KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS KAITANNYA DENGAN PEMAHAMAN BACA DAN INTENSITAS PENGGUNAAN GADGET SISWA TINGKAT SMP KOTA SERANG

Een Mardiyanti, Yuyu Yuhana, Anwar Muttaqin

Abstract


Tuntutan kemampuan siswa dalam matematika tidak sekedar memiliki kemampuan berhitung, tetapi kemampuan bernalar yang logis dan kritis dalam pemecahan masalah tidak semata-mata masalah yang berupa soal rutin, tetapi lebih kepada permasalahan yang dihadapi sehari-hari. Kemampuan matematis yang demikian dikenal sebagai literasi matematika Kemampuan literasi matematis siswa Indonesia masih rendah, yaitu berada pada peringkat ke-65 dari 72 negara. Beberapa faktor  yang mempengaruhi kemampuan literasi matematis diantaranya kemampuan pemahaman isi bacaan, dan intensitas penggunaan gadget. Dalam penelitian ini digunakan penelitian kuantitatif dengan metode expost facto. Data dikumpulkan dengan metode survey. Populasinya adalah siswa SMP di Kota Serang. Penarikan sampel menggunakan sampel secara acak (Random Sampling). Instrumen yang digunakan adalah tes tulis, kuesioner, wawancara. Variabel penelitian dianalisis dengan menggunakan Analisis Jalur. Hasil dari penelitian ini adalah 80,68% intensitas penggunaan gadget siswa masuk dalam kategori tinggi, dengan rata-rata pemakaian 6,49jam/hari. korelasi antara variabel pemahaman isi bacaan dan intensitas penggunaan gadget adalah sebesar -0,476. Koralasi ini bermakna hubungan antara variabel independen pemahaman isi bacaan dan intensitas penggunaan gadget adalah berkorelasi negatif. Artinya jika variabel Intensitas penggunaan gadget tinggi maka pemahaman isi bacaan menjadi rendah dan berlaku juga sebaliknya.  intensitas penggunaan gadget berpengaruh negatif sebesar  -18,8% dan kemampuan pemahaman baca sebesar 25,7 %; terhadap kemampuan literasi siswa.

 

Kata kunci: Pemahaman Baca, Intensitas Gadget, Literasi Matematika, PISA


Full Text:

PDF

References


Ajzeni Icek (2005) Attitudes Personality and Behaviour. 2nd editon Bekhsire England: Open University Press.

Harfianto D, DKK (2015). Pola Interaksi Sosial Siswa Pengguna Gadget Di SMA N 1 Semarang. Journal of Educational Social Studies. Vol 4 No.1 Tahun 2015.

Kamarullah (2017). Pendidikan Matematika di Sekolah Kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika : Vol. 1, No. 1, Juni 2017.

Karimah A dan Fuad Y (2017). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA. Mathedunesa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Vol. 1 No.6 2017.

Manumpil. Dkk. (2015) Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Tingkat Prestasi Siswa Di SMA Negeri 9 Manado. Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas KedokteranUniversitas Sam Ratulangi: Jurnal keperawatan Volume 3. Nomor 2. April 2015.

Mulyadi, dkk. (2015). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Luas Permukaan Bangun Ruang Berdasarkan Newman’s Error Analysis (NEA) Ditinjau Dari Kemampuan Spasial.Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika No.4 Juni2015 terdapat pada http://jurnal.fkip.uns.ac.id.

OECD. (2018). “PISA Result 2018.OECD Publications.

Pakhpahan, Roger. (2016).Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Capaian Literasi Matematika Siswa Indonesia Dalam PISA 2012. Balai Penelitian dan Pengembangan Kementrian Pendidikan dan kebudayan:Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 1, Nomor 3, Desember 2016.

Przybylski A.K & Weinstein Neka (2017). A Large-Scale Test of the Goldilocks Hypothesis Quantifying the Relations Between Digital-Screen Use and the Mental Well-Being of Adolescents. SAGE Journals : Psychological Science Volume 28, Issue 2, 2017.

Rahayu, R, dkk, (2014). The Effect of Mathematical Disposition Toward Problem Solving Ability Based On Ideal Problem Solver. International Journal of Science Reasearch (IJSR). Volume 3 Issue 10, Oktober 214.

Riduan (2014) Cara Menggunakan dan Memakai Path Analiysis (Analisis Jalur). Bandung: Alfabeta.

Suprihatin (2014) Media Sosial dan Perubahan Budaya Membaca Pada Remaja. The 1st Indoneisia Media Reaserach Award and Summit (IMRAS) 2014 Jogjakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v15i2.15889

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika)

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Ciwaru No 25 Kota Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: jppm@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika