Meta Analisis: Model Pembelajaran Inkuiri
Abstract
Penelitian meta-analisis ini mengenai model pembelajaran inkuiri yang memberikan pengaruh positif terhadap pembelajaran matematika. Penelitian ini mengkaji artikel ilmiah pada jenjang pendidikan SMP sederajat. Penggunaan model pembelajaran inkuiri sebagai solusi yang dapat digunakan oleh guru untuk mencapai tujuan pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Systematic Literatur Reviews dengan mengkaji dan menganalisa 13 artikel imliah yang didapatkan dari platform google scholar dan publish or perish. Hasil yang didapatkan dari keseluruhan artikel yang memiliki nilai effect size paling besar yaitu 1,59 yang termasuk dalam efek tinggi dan artikel yang memiliki nilai effect size paling kecil yaitu 0,29 yang termasuk dalam efek rendah. Hasil rata-rata effect size pembelajaran matematika menggunakan inkuiri bebas sebesar 0,87 yang berefek tinggi dan dengan menggunakan inkuiri terbimbing didapatkan rata-rata effect size sebesar 0,88 dengan efek tinggi. Hasil analisis pengaruh model pembelajaran inkuiri yang ditinjau dari jenjang pendidikan SMP sederajat diperoleh bahwa menggunakan metode inkuiri bebas memberikan pengaruh tinggi pada materi bangun ruang terhadap hasil belajar dengan nilai effect size sebesar 1,11. Kemudian dengan menggunakan metode inkuiri terbimbing pada materi bangun datar memberikan pengaruh tinggi terhadap kemampuan pemahaman matematis dengan nilai effect size sebesar 1,59.
Full Text:
PDFReferences
Aditya Reinaldo, Thamrin Tayeb, Fitriani Nur, Suharti, & Munawarah. (2021). Perbandingan Model Pembelajaran Inquiry dan Model Pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, and Transfering Terhadap Pemahaman Matematis. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 7(2), 127–139. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v7i2.1229
Amin, M. K., Isnani, I., & Paridjo, P. (2020). Meta Analisis Pengaruh Cooperative Learning Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Prisma, 9(2), 221. https://doi.org/10.35194/jp.v9i2.1072
Aprilia, E. R. P., Kristanti, F., & Shoffa, S. (2020). Pengaruh Pembentukan Self Concept Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Peserta Didik Dalam Pendekatan Saintifik. JPM : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 98. https://doi.org/10.33474/jpm.v6i2.6405
Arief, M. M., Ainy, C., & Suryaningtyas, W. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Matematika Materi Prisma Kelas VIII dengan Pendekatan Scientific di SMP DR. Soetomo Surabaya. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 1(2), 209. https://doi.org/10.30651/must.v1i2.240
Astuti, D., & Syafitri, E. (2020). Peningkatan Kemampuan Koneksi Masalah Matematika Melalui Pembelajaran Inkuiri Model Alberta Siswa Kelas Ix Smp Negeri 1 Kisaran. Konferensi Ilmiah Pendidikan 2020, 117–119. https://www.proceeding.unikal.ac.id/index.php/kip/article/view/482
Astuti, Y., & Setiawan, B. (2013). Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) berbasis pendekatan inkuiri terbimbing dalam pembelajaran kooperatif pada materi kalor. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1), 88–92. https://doi.org/10.15294/jpii.v2i1.2515
Azhari, U. L., & Kurniady, D. A. (2016). Manajemen pembiayaan pendidikan, fasilitas pembelajaran, dan mutu sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan, 23(2), 26–36.
Azmi, N., & Rosdiana. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 82–90.
Faridah, H., Suryaningtyas, W., & Kristanti, F. (2016). Pembelajaran Matematika dengan Media Televisi Edukasi pada Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Surabaya. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 1(2), 176. https://doi.org/10.30651/must.v1i2.236
Fitri, R.-, & Aprilianingsih, S. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VIII MTs AL ISLAM PETALABUMI. Jurnal Math-UMB.EDU, 8(1), 54–59. https://doi.org/10.36085/math-umb.edu.v8i1.1306
Harahap, F. S. W., & Harahap, A. S. M. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Menggunakan Metode Pembelajaran Inkuiri. Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS), 622–626. https://prosiding.seminar-id.com/index.php/sainteks
Indriyanti, D., Bharata, H., & Sutiarso, S. (2018). Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Self Confidence Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 6(5), 305–318.
Jayantika, I. G. A. N. T., & Widnyana, I. W. K. (2018). Pengaruh Pendekatan Inkuiri Berbantuan Asesmen Autentik terhadap Ketahanmalangan dan Hasil Belajar Matematika. Emasains, 6(2). https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/view/532
Kurniawan, I., Abdillah, R., & Rahadyan, A. (2021). SOSIALISASI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN STEAM PADA KURIKULUM K-13. Indonesian Journal Of Community Service, 1(4), 687–693.
Meidawati, Y. (2018). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(2), 703–712. https://hsgm.saglik.gov.tr/depo/birimler/saglikli-beslenme-hareketli-hayat-db/Yayinlar/kitaplar/diger-kitaplar/TBSA-Beslenme-Yayini.pdf
Muhati, O., Wenas, J. R., & Runtu, P. V. J. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Google Meet Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Bahasan Aljabar. MARISEKOLA: Jurnal Matematika Riset Edukasi Dan Kolaborasi, 2(1), 1–4. https://doi.org/10.53682/marisekola.v2i1.1079
Murnaka, N. P., & Dewi, S. R. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Guided Inquiry untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(2), 163. https://doi.org/10.31331/medives.v2i2.637
Novelyya, S. (2019). Pengaruh KArakter Rasa Ingin Tahu Siswa Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Fisika di SMP Negeri 08 Muaro Jambi. Briliant: Jurnaal Riset Dan Konseptual, 4(2), 179–181.
Nugraha, H. D., Poniman, D., Kencanasari, R. A. V., Maosul, A., & Rusydi, M. I. (2020). Meta-Analisis Model Pembelajaran Vokasi dalam Kondisi Covid-19. Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin, 5(2), 83–94. https://doi.org/10.21831/dinamika.v5i2.34779
Nurhidayah, Samad, I., & Hartono, R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Sumarorong. PEPATUDZU:Media Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, 15(2), 127–135.
Pasaribu, R., & Prastyo, H. (2022). Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Matematis Siswa. Jurnal Padegogik, 5(2), 53–62. https://doi.org/10.26877/jp2f.v12i2.8971
Pratono, K., Suryaningtyas, W., & Suprapti, E. (2019). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC DI SMA MUHAMMADIYAH X SURABAYA. 131–148.
Purnama, B. J. (2016). Optimalisasi Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Upaya Peningkatan Mutu Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan UNY, 12(2), 113839.
Rahayu, E., & Fahmi, S. (2018). Efektivitas Penggunaan Model Problem based Learning (PBL) dan Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP N 1 Kasihan Kabupaten Bantul Semester Genap Tahun Ajaran 2017/2018. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(2), 147. https://doi.org/10.24014/juring.v1i2.5671
Ramadhani, F., & Aprilianingsih, S. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas Viii Mts Al Islam Petalabumi. Journal of Didactic Mathematics, 1(2), 66–69. https://doi.org/10.34007/jdm.v1i2.172
Retnawati, H., Kartianom, Djidu, H., & Anazifa, R. D. (2018). Pengantar Analisis Meta (Cet Ke-1). Parama Publishing.
Rohmawati, A. (2020). Model Pembelajaran Blanded Learning: Kajian Meta Analisis. Journal Balance, 1, 131–141.
Rusmiati, A., & Ihsan, I. R. (2018). Penerapan Metode Inkuiri Model Alberta Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik. Journals of Mathematics Education, 1(1), 59–71.
Saesena, A., Bintoro, H. S., & Ulya, H. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Media Modul Etnomatematika Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. 0(1), 1–80. https://lib.unnes.ac.id/34453/
Safrina, K., Ikhsan, M., & Ahmad, A. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Geometri melalui Pembelajaran Kooperatif Berbasis Teori Van Hiele. Jurnal Didaktik Matematika, 1(1), 9–20.
Saliman, S. (2009). Pendekatan Inkuiri Dalam Pembelajaran. Informasi, 35(2), 73–82. https://doi.org/10.21831/informasi.v2i2.6391
Santoso, E. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(1). https://doi.org/10.31949/jcp.v3i1.407
Setiadi, H. (2016). PELAKSANAAN PENILAIAN PADA KURIKULUM 2013 THE IMPLEMENTATION OF ASSESSMENT IN THE CURRICULUM 2013 Pendahuluan Pada tahun pelajaran 2014 / 2015 telah mulai diberlakukan Kurikulum 2013 di selu- ruh Indonesia yang merupakan pembaharu- an dan penyempurnaan Ku. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 166–178.
Setiawan, J., & Royani, M. (2013). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP dalam Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar dengan Metode Inkuiri. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.20527/edumat.v1i1.637
Sirait, E. D. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 35–43. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.750
Sugianto, I., Suryandari, S., & Age, L. D. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Di Rumah. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 159–170. https://doi.org/10.47492/jip.v1i3.63
Suningsih, A., & Istiani, A. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 225–234. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.984
Suparmi, N. W. (2019). Hasil Belajar Pemahaman Konsep Dan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Pembelajaran Inkuiri Bebas Dan Inkuiri Terbimbing. Journal of Education Technology, 2(4), 192. https://doi.org/10.23887/jet.v2i4.16548
Suryaningrum, C. W. (2017). Menanamkan Konsep Bentuk Geometri (Bangun Datar). Jurnal Pengabdian Masyarakat Ipteks, 3(1), 1–8.
Syarifah, L., Holisin, I., & Shoffa, S. (2021). META ANALISIS: MODEL PEMBELJARAN PROJECT BASED LEARNING. JPPM (Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika), 14(2). http://www.jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/view/2982/2313
Ulandari, N., Putri, R., Ningsih, F., & Putra, A. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Teorema Pythagoras. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 227–237. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.99
Uyun, Q., Holisin, I., & Kristanti, F. (2017). Pengembangan Media Handout Segitiga dengan Model Problem Based Instruction. Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 2(1), 115–128.
Winanto, A., & Makahube, D. (2016). IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS 5 SD NEGERI KUTOWINANGUN 11 KOTA SALATIGA. Scholaria, 6(2), 119–138.
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v16i1.16629
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika)
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .
JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).
Alamat Penerbit: Jl. Raya Ciwaru No 25 Kota Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: [email protected] |
Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika