ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIS SISWA

Rahmawati Dian Pratiwi, Maman Fathurrohman, Cecep Anwar Hadi Firdos Santosa, Heni Pujiastuti

Abstract


Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis dan mendeskripsikan bagaimana kemampuan pemahaman konsep yang ditinjau dari kemampuan awal matematis siswa. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IX LKP Mutiara Hitung-Jayanti tahun ajaran 2021/2022. Tahapan dari penelitian ini adalah tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap analisis data, dan kesimpulan. Teknik pengumpulan data ini menggunakan instrumen tes kemampuan pemahaman konsep, tes kemampuan awal matematis, dan wawancara. Wawancara digunakan untuk menggali informasi lebih mendalam mengenai kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Berdasarkan hasil penelitian didapat sebanyak 4 (44,44%) siswa termasuk kategori kemampuan awal matematis tinggi, 2 (22,22%) siswa termasuk kategori kemampuan awal matematis sedang, dan 3 (33,33%) siswa termasuk kategori kemampuan awal matematis rendah. Berdasarkan hasil penelitian tersebut baik siswa dengan kemampuan awal matematis tinggi, kemampuan awal matematis sedang, dan kemampuan awal matematis rendah masih kurang dalam indikator pemahaman konsep matematis pada menyatakan ulang sebuah konsep.


Full Text:

PDF

References


Azizah, N., Budiyono, & Siswanto. (2021). Kemampuan Awal : Bagaimana Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Teorema Pythagoras ? Postgraduate Program of Mathematics Education , Universitas Sebelas Maret , Indonesia Faculty of Teacher Training and Education , Universitas Sebelas Maret , Indonesia Facu. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 1151–1160. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3662

Davita, P. W. C., Nindiasari, H., & Mutaqin, A. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematis Siswa. Tirtamath : Jurnal Penelitian Dan Pengajaran Matematika, 2(2), 101–112.

Destiniar, D., Jumroh, J., & Sari, D. M. (2019). Ditinjau dari Self Efficacy Siswa dan Model Pembelajaran Think Pair Share ( TPS ) di SMP Negeri 20 Palembang. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 12(1), 115–128.

Diani, S. F., Maulidiya, D., Studi, P., & Matematika, P. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Smp Setelah Memperoleh Pembelajaran Discovery Learning. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 3(3).

Ferryansyah, & Anwar, A. (2020). Hubungan Kemampuan Awal Matematika dengan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP 12 Tarakan. Mathematic Education And Aplication, 2(1), 8–14.

Firmansyah, D. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Unsika, 3(1), 34–44. https://doi.org/10.24114/jtp.v6i2.4996

Fitri, I., & Fuadah, N. H. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Minat Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(4), 393–402. https://doi.org/10.24014/juring.v2i2.7494

Hevriansyah, P., & Megawanti, P. (2016). Pengaruh Kemampuan Awal terhadap Hasil Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 2(1), 37–44. https://doi.org/10.30998/jkpm.v2i1.1893

Oktaviani, S., & Haerudin. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP pada Materi Bentuk Aljabar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(4), 875–882. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.875-882

Purbaningrum, K. A. (2017). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 40–49. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2029

Puspitasari, D., Muliawanti, S., Gunawan, & Sairan. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Team Games Tournament SMA Muhammadiyah 1 Purwokerto. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 83–90. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1731

Ramadhani, R. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMA Melalui Guided Discovery Learning Berbantuan Autograph. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 72–81. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2032

Siregar, N. A. R., Deniyanti, P., & Hakim, L. El. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Core Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Disposisi Matematis Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika Siswa Sma Negeri di Jakarta Timur. JPPM: Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(1), 187–196. https://doi.org/10.30870/jppm.v11i1.2997

Wardhani, S. (2008). Analisis SI dan SKL Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs Untuk Optimalisasi Pencapaian Tujuan.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v15i2.15639

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika)

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Ciwaru No 25 Kota Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: jppm@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika