META-ANALISIS: PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF

Ardiyani Sekarningrum, Shoffan Shoffa, Sandha Soemantri

Abstract


 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi model pembelajaran kooperatif terhadap peningkatan komunikasi matematis siswa dijenjang SMP dan SMA sederajat. Metode yang digunakan adalah metode systematic literature review (SLR). Berdasarkan pengelompokan data pada klasifikasi materi pelajaran dan tipe model pembelajaran kooperatif peningkatan kemampuan komunikasi matematis melalui implementasi model pembelajaran kooperatif berpengaruh diterapkan pada jenjang SMP/sederajat dengan materi geometri, aljabar, PLDV, aritmatika sosial dengan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay, Think Talk Write, Two Stay Two Stray, Grup Investigation, Number Head Together, dan Team Assisted Individualized. Jenjang SMA/sederajat juga tidak jauh berbeda yaitu dengan jenjang SMA/sederajat implementasi model pembelajaran kooperatif berpengaruh diterapkan pada jenjang SMA/sederajat dengan materi geometri, aljabar, serta kubus dan balok dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write, Number Head Together. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa implementasi pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis.

Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif, Komunikasi Matematis

Full Text:

PDF

References


Adi, A., Rahman, B., & Arifin, S. (2019). Penerapan model kooperatif tipe numbered head tgether untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 2(2), 117. https://doi.org/10.30738/indomath.v2i2.4409

Annisa, S., & Siswanto, R. D. (2021). Analisis kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari gaya kognitif dan gender. Jurnal penelitian pembelajaran matematika, 14, 146–167.

Arnawa, I. M., & Wulandari, L. (2020). Pengaruh model kooperatif tipe numbered heads together pada kemampuan komunikasi matematis siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 1048. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.2945

Awaliyah, N., Hendrayana, A., & Pamungkas, A. S. (2019). Pengembangan kelas virtual untuk meningkatkan kecakapan komunikasi matematis pada materi bangun ruang sisi datar. JPPM, 12(2), 317–330.

Daulay, L. A., Hakim, H., & Sartikawati, L. D. (2019). The improvement of student’s mathematical communication ability by using cooperative learning: course review horay. Jurnal Tarbiyah, 26(1), 185.

Dewi Wulandari, I. A., Suarsana, I. M., & Ngurah Pujawan, I. G. (2018). Model pembelajaran kooperatif talking stick, mind mapping, dan kemampuan komunikasi matematis. MaPan, 6(1), 82–93. https://doi.org/10.24252/mapan.2018v6n1a8

Fajriyati, R., & Rahmawati, N. D. (2019). Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe group investigation ( GI ) dan numbered head together ( NHT ) terhadap prestasi belajar matematika. 1(4), 56–66.

Hayatunnida, J. (2021). Penerapan metode pembelajaran kooperatif pada siswa di MIM 12 Nagan Raya. MADINAH Jurnal Studi Islam, 9(1), 11–20.

Junaryadi, B. (2012). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika model kooperatif tipe two stay two stray dengan pendekatan konstruktivisme untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Journal of Primary Educational, 1(1), 19–23.

Lagur, D. S., Makur, A. P., & Ramda, A. H. (2018). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) terhadap kemampuan komunikasi matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 357–368. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i3.160

Mardiana. (2019). Perbedaan model pembelajaran kooperatif tipe number head together (nht) dengan think talk write (TTW) terhadap kemampuan komunikasi matematis. serunai: jurnal ilmiah dan ilmu pendidikan, 5(1).

Monariska, E., Jusniani, N., & Sapitri, N. H. (2021). Kemampuan komunikasi matematis siswa SMP melalui model pembelajaran kooperatif tipe match mine. 10(1), 130–140.

Mukhadis, A. (2013). Indonesian human resources of excellence and divine character. Pendidikan Karakter, III, 115–136.

Nadianti, R., Misdalina, & Kesumawati, N. (2018). Perbandingan model pembelajaran kooperatif tipe tai dengan nht dalam kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dari kemampuan awal siswa SMP negeri 4 Prabumulih. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 2(1), 19–25.

Nopriana, T. (2020). Model group investigation dan kemampuan komunikasi matematik dalam pembelajaran matematika siswa kelas XI IPA SMA negeri 2 Cirebon. Pasundan Journal of Mathematics Education Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1–6.

Nurjaman, A. (2015). Meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa smp melalui model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS). Didaktik, 9(1), 1–9. file:///C:/Users/Technogade/Downloads/111-228-1-SM.pdf

Perry, A., & Hammond, N. (2002). Systematic reviews : the experiences of a PhD student. Psychology Learning and Teaching, 2(1), 32–35.

Purwanti, S. (2015). Meningkatkan kemampuan komunikasi dan berpikir kritis matematis siswa sekolah dasar dengan model missouri mathematics project (MMP). TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 2(2), 253–266. http://www.ejournal.radenintan.ac.id/index.php/terampil/article/view/1296/1022

Puspita, N. P. M., Asri, I. G. A. A. S., & Ardana, I. K. (2019). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan media powerpoint terhadap kompetensi pengetahuan PPKn. Media Komunikasi FPIPS, 17(1), 405–413. https://doi.org/10.23887/mkfis.v17i1.22196

Putri, N. S., Juandi, D., & Jupri, A. (2022). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think-talk-write terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa : studi meta-analisis. 06(01), 771–785.

Rosdiana. (2021). Studi meta-analisis penggunaan model pembelajaran kooperatif terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.

Salam, R. (2017). Efektivitas penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) untuk meningkatkan kepercayaan diri dan komunikasi matematis. Jurnal Penelitian Pendidikan INSANI, 20(2), 108–116.

Sari, A., & Azmi, M. P. (2018). Penerapan model kooperatif tipe two stay two stray ( TSTS ) terhadap kemampuan komunikasi matematis. 2(1), 164–171.

Sembiring, R. F. br., & Siregar, R. M. (2020). Pengaruh model pembelajaran think pair share (TPS) terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa kelas x sma melati binjai tahun pelajaran 2019/2020. 12(1), 52–59.

Shoffa, S. (2009). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan PMR pada pokok bahasan jajargenjang dan belahketupat. Didaktis, 8(3), 1–67.

Soemantri, S. (2018). Pengaruh Gaya Kognitif Konseptual Tempo terhadap Tingkat kesalahan Siswa. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 18(1), 74–85.

Solekhan, F. N., Noer, S. H., & Gunowibowo, P. (n.d.). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. 1(9).

Sugandi, A. I. (2011). Pengaruh model pembelajaran koperatif tipe think talk write terhadap kemampuan komunikasi. Makalah Dalam Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika FMIPA, 41–50. https://eprints.uny.ac.id/7361/

Sulastri, Y., & Rochintaniawati, D. (2009). tipe jigsaw dalam pembelajaran biologi di SMPN 2 cimalaka. Jurnal Pengajaran MIPA, 1(1).

Sumirat, L. A. (2014). Efektifitas strategi pembelajaran kooperatif tipe think-talk-write (TTW) terhadap kemampuan komunikasi dan disposisi matematis siswa. Jurnal Pendidikan dan Keguruan, 1(2), 24.

Suprapti, E., Soemantri, S., Diharjo, W. S., Suryaningtyas, W., & Holisin, I. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbasis komputer pada mata kuliah metode numerik melalui program lesson …. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 13(3). http://103.114.35.30/index.php/didaktis/article/view/263

Suryaningtyas, W., Suprapti, E., Solikin, A., & Shoffa, S. (2017). Implementasi lesson study berbasis karakter pada mata kuliah statistika dasar dengan menggunakan media "GABUS". Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 2, 45–65. https://www.researchgate.net/publication/315045719

Tamrin, M., Sirate, S. F. S., & Yusuf, M. (2011). Teori belajar konstruktivisme vygotsky dalam pembelajaran matematika. Sigma (Suara Intelektual Gaya Matematika, 3(1), 40–47.

Thalhah, S. Z. (2017). Keefektifan model pembelajaran kooperatif. Pedagogy Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 30–46.

Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Werla Putra, G., & Iswara, B. (2019). Systematic Literature Review Method for Identifying Platforms and Methods for Information System Development in Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems, 1(2), 63.

Turgut, S., & Turgut, İ. G. (2018). The effects of cooperative learning on mathematics achievement in turkey : a meta-analysis study. International Journal of Instruction, 11(3). https://doi.org/10.12973/iji.2018.11345a

Wahyuni, F., & Suwanto. (2019). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe match mine terhadap kemampuan komunikasi matematik siswa. Journal of Mathematics Education and Science, 5 No.1(1), 59–63.

Widyastuti, E. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Komunikasi Matematis Siswa Dengan Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Jigsaw. journal of mathematics Education, 1(1), 3.

Yarmasi, Y., Fonna, M., & Mursalin, M. (2020). The influence of cooperative learning model type team assisted individualized of interactive media assistance to students’ mathematical communication ability. International Journal for Educational and Vocational Studies, 2(9), 813–820. https://doi.org/10.29103/ijevs.v2i9.3303

Yuliana, M., Suryaningtyas, W., & Shoffa, S. (2017). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode mnemonik terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMA Muhammadiyah 1 Surabaya. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 2(1), 142. https://doi.org/10.30651/must.v2i1.530




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v16i1.16827

Refbacks



Copyright (c) 2023 JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika)

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Ciwaru No 25 Kota Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: jppm@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika