PROSES BERPIKIR PROBABILISTIK PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN PERMASALAHAN PELUANG

Dede Roswati, Aripin Aripin, Sri Tirto Madawistama

Abstract


Tujuan dari penelitian ini mendeskripsikan proses berpikir probabilistik peserta didik dalam menyelesaikan permasalahan peluang berdasarkan kerangka kerja Jones. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksplorasi dan wawancara. Sumber data yang digunakan bertempat di SMK YPC Tasikmalaya, pelaku dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI RPL, dan aktivitas yang dilakukan adalah peserta didik menyelesaikan soal uraian permasalahan probabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah tehnik analisis data menurut Miles dan Huberman yang terdiri dari data reduction, data display dan verification. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat empat subjek yang dianalisis lebih dalam dengan pertimbangan kefasihan menyampaikan informasi. Empat subjek tersebut, proses berpikir probabilistik  dalam menyelesaikan permasalahan peluang memiliki level yang berbeda-beda, mulai dari level  subjektif dimana peserta didik hanya mampu memprediksi peristiwa yang paling mungkin atau paling tidak mungkin berdasarkan penilaian subjektif, level transisional peserta didik mampu memprediksi dan dapat membedakan peristiwa yang paling/ mungkin terjadi berdasarkan penilaian kuantitatif, level kuantitatif informal peserta didik mampu Memprediksi peristiwa yang paling  mungkin terjadi dan tidak mungkin terjadi berdasarkan penilaian kuantitatif dan dapat menggunakan angka secara informal untuk membandingkan probabilitas, level numerik dapat Memprediksi peristiwa yang paling / mungkin terjadi untuk percobaan satu tahap dan dapat menetapkan probabilitas numerik untuk suatu peristiwa dengan menggunakan rumus peluang.

Full Text:

PDF

References


Amir, G.S., & Williams, J.S. (1999). Cultural Influences on Children’s Probabilistic Thinking. Journal of Mathematical Behavior, 18(1), 85-107

Biehler, R. (1944). Probabilistic Thinking, Statistical Reasoning, and the Search for Causes-Do We Need a Probabilistic Revolution After We Have Taught Data Analysis. Fourth International Conference on Teaching Statistics, Marrakech, Morocco, 1-16.

Charters, E. (2003). The Use of Think-aloud in Qualitative Research An Introduction to Think-aloud Methods. Brock Education, 12(2), 68-82.

Hodiyanto & Oktaviana, D. (2017). Analisis Berpikir Probabilistik Mahasiswa Pendidikan Matematika IKIP PGRI Pontianak dalam Mata Kuliah Teori Peluang. Seminar Nasional Pendidikan MIPA dan Teknologi IKIP PGRI Pontianak, Pontianak, 96-105.

Jones, G.A., Langrall, C.W., Thornton, C.A., & Mogill A.T. (1997). A Framework for Asseing and Nurturing Young Children’s Thinking in Probability. Educational Studies in Mathematics, 32, 101-125. doi:10.1023/A:1002981520728.

Mahyudi (2017). Proses Berpikir Probabilistik Siswa SMA dalam Mengkonstruksi Konsep Permutasi dan Kombinasi. Educamatica, 7(2), 55-63.

Moleong, L. J. (2014). Metodologi Penelitian Kulitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nisva, C. A. (2017). Profil Kemampuan Berpikir Probabilistik Menggunakan Su Doku. Artikel Skripsi Simki-Techsain, 1(5), 3-10.

Oktaviana, D., & Hodiyanto, H. (2018). Proses Berpikir Probabilistik Mahasiswa Pendidikan Matematika Ditinjau dari Gender di IKIP PGRI Pontianak. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(2), 109-118.

Raya, R. (2017). Profil Berpikir Probabilistik Siswa SMA dalam Menyelesaikan Masalah Probabilitas. SAINS, 17(1), 14-18.

Wardhani, W. A., Subanji., Dwiyana. (2016). Proses berpikir siswa berdasarkan kerangka kerja Manson. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(3). 297—313. Retrivied form http://journal.um.ac.id.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v15i2.16276

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika)

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Ciwaru No 25 Kota Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: jppm@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika