecemasan Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. Cakrawala Pendidikan , 3, 341-352.

Nevid, J. S., Rathus, S. A., & Greene, B. (2003). Psikologi Abnormal. Edisi Kelima. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Nwoke, B. I., & Ugwuegbulam, C. N. (2016). Causes and Solutions of Mathematics Phobia Among Secondary School Students. Research on Humanities and Social Sciences , 105-110.

Pourmoslemi, A., Erfani, N., & Firoozfar, I. (2013). Mathematics Anxiety, Mathematics Performance and Gender differences among Undergraduate Students . International Journal of Scientific and Research Publications , 3(7), 1-6.

R.Hopko, D., Mahadevan, R., L.Bare, R., & K.Hunt, M. (2003). The Abbreviated Math Anxiety Scale (AMAS). Assessment , 10(2), 178-182.

Saputra, P. R. (2014). Kecemasan Matematika Dan Cara Menguranginya (Mathematic Anxiety and How To Reduce It). Jurnal PHYTAGORAS , 3(2), 75-84.

Sugiyono. (2011). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Wahab, R. (2016). Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Wicaksono, A. B., & Saufi, M. (2013). Mengelola Kecemasan Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY , 19, 89-94.

Zakaria, E., & Nordin, N. M. (2008). The Effects of Mathematics Anxiety on Matriculation Students as Related to Motivation and Achievement. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education , 4(1), 27-30.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v15i1.14015

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika)

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Ciwaru No 25 Kota Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: [email protected] |Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika