DESKRIPSI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DALAM PEMBELAJARAN RELASI DAN FUNGSI

Putri Endrawati, Indrie Noor Aini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis dalam menyelesaikan soal materi Relasi dan Fungsi. Indikator Berpikir kritis yang digunakan ialah Indikator Berpikir Kritis yang yang disebutkan oleh Ennis yang terdiri dari enam indikator yaitu Focus,RReason, Inference, Situation, Calrity, Overview. Metode yang digunakan pada penelititian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini menggunakan 4 siswa kelas VIII MTS sebagai subjek. Penelitian ini menggunakan instrumen soal tes uraian serta wawancara yang dilakukan kepada setiap subjek. Ada 3 tahapan untuk menganalisa data yaitu dengan pengumpulan data, penyampaian data, menarik kesimpulan dan validasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan dari ke 4 siswa hanya 2 siswa yang memahami sekurang kurangnya 3 dari 6 indikator kemampuan berpikir kritis matematis dan diperkuat dari hasil wawancara seluruh siswa, siswa masih belum sepenuhnya paham terhadap soal yang diberikan sehingga belum mengetahui bagaimana cara menyelesaikan soal tersebut. Dilihat dari hasil penelitian dan wawancara menunjukkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa masih tergolong rendah.Kata kunci: Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Relasi Fungsi, Berpikir Kritis 

Full Text:

PDF

References


Alkhateeb, M. A. (2019). Assessing eighth-grade mathematics teachers and textbook in embodying thinking levels. International Journal of Instruction, 371-388. doi:10.29333/iji. 2019.12125

Andini, V. (2019). Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Kelas VIII Pada Materi Relasi dan Fungsi. Sesiomedika 2019 (p. 594). Karawang : Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. (https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2654)

Anggara, E. (2020). Deskrips Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Relasi dan Fungsi Pada Kelas VIII MTs Negeri 2 Bulukumba. Makassar : Universitas Muhammadiyah Makassar.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek edisi 2010 . Jakarta : Rineka Cipta.

Cahyono, B. (2017). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis dalam Memecahkan Masalah ditinjau Perbedaan Gender. . Aksioma, 52. https://doi.org/10.26877/aks.v8i1.1510

Choy. (2012). Reflective thinking and teaching practices: A precursor for incorporating critical thinking into the classroom. International Journal of Instruction, 167-182.

Depdiknas. (2003). UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas. Jakarta : Depdiknas.

Djafar, N. A. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Examples Non Examples Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VIII.K Smp Negeri 4 Sungguminbasa Kabupaten Gowa . Jurnal Bionature. https://doi.org/10.35580/bionature.v15i2.1551

Ekawati, S. (2018). Deskripsi Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Melalui Pendekatan Realistic Mathematic Education. Pedagogy https://doi.org/10.30605/pedagogy.v6i1.1416

Ester van Laar, A. (2017). The relation between 21st century skills and digital skills: A systematic literature review. Comput Human Behav, 577-588.

Fatra, M. (2020). Concept-Based Learning dan Kemampuan Berfikir Kritis Matematis. ALGORITMA Journal of Mathematics Education (AJME). https://doi.org/10.15408/ajme.v2i1.16314

Gusrianti, H. (2018). analisis Kemampuan Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Peserta didik menggunakan Graded Rensponse Models (GRM) di SMA 1 Jonggat kelas XI Tahun Pelajaran 2018/2019. Mataram: UIN Mataram.

Mayadiana, D. (2012). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Habits Of Mind Mahasiswa Melalui Pembelajaran Dengan Pendekatan Induktif . INSANIA . https://doi.org/10.24090/insania.v17i1.1485

Moleong, L. J. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Munafiah, S. (2015 ). Efektifitas Penggunaan Model Pembelajaran Missourimathematics Project Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikit Kritis Peserta Didik Kelas VIII Semester Gasal Pada Materi Fungsi Di SMP N 3 Pabelan. Semarang: Walisongo Institutional Repository . https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4736

Novtiar, C. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kepercayaan Diri Siswa SMP melalui Pendekatan Open Ended. Jurnal PRISMA Universitas Suryakancana. https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.122

Octaria, E. A. (2018). Pengaruh Model Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. Jakarta : FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/37996

Palinussa. (2013). Students’ critical mathematical thinking skills and character: Experiments for junior high school students through realistic mathematics education culture-based. Journal on Mathematics Education, 75-94.

Paul, R., & Elder, L. (2001). Critical thinking: Tools for taking charge of your learning and your life. Prentice Hall.

Preus, B. (2012). Authentic instruction for 21st century learning: Higher order thinking in an inclusive school. American Secondary Education, 40, 59-79. doi:10.2307/43694141

Putri, A. (2018). Profil Kemapuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP kelas VIII Materi Bangun Ruang. Jurnal Pendidikan Tambusai. https://doi.org/10.31004/jptam.v2i4.26

Richard Parker, B. N. (2008). Critical Thinking 9th edition. New York : McGraw-Hill.

Saryanto, T. (2017). Are Students' Critical Thinking Skills in Problem Solving Influenced by Gender? International Conference of Mathematics and Mathematics Education , 262-268.

Seventika, S. Y., Sukestiyarno, Y. L., & Mariani, S. (2018). Critical thinking analysis based on Facione (2015) – Angelo (1995) logical mathematics material of vocational high school (VHS). Journal of Physics: Conference Series, 18-27. doi:10.1088/1742-6596/983/1/012067

Suwarma, D. M. (2009). Kemampuan Berpikir Kritis matematis. Jakarta : Cakrawala Maha Karya.

Sugiyono. 2018. Metode penelitian: kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Tiruneh, & Verburgh. (2014). Effectiveness of critical thinking instruction in higher education: A systematic review of intervention studies. Higher Education Studies, 1-17.

Wardhani, S. (2008). Analisis SI dan SKL mata pelajaran matematika SMP/MTs untuk optimalisasi tujuan mata pelajaran matematika. Yogyakarta : Pusat Pengembangan Dan Pemberdayaan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Matematika .

Widana, W. (2017). Higher Order Thinking Skills Assessment towards Critical. International Journal of Social Sciences and Humanities, 24-32.

Wati, A. W. (2013). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Memahami Masalah Matematika pada Materi Fungsi di Kelas XI IPA MA Al-Muslihun Kanigoro Blitar Semester Genap Tahun Ajaran 2012/ 2013. Tulungagung: Repository of UIN SATU Tulungagung . http://repo.uinsatu.ac.id/

Yanuarti, A. (2016). Upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran quantum teaching. JURNAL PENDIDIKAN MANAJEMEN PERKANTORAN , 11-18. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3261

Yulistaniau, T. (2020). Penelitian Deskriptif. RADEN TRI KENCANA PUTRI DEWINTA.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v15i1.14112

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika)

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Ciwaru No 25 Kota Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: jppm@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika