PENGEMBANGAN E-LKPD UNTUK MENANAMKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK

Fadilah Nurul Putri, Rizki Dwi Siswanto

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan tujuan menghasilkan produk pembelajaran berupa E-LKPD untuk peserta didik SMA dalam pembelajaran matematika, dengan tujuan mengetahui kemampuan komunikasi matematis peserta didik dan menentukan kualitas media. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) yang diadaptasi dari model pengembangan 4D. Ada empat tahap: mendefinisikan, merancang, mengembangkan, dan menyebarluaskan. Validasi dilakukan oleh validator ahli materi dan ahli media. Penelitian ini dikembangkan dan diujicobakan di salah satu SMA di Jakarta. ELKPD yang dikembangkan diujicobakan pada 9 peserta didik dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Hasil penelitian menemukan bahwa media yang telah dikembangkan berdasarkan hasil uji validitas dalam aspek kualitas tampilan 96,86% dengan kategori sangat baik, aspek text tulisan 95,31% dengan kategori sangat baik, dan aspek rekayasa perangkat 96,86% dengan kategori sangat baik. Hasil uji praktis menunjukkan, dalam aspek kualitas tampilan 91,2% dalam kategori sangat baik, aspek text tulisan 86,81% kategori sangat baik, dan aspek rekayasa perangkat 87,5% dalam kategori sangat baik. Berdasarkan hasil data yang diperoleh menunjukkan bahwa E-LKPD berbasis liveworksheets pada materi SPLTV layak untuk digunakan sebagai media belajar matematika peserta didik SMA dan dapat menanamkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik

Full Text:

PDF

References


Adha, I., & Refianti, R. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik Indonesia Berbasis Konteks Sumatera Selatan. Jurnal Pendidikan Matematika (JUDIKA EDUCATION), 2(1), 1–10. https://doi.org/10.31539/judika.v2i1.729

Fitrian, R., & Dewi, R. (2021). Ragam Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pembelajaran Matematika Daring. In Menjadi Guru Profesional dan Inovatif dalam Menghadapi Pandemi (Antologi Esai Mahasiswa Pendidikan Matematika).

Gazali, R. Y. (2016). Pengembangan bahan ajar matematika untuk siswa SMP berdasarkan teori belajar ausubel. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 182. https://doi.org/10.21831/pg.v11i2.10644

Hanafi. (2017). Konsep Penelitian R&D Dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Kajian Keislaman, 4(2), 129–150. http://www.aftanalisis.com

Maharani, S., & Bernard, M. (2018). Analisis Hubungan Resiliensi Matematik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Lingkaran. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 819. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i5.p819-826

Purnama, A., & Suparman, S. (2020). Studi Pendahuluan: E-LKPD Berbasis PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Peserta Didik. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 131. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.8169

Puspita, V., & Dewi, I. P. (2021). Efektifitas E-LKPD berbasis Pendekatan Investigasi terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 86–96. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.456

Putriyana, A. W., Kholillah, K., & Auliandari, L. (2020). Kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Model Pembelajaran Search, Solve, Create and Share pada Praktikum Materi Fungi. Biodik, 6(2), 1–12. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9255

Rachmadini, S., Soenarto, M., & Kurniasih, M. D. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Sfe Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas Vii Di Smpn 222 Jakarta. Pendidikan, 3(8), 1056–1058. https://journal.uhamka.ac.id/index.php/senamku/article/view/2760/811

Radović, S., Radojičić, M., Veljković, K., & Marić, M. (2020). Examining the effects of Geogebra applets on mathematics learning using interactive mathematics textbook. Interactive Learning Environments, 28(1), 32–49. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/10494820.2018.1512001

Rahmawati, F., Wisudawati, S. Y., Khulasoh, H. U., Lestari, A. K., Kamila, N. I., & Rahma, S. Y. (2021). Problematika Pembelajaran Daring Pelajaran Matematika di SMAN 1 Pejagoan Kabupaten Kebumen. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 23–33. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30738/union.v9i1.8894

Rizal, A. F., Purwaningrum, J. P., & Rahayu, R. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Etnomatematika Untuk Menumbuhkan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Minat Belajar Siswa. 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.24239/kjpms.v2i2.26

Sari, L. S. P., & Rahadi, M. (2014). Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(3), 143–150. https://media.neliti.com/media/publications/226637-pembelajaran-berbasis-masalah-untuk-meni-34f4f621.pdf

Sudijono, A. (2010). Pengantar Statistik Pendidikan. PT.Raja Grafindo Persada.

Tegeh, I. M., Simamora, A. H., & Dwipayana, K. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Model Pengembangan 4D Pada Mata Pelajaran Agama Hindu. Mimbar Ilmu, 24(2), 158. https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21262

Umriani, F., Suparman, Hairun, Y., & Sari, D. P. (2020). Analysis and Design of Mathematics Student Worksheets Based on PBL Learning Models to Improve Creative Thinking. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(7 Special Issue), 226–237.

Witri, E., Ngatijo, N., & Haris Effendi-Hasibuan, M. (2020). Development of electronic student worksheets based on toulmin argumentation patterns to improve argumentation skills in basic acid materials. Jurnal Pendidikan Kimia, 12(3), 116–123. https://doi.org/10.24114/jpkim.v12i3.21160




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v16i1.16397

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika)

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Ciwaru No 25 Kota Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: [email protected] |Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika