ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU BERDASARKAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL

Maulia Tusyadiah Isnaini, Trisna Roy Pradipta

Abstract


Untuk memecahkan suatu masalah matematis, siswa membutuhkan kemampuan berpikir kreatif didalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar di tinjau berdasarkan model pembelajaran kontekstual.  Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian yaitu siswa SMP Daya Utama Bekasi kelas VIII yang berjumlah 27 siswa. Instrumen penelitian ini berupa observasi, kuesioner, tes soal dan wawancara. Penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan pengaruh model pembelajaran kontekstual klasifikasi tinggi dan sedang mampu memenuhi indikator kerincian dan kelancaran. Dan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan pengaruh model pembelajaran kontekstual klasifikasi rendah mampu memenuhi indikator kerincian.

Kata kunci: Bangun Ruang Sisi Datar, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Pembelajaran Kontekstual.

 

To solve a mathematical problem, students need the ability to think creatively in the learning process. The goal of this study is to describe the mathematical creative ability of junior high school students to solve flat space waking problems in the review based on contextual learning models. The studyuses desciptive qualitative research methods. The research subject is a junior high school primary power class with 27 students. The study research instruments consist of observation, questionnaires, question, and interview. The results showed that students mathematical creative abilities with the influence of high and medium level contextual learning models could meet the elaboration and fluency indicatorts.and students mathematical creative abilities with the influence of low level contextual learning models can meet the elaboration indicator.

Keywords: Contextual Learning, Mathematical Creative Thinking Skills, Polyhedron


Full Text:

PDF

References


Abidin, J., Rohaeti, E. E., & Afrilianto, M. (2018). Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa Smp Kelas VIII Pada Materi Bangun Ruang. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 779. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i4.p779-784

Al Adawiah, R. S., Rumbiyah, R. S., & Zhanty, S. L. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Kelas VII Pada Materi Segitiga Dan Segiempat. Journal On Education, 01(03), 460–470.

Bernard, M. (2015). Meningkatkan kemampuan komunikasi dan penalaran serta disposisi matematik siswa smk dengan pendekatan kontekstual melalui game adobe flash cs 4.0. 4(2), 197–222.

Br. Ginting, S. S. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa Smp Ar-Rahman Medan Melalui Pembelajaran Open-Ended Berbasis Brain-Gym. In AXIOM : Jurnal Pendidikan dan Matematika (Vol. 8, Issue 1). https://doi.org/10.30821/axiom.v8i1.5442

Crawford, M. L. (2001). Teaching Contextually. 24.

Imswatama, A., & Lukman, H. S. (2018). The Effectiveness of Mathematics Teaching Material Based on Ethnomathematics. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 1(1), 35. https://doi.org/10.33122/ijtmer.v1i1.11

Ismunandar, D., Gunadi, F., Taufan, M., Mulyana, D., & Runisah. (2020). Creative thinking skill of students through realistic mathematics education approach. Journal of Physics: Conference Series, 1657(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1657/1/012054

Maarif, S., Perbowo, K. S., Noto, M. S., & Harisman, Y. (2019). Obstacles in Constructing Geometrical Proofs of Mathematics-Teacher-Students Based on Boero’s Proving Model. Journal of Physics: Conference Series, 1315(1), 012043. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1315/1/012043

Maharani, H. R. (2014). Creative Thinking In Mathematics : Are We Able To Solve Mathematical Problems In A Variety Of Way ? Hevy Risqi Maharani Sultan Agung Islamic University Semarang , Indonesia Csikszentmihalyi ( 1997 ) define c reative thinking is generating new ideas within. International Conference on Mathematics, Science, and Education 2014, 2014(Icmse).

Octavia, S. A. (2020). Model-Model Pembelajaran. DEEPUBLISH (Grup Penerbitan CV BUDI UTAMA).

Putra, N. W., & Sutiarso, S. (2018). Analysis Of Mathematical Creative Thinking Abilities In Students Of Junior High School Towards. 2000, 406–413.

Putri, hafiziani eka, Muqodas, I., Wahyudy, mukhamad ady, Abdulloh, A., Sasqia, ayu shandra, & Afita, luthfi aulia nur. (2020). Kemampuan-Kemampuan Matematis dan Pengembangan Instrumennya (Fitri Nuraeni (ed.); Pertama). UPI Sumedang Press.

Rusman. (2018). Model-Model Pembelajaran Kontekstual: Mengembangkan Profesionalisme Guru (Cetakan ke). Jakarta : Rajawali Pers, 2018 ©2010.

Santoso, E. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(1). https://doi.org/10.31949/jcp.v3i1.407

Siswono, tatag yuli eko. (2005). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pengajuan Masalah. Jurnal Terakreditasi “Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains”, FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta, 1, 1–15.

Sriwongchai, A. (2015). Developing the Mathematics Learning Management Model for Improving Creative Thinking In Thailand. International Education Studies, 8(11), 77. https://doi.org/10.5539/ies.v8n11p77

Suprapto, E. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual, Pembelajaran Langsung Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Kognitif. Innovation of Vocational Technology Education, 11(1), 23–40. https://doi.org/10.17509/invotec.v11i1.4836




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v15i2.16014

Refbacks



Copyright (c) 2022 JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika)

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Ciwaru No 25 Kota Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: jppm@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika