PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN LECTORA INSPIRE PADA MATERI TURUNAN FUNGSI ALJABAR

Denih Handayani, Nani Ratnaningsih, Sri Tirto Madawistama

Abstract


Pesatnya perkembangan teknologi berdampak di berbagai bidang, salah satunya dalam bidang pendidikan. Guru dituntut untuk mampu menggunakan teknologi sebagai pendukung tercapainya tujuan pendidikan. Artikel ini merupakan hasil dari sebuah penelitian yang bertujuan untuk menghasilkan sebuah media pembelajaran berbasis android dengan menggunakan Lectora Inspire pada materi turunan fungsi aljabar matematika kelas XI. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model pengambangan Metode Development Life Cycle (MDLC) versi Luther-Sutopo yang terdiri atas 6 tahapan, yaitu: concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan angket respon berbentuk skala likert. Dari hasil penelitian ini, peneliti telah berhasil mengembangkan media pembelajaran berbasiss android menggunakan Lectora Inspire pada materi turunan fungsi aljabar. Hasil analisis data menunjukkan bahwa tingkat kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan menurut: 1) ahli media mencapai 91,1% (sanagat layak), 2) ahli materi mencapai 94% (sangat layak) dan 3) peserta didik sebagai pengguna mencapai 94,3% (sangat layak). Jadi dapat disimpulkan bahwa Media Pembelajaran Berbasis Android menggunakan Lectora Inpire pada materi turunan fungsi aljabar sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Apriliyanto, B. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Pemecahan Masalah Turunan Fungsi Aljabar. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 117-125

Arikunto S dan Safaruddin A J. (2009). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta Bumi Aksara.

Binanto, I. (2010). Multimedia Digital-Dasar Teori dan Pengembangannya. Yogyakarta: Andi.

Fadhli, Muhibuddin. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran. Volume 3 Nomor 1 Januari 2015

Fajar M.Yusuf, dkk. (2017). Meningkatkan Kompetensi Guru SMA dan Sederajat Melalui Pelatihan Pembelajaran Berbasis TIK. Ethos (Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat). Volume 5 Nomor 2

Fauyan, Muchammad. (2019). Developing Interactive Multimedia Through I-Spring on Indonesian Learning with the Insight Islamic Values in Madrasah Ibtidaiyah. AalIbtida: Jurnal Pendidikan Guru MI. Volume 6 Nomor 2.

Fransiska, R., Anwar, & Syahjuzar. (2022). Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Turunan Fungsi Aljabar di SMA Plus Al-Athiyah Tahfidz Al-Quran Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 140-151.

GlobalStats. (2022, September 3). Mobile Operating System Market Share in Indonesia - September 2022. Retrieved from StatCounter: https://gs.statcounter.com/os-market-share/mobile/indonesia.

Istiqlal, M. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Volume 2 Nomor 1

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2019). Laporan Hasil Ujian Nasional. Retrieved Oktober 3, 2022, from Pusat Penilaian Pendidikan: https://hasilun.pusmenjar.kemdikbud.go.id/

Komikesari, dkk. (2020). Development of e-module using flip pdf professional on temperature and heat material. Journal of Physics: Conference Series.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Retrieved from www.nctm.org.

Nopriyanti dan Sudira P. (2015). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Kompetensi Dasar Pasangan Sistem Penerangan dan Wiring Kelistrikan di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi. Volume 5 Nomor 2.

Pahlifi, D. M., & Fatharani, M. (2019). Android-based learning media on human respiratory system material for high school students. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 109-116.

Purbasari R.J, Kahfi M.S, dan Yunus M. (2013). Pengembangan Aplikasi Android Media Pembelajaran Matematika pada Materi Dimensi Tiga untuk Siswa SMA Kleas X. Artikel ilmiah pada Jurnal Online UM.

Putra R.S, Wijayanti N, dan Mahatmanti F.W. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. Volume 11 Nomor 2.

Rizky, C. F., & Faizah, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika SMP Berbasis Android dengan Aplikasi Ispring pada Materi Lingkaran. Cartesian, 14-21.

Sumargono, Susanto H, dan Valency R. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Berbantuan I-Spring Suite 6.2 untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Siswa Kelas XI IPS SMAN 1 Surakarta. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia. Volume 2 Nomor 1

Wijayanti, R., Hasan, B., & Loganathan, R. K. (2018). Media comic math berbasis whiteboard annimation dalam pelajaran matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.21831/jrpm.v5i1.19207




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v16i1.17822

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika)

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Ciwaru No 25 Kota Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: jppm@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika