ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN STEM PADA MATERI STATISTIKA KELAS VIII SMP

Ajeng Chairunnissa, Nurul Anriani, Cecep Anwar Hadi Firdos Santosa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis serta mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII SMP setelah dilakukan pembelajaran dengan pendekatan STEM pada materi statistika. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Sedangkan  subjek untuk penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Kragilan sebanyak enam orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Untuk indikator kemampuan berpikir kreatif yang diukur ada empat yaitu kelancaran (Fluency), keluwesan (Flexibility), kebaruan (Novelty) dan kerincian(Elaboration). Instrument yang digunakan berupa tes kemampuan berpikir kreatif dan pedoman wawancara. Adapun hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa siswa dengan kemampuan berpikir kreatif tinggi sudah mampu menunjukkan indikator kelancaran (Fluency), kebaruan (Novelty), dan kerincian (Elaboration), namun belum mampu menunjukkan indikator keluwesan (Flexibility). Sedangkan untuk siswa dengan kemampuan sedang dan rendah hanya mampu menunjukkan indikator kelancaran (Fluency) dan tidak mampu menunjukkan indikator kebaruan (Novelty), kerincian (Elaboration), maupun keluwesan (Flexibility). Dan indikator kelancaran (Fluency) menjadi indikator yang paling dominan.

Kata kunci : Kemampuan Berpikir Kreatif, Pendekatan STEM, Statistika SMP


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2021). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 3. Bumi Aksara.

Dwita, L., & Susanah, S. (2020). Penerapan Pendekatan Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Dalam Pembelajaran Matematika di SMK pada Jurusan Bisnis Konstruksi dan Properti. MATHEdunesa, 9(2), 276-285.

Effendi, K. N. S. (2020). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Smp Kelas VII Pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel Dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Prosiding Sesiomadika, 2(1a),233-245.

Fardah, D. K. (2012). Analisis proses dan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam matematika melalui tugas open-ended. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 3(2), 91-99.

Fitriarosah, N. (2016). Pengembangan Instrumen Berpikir Kreatif Matematis Untuk Siswa SMP. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (Vol. 1, pp. 243-250).

Handoko, H. (2017). Pembentukan keterampilan berpikir kreatif pada pembelajaran matematika model savi berbasis discovery strategy materi dimensi tiga kelas x. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 6(1), 85-95.

Hasanah, M., & Haerudin, H. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VIII Smp Pada Materi Statistika. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1),233-243.

Khumaidi, M. S. (2013). Jenjang Kreativitas Siswa Dalam Memecahkan masalah Matematika Ditinjau Darikemampuan Matematika Siswa. MATHEdunesa, 2(3), 1-8.

Nugroho, A. M., Wardono, W., Waluyo, S. B., & Cahyono, A. N. (2019, February). Kemampuan Berpikir Kreatif ditinjau dari Adversity Quotient pada Pembelajaran TPACK. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 2, pp. 40-45).

Pertiwi, R. S., Abdurrahman, A., & Rosidin, U. (2017). Efektivitas LKS STEM untuk melatih keterampilan berpikir kreatif siswa. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(2), 11-19.

Puspitasari, N. (2021). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Stem (Science, Technology, Engineering and Mathematics) Berbantu Fishbone Diagram Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Self-Efficacy Peserta Didik Kelas Xi Sma Al-Kautsar Bandar Lampung Pada Pembelajaran Biologi. Skripsi. Lampung : UIN Raden Intan Lampung

Prabowo, A., Anggoro R.A, & Rahmawati, U. (2018). Profil Hasil Ujian Nasional Materi Matematika SMP/MTs. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 7(2), 31-40.

Pratama, R. A. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pembelajaran Model Pjbl Dengan Pendekatan Stem Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Skripsi. Surabaya :UIN Sunan Ampel Surabaya.

Rijali, A. (2019). Analisis data kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81-95.

Sugiarto, E. (2017). Menyusun proposal penelitian kualitatif: skripsi dan tesiss. Yigyakarta : Suaka media.

Susilawati, S., Pujiastuti, H., & Sukirwan, S. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau Dari Self-Concept Matematis Siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 512-525.

Pemerintah Indonesia. (2003).Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Wahidmurni, W. (2017). Pemaparan Metode Penelitian Kualitatif. MK Metodologi Penelitian, Tidak diterbitkan. Malang : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Wahyuaji, N. R., & Suparman, S. (2019). Deskripsi Kebutuhan Media Pembelajaran E-learning Berpendekatan STEM Untuk Mengembangkan kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa SMA Kelas XI. In Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan (Vol. 6), 194-199.

Yusuf, Y., Titat, N., & Yuliawati, T. (2017). Analisis hambatan belajar (learning obstacle) siswa SMP pada materi statistika. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(1), 76-86.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v15i2.16196

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika)

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Ciwaru No 25 Kota Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: jppm@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika