DESAIN LEMBAR KERJA TERSTRUKTUR UNTUK MENGATASI KESULITAN MAHASISWA DALAM MEMAHAMI MATERI KONTINUITAS FUNGSI

Kus Andini Purbaningrum, Prahesti Tirta Safitri

Abstract


This study aims to design structured worksheets to overcome students' difficulties in understanding the continuity of functions in the differential calculus course. The research subjects were students of the mathematics education study program FKIP Muhammadiyah University of Tangerang (UMT). The Continuity of Functions material consists of several parts, namely the interval set of numbers, the limit of functions and graphs, and the continuity test of the function. This research is a formative evaluation type of development research. The stages used are self-evaluation, prototyping (expert reviews, one-to-one, and small group) to field tests. The results of the field test on the developed structured worksheets are in a very good category and are suitable for use as teaching materials to overcome student difficulties in understanding the material.


Full Text:

PDF

References


Ariestika, I. M. dkk. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (Tai) Berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS) Terstruktur Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1).

Jaya, P. A. E. S. 2014. Optimalisasi Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Terstruktur untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X-3 SMA Negeri 2 Busungbiu. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2(1).

Lestari, N., Tandililing, E., & Syukran, M. 2014. Penggunaan LKS Terstuktur Berbasis PBL untuk Meremediasi Kesulitan Pemecahan Masalah pada Siswa Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(8).

Mujiati. 2017. Peningkatan hasil belajar matematika melalui metode discovery learning pada materi konsep keliling dan luas bangun datar siswa kelas V A SD Negeri 009 Pulau Kijang Kecamatan Reteh. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 6 (1).

Pamungkas, A. S. dan Yuhana, Y. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Untuk Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 9 (2).

Prawidia, I., & Khusna, H. 2021. Pengaruh Suasana Lingkungan Belajar dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 14(2), 192-207.

Purbaningrum, K.A. 2017. Berpikir tingkat rendah menuju berpikir tingkat rendah. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammaddiyah Tangerang, 6 (1).

-------------------------. 2018. Pengembangan Modul Pembelajaran Konsep Dasar Matematika Untuk Mahasiswa PGSD. Prosiding SEMPOA (Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika) 4 2018.

-------------------------. 2019. Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Memahami Materi Kontinuitas Fungsi Mata Kuliah Kalkulus Diferensial. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 5 (2).

Purbaningrum, K. A., Safitri, P. T., & Pamungkas, A. S. (2020). Desain Bahan Ajar Lembar Aktivitas Terstruktur Untuk Mengoptimalkan Kemampuan Penalaran Dan Self-Esteem Matematis Mahasiswa. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 13(1), 73-86.

Rahmawati, N. Y. 2015. Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Terstruktur Terhadap Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar Materi Persamaan Linear Satu Variabel Kelas VII Regular MTSN Kunir Wonodadi Blitar. Skripsi. IAIN Tulungagung.

Riduwan. 2009. Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Alfabeta. Bandung.

Salirawati, D. 2006. Penyusunan dan Kegunaan LKS dalam Proses Pembelajaran. Makalah dipresentasikan pada Kegiatan Pengabdian Masyarakat, UNY Yogyakarta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan, Alfabeta. Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v15i1.14017

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika)

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Ciwaru No 25 Kota Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: [email protected] |Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika