AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN PETA KONSEP PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN

Sarah Caesarani, Risnaini Mei Sucianti, Anton Nasrullah

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterlibatan siswa sehingga berdampak pada hasil belajar siswa kelas VIII SMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan penelitian tindakan kelas, terdiri dari empat langkah yaitu persiapan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil belajar matematika siswa meningkat karena penelitian yang telah dilakukan. Penelitian dilakukan terhadap 44 siswa kelas VIII-5 genap satu semester di salah satu SMP di Bekasi. Tingkat tes keseluruhan untuk prasiklus adalah 47,09. Siklus I memiliki skor 48,52, Siklus II memiliki skor 61,25, dan Siklus III memiliki skor 66,47. Pada siklus I, 34,09 persen siswa memenuhi KKM, 52,27 persen memenuhi Nilai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) pada siklus kedua, dan 66,47 persen memenuhi KKM pada siklus ketiga. Temuan penelitian ini adalah: 1) model pembelajaran advance organizer menggunakan peta konsep dapat meningkatkan keterlibatan siswa; 2) meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan pembelajaran advance organizer berbasis peta konsep

Full Text:

PDF

References


Asfar, A. I. T., Ahmad, M. A., & Gani, H. A. (2021). Model Pembelajaran Connecting, Extending, Review: Tiga Fase Efektif Optimalkan Kemampuan Penalaran. Media Sains Indonesia.

Dwi, Y. A. (2022). Peran Guru Bimbingan Dan Konseling dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VIII Ditengah Wabah Covid-19 Di Mts Negri 2 Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Febriana, R. (2021). Kompetensi guru. Bumi Aksara.

Hartati, L. (2015). Pengaruh Gaya Belajar dan Sikap Siswa pada Pelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(3).

Hasan, Q. A. (2017). Pengembangan Pembelajaran Operasi Pembagian dengan Menekankan Aspek Pemahaman. Jurnal Pendidikan, 18(2), 106-114.

Imawan, O. R. (2015). Perbandingan Antara Keefektifan Model Guided Discovery Learning dan Project-Based Learning pada Matakuliah Geometri. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 179-188.

Nurhasanah, D. S., & Luritawaty, I. P. (2021). Model Pembelajaran REACT Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. PLUSMINUS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 71-82.

Novita, R., Prahmana, R. C. I., Fajri, N., & Putra, M. (2018). Penyebab Kesulitan Belajar Geometri Dimensi Tiga. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(1), 18-29.

Rahayu, D. V., & Afriansyah, E. A. (2015). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Melalui Model Pembelajaran Pelangi Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 29-37.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research Approach). Deepublish.

Safrina, K., Ikhsan, M., & Ahmad, A. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Geometri Melalui Pembelajaran Kooperatif Berbasis Teori Van Hiele. Jurnal Didaktik Matematika, 1(1).

Sapta, A. (2017). Perbandingan Model Pembelajaran Elaborasi dengan Model Pembelajaran Advance Organizer. Keguruan, 5(1).

Saragih, H., Hutagalung, S., Mawati, A. T., Chamidah, D., Khalik, M. F., Sahri, S., ... & Kato, I. (2021). Filsafat Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.

Sari, N. T., Siregar, P. S., & Yuliawati, M. (2022). Penerapan Metode Peta Konsep untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 625-632.

Setiawan, Y. E. (2020). Pelatihan Desain Peta Konsep Menggunakan Aplikasi Campstool’s. Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat), 3(4), 395-403.

Sipayung, T. N., & Simanjuntak, S. D. (2018). Efektivitas Pembelajaran dengan Menggunakan Lembar Aktivitas Siswa (Las) Matematika Kelas X Sma Berbasis Variasi Model Pembelajaran Kooperatif. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 11(1)

Sugianto, S., Armanto, D., & Harahap, M. B. (2014). Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan STAD Ditinjau dari Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis Siswa SMA. Jurnal Didaktik Matematika, 1(1).

Sunasuan, P., & Songserm, U. (2021). Using Advance Organizer Model to Influence the Meaningful Learning of New Concepts for ESL Learners in a Collaborative Classroom. Arab World English Journal, 12(3).

Susilo, H., Chotimah, H., & Sari, Y. D. (2022). Penelitian tindakan kelas. Media Nusa Creative (MNC Publishing).

Suwandi, S., & Budiastuti, E. (2021). Model Advance Organizer dengan Pendekatan Humanistik: Upaya Meningkatkan Pemahaman Relasional Siswa SMK pada Materi Program Linear. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(1), 65-80.

Widiyowati, I. I. (2015). Hubungan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Respon Mahasiswa Terhadap Penggunaan Model Pembelajaran Advance Organizer pada Materi Larutan Penyangga. Pancaran Pendidikan, 4(1), 89-104.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v15i1.14024

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika)

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Ciwaru No 25 Kota Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: jppm@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika