META ANALISIS: MODEL PEMBELAJARAN HYBRID LEARNING DI MASA PANDEMI

Indah Rosidah, Iis Holisin, Shoffan Shoffa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran Hybrid Learning pada pembelajaran matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah systematic literature review dengan mereview dan menganalisis 11 artikel melalui platform google scholar. Hasil meta-analisis menggunakan effect size menunjukkan bahwa model pembelajaran Hybrid learning berpengaruh pada pembelajaran matematika dari subjek jenjang pendidikan, materi pemelajaran, media bantu pembelajaran dan variabel terikatnya. Hybrid learning berdasarkan hasil analisis ternyata lebih tepat digunakan di jenjang SMP daripada SD atau SMA, hal ini ditunjukkan dengan effect size sebesar 1,76. Model Hybrid Learning juga lebih tepat digunakan pada materi Relasi dan Fungsi dengan effect size sebesar 2,17 dan berbantuan media pembelajaran google classroom dengan effect size 1,66. Adapun variabel terikat yang tepat untuk model pembelajaran Hybrid learning adalah motivasi belajar matematika siswa dengan effect size sebesar 3,13.

 

Kata kunci: Hybrid Learning, Pembelajaran Matematika

Full Text:

PDF

References


Anadiroh, M. (2019). Studi Meta-Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Institutional Repository UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 21–22. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/49580

Anita, S. R. I. (2020). ( DARING ) Pada Anak Usia Dini Selama Pandemi Virus Covid-19 di Kelompok A BA Aisyiyah Timbang Kecamatan Kejobong Kabupaten Program Study Pendidikan Agama Islam.

Arifin, F., & Herman, T. (2018). Pengaruh Pembelajaran E-Learning Model Web Centric Course Terhadap Pemahaman Konsep dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 1–12.

Bainamus, P. M., & Abdullah, M. I. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Hibrid Matematika Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Curup Tengah. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 16–23.

Hima, L. R. (2017). Pengaruh Pembelajaran Bauran (Blended Learning) Terhadap Motivasi Siswa Pada Materi Relasi Dan Fungsi. JIPMat, 2(1). https://doi.org/10.26877/jipmat.v2i1.1479

Holisin, I., Ainy, C., & Wikanta, W. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Oscar Untuk Melatih Penalaran Siswa Sekolah Dasar Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 5(1), 1. https://doi.org/10.24853/fbc.5.1.1-10

Indriani, W. D., & Pasaribu, L. H. (2022). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Hybrid Learning. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 291–299. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1196

Khairunnisa, Syaukani, A. (2021). Pengaruh Penerapan Hybrid Learning Berbantuan Google Classroom Terhadap Kemampuan Pemahaman dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Sains, 1(3).

Kuncoro, K. S., Istiqomah, Hakim, L. L., & Widodo, S. A. (2021). Analisis karakter tanggung jawab ditinjau dari kemampuan awal pemecahan masalah matematika pada pembelajaran pbl. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika (JPPM), 3(2), 1–15.

Kuswidi, I., Lestari, D. F., Arfinanti, N., & Dkk. (2021). Eksplorasi Etnomatematika pada Permainan Tradisional Layangan (Pemahaman Materi Bangun Datar Layang-Layang dan Pengembangan Karakter). Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika (JPPM), 3(2), 129–137. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/jppm/article/view/4802

Makarim, N. A. (2020). Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19). 1–3.

Nugraha, S. A., Sudiatmi, T., & Suswandari, M. (2020). Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 265–276. https://doi.org/10.47492/jip.v1i3.74

Nurdalilah. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Hibrid Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kotanopan. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA, Volume 3 N, 20–23. hibrid/462-1600-1-SM.pdf

Putra, I. A. (2015). Orientasi Hybrid Learning Melalui Model Hybrid Learning dengan Bantuan Multimedia di Dalam Kegiatan Pembelajaran. Eduscope KH. A. Wahab Hasbullah University, 1(1), 36-42.

Ramdhani T. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Hybrid Learning Berbantuan Schoology Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPS SMAN 2 Singaraja. Ramadhani T, 11(2), 2599–2600. https://repo.undiksha.ac.id/2221/

Rohmawati, A., Holisin, I., & Kristanti, F. (2021). Model Pembelajaran Blended Learning: Kajian Meta Analisis. Jurnal Teknologi, 1(1), 69–73. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i6.1453-1464

Shoffa, S., & Suprapti, E. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Metode Numerik dengan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 2(2), 178–188.

Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 73–80. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.265

Siregar, I. Y., Susilo, H., & Suwono, H. (2017). The Effect of Think-Pair-Share-Write Based on Hybrid Learning on Metakognitive Skills, Creative Thinking and Cognitive Learning at SMA Negeri 3 Malang. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 3(2), 183. https://doi.org/10.22219/jpbi.v3i2.4217

Soemantri, S. (2018). Pengaruh Gaya Kognitif Konseptual Tempo Terhadap Tingkat Kesalahan Siswa. Didaktis, 18(1).

Sunaryo, Y., Nuraida, I., & Zakiah, N. E. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Hybrid Tipe Traditional Clasess-Real Workshop Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematik Ditinjau Dari Self-Confidence Siswa. Teorema, 2(2), 93. https://doi.org/10.25157/.v2i2.1071

Syarifah, L., Holisin, I., & Shoffa, S. (2021). Meta Analisis : Model Pembelajaran. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika (JPPM), 14, 21–27.

Yulian, V. N., & Budianingsih, Y. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Media Pembelajaran Google Classroom. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 14(1), 88–98.

Zein, M., M. Nuh, Z., & Thahir, M. (2019). Mathematics Learning To Use Moodle-Based Hybrid Learning in SMA Negeri 1 Tembilahan Hulu. Journal of Research on Mathematics …, 1(1), 30–37. https://jrmi.ejournal.unri.ac.id/index.php/jrmi/article/view/14

Zein, M., M. Nuh, Z., Candra, R. M., Hanafi, I., & Thahir, M. (2019). Hybrid Learning in Mathematics Learning : Experimental Study in SMA Negeri 1 Pekanbaru. Malikussaleh Journal of Mathematics Learning (MJML), 2(2), 56–60.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v15i2.15852

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika)

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Ciwaru No 25 Kota Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: jppm@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika