LEARNING OBSTACLE SISWA TUNAGRAHITA PADA MATERI BILANGAN BULAT

Ika Meika, Neng Winda Melinda, Rusdian Rifa'i, Asep Sujana

Abstract


Learning obstacle merupakan hambatan atau kesulitan yang muncul dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan siswa tunagrahita pada materi bilangan bulat. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif berdasarkan tahapan Didactical Design Research (DDR) dengan subjek siswa tunagrahita kelas X SMALB (SKh Bahari Labuan). Teknik pengumpulan data diperoleh melalui tes soal. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan learning obstacle siswa tunagrahita diantaranya keliru dalam menghitung bilangan dan menuliskan lambang bilangan, kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita, serta kesulitan dalam mengoperasikan perkalian dan pembagian. Penelitian ini merupakan bagian awal dari serangkaian penelitian desain didaktis untuk mengatasi kesulitan belajar matematika siswa tunagrahita pada materi bilangan bulat.

 

Kata Kunci : Learning Obstacle, Siswa Tunagrahita, Bilangan Bulat


Full Text:

PDF

References


Agustina, I. R., Mulyono, & Asikin, M. (2016). Analisis kesalahan siswa kelas VIII dalam menyelesaikan soal matematika bentuk uraian berdasarkan taksonomi Solo. Unnes Journal of Mathematics Education, 5(2).

Agustina, Lady. (2021). Proses Berpikir Siswa Tuna Grahita Ringan Dalam Menyelesaikan Masalah Bilangan Bulat Positif Berdasarkan Teori Asimilasi Akomodasi. Sigma, 6(2), 98–106. https://doi.org/10.36513/sigma.v6i2.1004

Aidah, N., & Khusna, H. (2021). Analisis Kesulitan Siswa Berdasarkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang. JPPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika), 14(2).

Ariyani, N. I. (2013). Pengaruh Implementasi Media Game Edukasi Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Menjumlahkan Bagi Anak Tunagrahita Ringan di Sdlb-C Demak [Universitas Dian Nuswantoro]. https://eprints.dinus.ac.id/12261

Hartati, L., & Azizah, S. N. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Untuk Peserta Didik Tuna Grahita Ringan. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 12(1), 66–77. https://doi.org/10.30870/jppm.v12i1.4855

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. In PT.Refika Aditama.

Maulidiyah, N. K., Sudarsini, & Sunandar, A. (2020). Operasi Hitung Sederhana dengan Media Tangga Pintar Anak Tunagrahita. Jurnal Ortopedagogia, 5(November), 96–99.

Meika, I., Pratidiana, D., & Safitri, E. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Himpunan. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 6(1), 75–84. https://doi.org/10.35706/sjme.v6i1.5764

Meika, I., Ramadina, I., Sujana, A., & Mauladaniyati, R. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran SSCS. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 383–390. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.388

Meika, I., & Sujana, A. (2017). Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sma. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 8–13. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2025

Mufarizuddin. (2018). Analisis Kesulitan Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 012 Bangkinang Kota. Journal On Education P, 1(1), 40–47.

Nopriana, T., Dwi Rosita, C., & Rosita, I. (2018). Desain Didaktis Konsep Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat Pada Pembelajaran Matematika SMP. Prosiding SNMPM II, 310–319.

Oktafiyani, D. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Anak Berkebutuhan Khusus Tunarahita (Intellectual Disability) Kelas X Pada Materi Operasi Bilangan Asli Di SLB-C Negeri Tulungagung. Skripsi Pada Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIN Tulungagung. https://doi.org/10.18907/jjsre.14.7_708_6

Pratamawati, A. (2020). Desain Didaktis untuk Mengatasi Learning Obstacle Siswa Sekolah Menengah Atas pada Materi Fungsi Invers. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 18–33.

Putri, A. W., & Damri, D. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Neraca Bilangan. 04(02), 1164–1170.

Sahrudin, A., & Trisnawati, T. (2018). Pengembangan Metode Problem Based Learning Melalui Permainan Engklek Untuk Meningkatkan Thinking Math Peserta Didik Ma Global School. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 2(1), 32–43. https://doi.org/10.35706/sjme.v2i1.999

Susiana, & Suparman. (2018). Deskripsi Kebutuhan Bahan Ajar Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Siswa Tunagrahita SMPLB. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 631–642.

Ummah, D. M., & Arifin, A. (2018). Analisis Kesulitan Belajar pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Di SMA Negeri 10 Kota Ternate. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 2(1), 32–40. https://doi.org/10.30598/jbkt.v2i1.233

Wasielewski, L. (2016). Academic Performance of Students with Disabilities in Higher Education: Insights from a Study of One Catholic College. Journal of Catholic Education, 20(1), 136–151. https://doi.org/10.15365/joce.2001062016




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v15i2.16361

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika)

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Ciwaru No 25 Kota Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: jppm@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika