META ANALISIS: METODE RESITASI PADA PELAJARAN MATEMATIKA JENJANG SMP
Abstract
Hasil belajar matematika tidak menunjukkan hasil yang cukup memuaskan karena siswa kurang dapat memahami konsep matematika, kurangnya konsentrasi saat belajar, dan kurang terbiasa dalam mengerjakan soal-soal matematika. Dalam mewujudkan hal ini metode sangatlah diperlukan, salah satunya adalah metode resitasi. Metode ini menekankan pada penugasan siswa namun diberi batasan waktu dalam pengumpulannya dan tanggungjawab dalam mengerjakannya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode resitasi pada pembelajaran matematika jenjang SMP. Metode penelitian ini menggunakan systematic literature review dengan mereview dan menganalisis sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi sebanyak 10 artikel yang diunduh melalui platform google scholar dan crossref. Hasil penelitian meta-analisis menunjukkan bahwa metode resitasi berpengaruh pada pembelajaran matematika jenjang SMP. Metode resitasi memberikan efek tinggi pada materi pelajaran geometri, terlihat nilai rata-rata effect size yang dihasilkan adalah 0,999. Selain itu metode ini memberikan efek tinggi pada media LKS dengan nilai rata-rata effect size sebesar 1,011. Pada subjek variabel terikat yang memberikan pengaruh efek tinggi pada variabel hasil belajar, hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata effect size sebesar 1,027. Sehingga disimpulkan bahwa metode resitasi memiliki pengaruh terhadap pembelajaran matematika.
Kata Kunci: Metode Resitasi, Pembelajaran Matematika
Full Text:
PDFReferences
Agustina, H. (2018). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Matematika melalui Metode Resitasi. Suara Guru: Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, Dan Humaniora, 4(2), 675–682.
Arief, M. M., Ainy, C., & Suryaningtyas, W. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Matematika Materi Prisma Kelas VIII dengan Pendekatan Scientific di SMP Dr. Soetomo Surabaya. MUST: Journal of Mathematics Education, Science, and Technology, 1(2), 209–221.
Dhuha, M. N. (2017). Pengaruh Metode Resitasi Menggunakan Lembar Kerja Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTSn Sumberejo Sanan Kulon Blitar. Institut Agama Islam Negeri Tulungagung.
Fitriyani, & Suhendri, H. (2017). Pengaruh metode resitasi terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 150–159.
Gazali, R. K. (2017). Effect Size pada Pengujian Hipotesis. In Journal of Chemical Information and Modeling. Sanata Dharma University.
Glass, G. (1976). Primary, Secondry an meta analisis of research. Education Reasercher, 5(10), 3–8.
Gulo, Y. C. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Metode Resitasi pada Materi Bangun Datar Siswa Kelas VII SMP Teknologi Pilar Bangsa Tangerang. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 4(1), 53. https://doi.org/10.30998/jkpm.v4i1.3061
Indriano, V., Irmayanti, & Ariani, N. (2019). Pengaruh metode resitasi dengan menggunakan lembar aktivitas siswa terhadap hasil belajar matematika. Jomas, 1(1).
Kasmir. (2021). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Penerapan Metode Resitasi dengan Media Gambar pada Mata Pelajaran IPA Materi Struktur dan Fungsi Tumbuhan Di Kelas VIII-I Semester 1 SMPN 4 Bolo Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia, 1(2), 340–350.
Khusnika, Y. M. (2018). Pengaruh metode resitasi berbasis LKS terhadap Hasil Belajar dan Minat Belajar Siswa kelas VIII di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Tahun Ajaran 2017/2018. UIN Tulungagung.
Lexbin, M., Judah, E., & Kamandawi, T. (2021). Metode Resitasi Dan Discovery Learning Pada Kelas Vii. 4(3), 601–608. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i3.601-608
Marselina, V., & Muhtadi, A. (2019). Pengembangan Buku Digital Interaktif Matematika Pada Materi Geometri. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(2), 196–207.
Ningsih, E. P. (2020). Pengaruh Metode Pemberian Tugas Dalam Model Pembelajaran Sentra Terhadap Tanggung Jawab Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Islam Al Aqsho Kota Jambi [Universitas Jambi]. https://repository.unja.ac.id/15312/
Oktavinora, R., & Sepria, R. (2019). Penerapan LKS pada Metode Resitasi terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 1 Hiliran Gumanti. Theorems, 4(1), 89–100.
Pratomo, K., Suryaningtyas, W., & Suprapti, E. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Scientific di SMA Muhammadiyah X Surabaya. Proceeding Universitas Muhammadiyah Surabaya, 131–148.
Rizqi, H. Y., Hawa, A. M., & Putra, L. V. (2022). SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW : PENERAPAN METODE RESITASI BERPENDEKATAN OPEN-ENDED DALAM MENINGKATKAN HASIL Abstrak. JANACITTA: Journal of Primary and Children’s Education, 5(1), 10–18.
Rohmawati, A., Holisin, I., & Kristanti, F. (2021). Model pembelajaran blended learning: kajian meta-analisis. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(6), 1453–1464.
https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i6.1453-1464
Shoffa, S., Holisin, I., Palandi, J., Cacik, S., Indriyani, D., Supriyanto, E. E., Basith, A., & Giap, Y. C. (2021). Perkembangan Media Pembelajaran di Perguruan Tinggi (M. I. Ariful Fathoni (ed); 1st ed., Issue February). CV. Agrapana Media.
Simatupang, P. U., Syafmen, W., & Pasaribu, F. T. (2017). Perbedaan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika yang mengikuti Metode Resitasi dan Metode Ekspositori pada Materi Persamaan Garis Lurus Kelas VIII SMPN 11 Kota Jambi. Universitas Negeri Jambi.
Syarifah, L., Holisin, I., & Soffa, S. (2021). Meta Analisis: Model Pembelajaran Project Based Learning. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika, 14(2), 256–272.
Tanjung, D. P. (2019). Pengaruh Metode Resitasi terhadap hasil belajar matematika materi pokok operasi bilangan bulat siswa kelas VII SMP Negeri 3 Angkola Selatan. Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan.
Wargina, I. M. (2022). Penerapan Metode Resitasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Majalah Ilmiah Untab, 19(1), 1–7. https://media.neliti.com/media/publications/108474-ID-penerapan-metode-resitasi-untuk-meningka.pdf
Yuliana, M., Suryaningtyas, W., & Shoffa, S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Metode Mnemonik Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X di SMA Muhammadiyah 1 Surabaya. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 2(1), 142. https://doi.org/10.30651/must.v2i1.530
Yusfira, & Malik, A. (2019). Penerapan Metode Resitasi dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Wajo. Istiqra, 7(1), 1–15.
Yusuf Aditya, D. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran
Resitasi terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), 165–174. https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1023
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v15i2.16312
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika)
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .
JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).
Alamat Penerbit: Jl. Raya Ciwaru No 25 Kota Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: [email protected] |
Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika