PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MODEL DISCOVERY LEARNING BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA
Abstract
Kemampuan penalaran matematis merupakan salah satu kemampuan yang esensial dalam pembelajaran matematika. Kemampuan penalaran matematis ditunjukkan dengan adanya aktivitas berpikir secara logis dan sistematis dalam menghubungkan aturan-aturan, sifat-sifat, maupun fakta-fakta yang ada menuju kepada suatu kesimpulan. Mengembangkan perangkat pembelajaran matematika yang berorientasi pada kemampuan penalaran matematis terasa penting untuk dilakukan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan perangkat pembelajaran matematika berbasis model discovery learning berorientasi pada kemampuan penalaran matematis yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) silabus berbasis model discovery learning yang dikembangkan dinyatakan valid dengan persentase sebesar 92,2%, artinya silabus yang dikembangkan layak digunakan untuk melatih kemampuan penalaran matematis siswa; (2) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berbasis model discovery learning yang dikembangkan dinyatakan valid dengan persentase sebesar 93,4%, ini artinya RPP yang dikembangkan layak digunakan untuk melatih kemampuan penalaran matematis siswa; (3) Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis model discovery learning yang dikembangkan dinyatakan valid dengan persentase sebesar 92,8%, artinya LKPD yang dikembangkan juga layak digunakan untuk melatih kemampuan penalaran matematis siswa; dan (4) Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis model discovery learning yang dikembangkan dinyatakan praktis dengan persentase sebesar 92,54%, artinya LKPD yang dikembangkan sangat praktis digunakan untuk melatih kemampuan penalaran matematis siswa.
.
Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, Discovery Learning, Penalaran Matematis
Full Text:
PDFReferences
Akbar, G.A.M., Diniyah, A.N., Akbar, P., Nurjaman, A., dan Bernard, M. 2018. Analisis Kemampuan Kemampuan Penalaran dan Self Confidence Siswa SMA dalam Materi Peluang, dalam Journal on Education, Vol 1, No 1, Hal 14-21, Lembaga Penelitian Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Bangkinang.
Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran, PT Remaja Rosdakarya, Bandung.
Asri, E.Y dan Noer, S.H. 2015. Guided Discovery Learning dalam Pembelajaran Matematika, dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY, Yogyakarta.
Burais, L., Ikhsan, M., dan Duskri, M. 2016. Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa melalui Model Discovery Learning, dalam Jurnal Didaktik Matematika, Vol 3, No 1, Hal 77-86, Lembaga Penelitian Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh.
Hartono, R. 2013. Ragam Model Mengajar yang Mudah Diterima Murid, DIVA Press. Yogyakarta.
Indrawati, F.Y, Fatmaryanti, S.D, dan Maftukhin, A. 2019. Pengaruh Pembelajaran Fisika Menggunakan Model SETS (Science, Environment, Technology, and Society) Terintegrasi Mitigasi Bencana Alam terhadap Kemampuan Analisis dan Transferable Skill Peserta Didik, dalam Jurnal Radiasi, Vol 12, No 2, Hal 54-60, Lembaga Penelitian Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo, Purworejo.
Isnaeni, S., Fajriyah, L., Risky, E.S., Purwasih, R., dan Hidayat, W. 2018. Analisis Kemampuan Penalaran Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP pada Materi Persamaan Garis Lurus, dalam Journal of Medives, Vol 2, No 1, Hal 107-115, Lembaga Penelitian Program Studi Pendidikan Matematika IKIP Veteran, Semarang.
Kemendikbud. 2016. Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang Kemendikbud, Jakarta.
Kunandar. 2014. Penilaian Autentik: Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013, Rajawali Pers, Jakarta.
Minarni, A., Lubis, S.D, dan Annajmi. 2018. Kemampuan Berpikir Matematis dan Aspek Afektif Siswa. Medan: Harapan Cerdas Publisher.
Mullis, I.V.S., Martin, M.O., Foy, P., & Arora, A. 2012. TIMSS 2011 International Results in mathematics, TIMSS and PIRLS International Study Center, Boston.
Mullis, I.V.S., Martin, M.O., Foy, P., & Hooper, M. 2016. TIMSS 2015 International Results in mathematics, TIMSS and PIRLS International Study Center, Boston.
Murni, A. 2013. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Representasi Matematis Siswa SMP melalui Pembelajaran Metakognitif Berbasis Soft Skill, Disertasi Doktor pada PPS UPI, Bandung.
Murtikusuma, R.P. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Problem Based Learning Berbantuan Media Powerpoint untuk Siswa Kelas XI SMK Materi Barisan dan Deret, dalam Jurnal Saintifika, Vol 17, No 2, Hal 20-33, Lembaga Penelitian jurusan PMIPA FKIP Universitas Jember, Jember.
National Council of Teachers of Mathematics. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. The National Council of Teacher of Mathematics, Inc. United States of America.
Nur’aini, I.L., Harahap, E., Badruzzaman, F.H., dan Darmawan, D. 2017. Pembelajaran matematika Geometri secara realistis dengan GeoGebra, dalam Jurnal matematika, Vol 16, No 2, Hal 1-6, Lembaga Penelitian Jurusan Matematika FMIPA UNISBA, Bandung.
Rafianti, I., Setiani, Y., dan Yandari, I.A.V. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Tutorial dalam Pembelajaran Matematika Siswa SMP, dalam Journal JPPM, Vol 11, No 2, Hal 119-127, Lembaga Penelitian Departemen Pendidikan Matematika Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Banten.
Rosnawati, R. 2013. Kemampuan Penalaran Matematika Siswa SMP Indonesia pada TIMSS 2011, dalam Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, Lembaga Penelitian Fakultas MIPA Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.
Saragih, S. 2011. Penerapan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik dan Kelompok Kecil untuk Meningkatkan Kemampuan Keruangan, Berpikir Logis, dan Sikap Positif terhadap Matematika Siswa Kelas VIII, Disertasi Doktor pada PPS UPI, Bandung.
Shadiq, F. 2009. Model-Model Pembelajaran Matematika SMP. PPPPTK Matematika. Yogyakarta.
Siswanto, R.D dan Kusumah, Y.S. 2017. Peningkatan Kemampuan Geometri Sppasila Siswa Melalui Pembelajaran Inquiri Terbimbing Berbantuan Geogebra, dalam Journal JPPM, Vol 10, No 1, Hal 42-51, Lembaga Penelitian Departemen Pendidikan Matematika Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Banten.
Suherman, E., Turmudi., Suryadi, D., Herman, T., Suhendra., Prabawanto, S., Nurjanah., dan Rahayati, A. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer, FPMIPA UPI, Bandung.
Sundayana, R. 2010. Statistika Penelitian Pendidikan, STKIP Garut Press, Garut.
United Nations Educational Scientific and Cultural Organization. 2013. UNESCO 2012, UNESCO, French.
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v15i2.15636
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika)
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .
JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).
Alamat Penerbit: Jl. Raya Ciwaru No 25 Kota Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: [email protected] |
Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika