ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR BERDASARKAN TEORI KRIEGLER DITINJAU DARI ASAL SEKOLAH
Abstract
Tujuan peneliian ini untuk menganalisis kemampuan berpikir aljabar berdasarkan teori Kriegler ditinjau dari asal sekolah. Hal ini dikarenakan berdasarkan hasil pengamatan peneliti ketika mengajar matakuliah aljabar pada mahasiswa semester dua, masih banyak mahasiswa yang kesulitan dalam memahami masalah dalam aljabar, kemampuan mahasiswa dalam memodelkan masalah ke dalam notasi aljabar juga cukup rendah sehingga dalam proses penyelesaian mengalami banyak kesalahan. Perbedaan asal sekolah secara pemikiran peneliti juga mempengaruhi kemampuan berpikir aljabar karena pemberian materi matematika pada tingkat sekolah menengah berdasarkan kurikulum masing-masing sekolah tersebut. Metode penelitian dengan menggunakan deskriptif kualitatif. Instrumen pengumpulan data dengan tes dan wawancara. Subyek penelitian dipilih 3 secara random berdasar asal sekolah. S.A, S.M dan S.K mampu pada indikator pemecahan masalah dan pemodelan matematis. S.A, S.M dan S.K belum mampu menggunakan penalaran dalam menyelesaikan soal tersebut.
Kata kunci: Kemampuan Berpikir Aljabar, Asal Sekolah
Full Text:
PDFReferences
Agustin, Ririn. 2016. Kemampuan Penalaran Matematika Mahasiswa Melalui Pendekatan Problem Solving. Jurnal Pedagogia ISSN 2089-3833 Volume 5, No 2 Agustus 2016.
Amalia, Rizki. 2016. Kemampuan Berpikir Matematis Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Geometri. Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 4, (2), 118 -125.
Anderson, L.W.&Krathwohl, D.R. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. New York: Longman
Booker & Windsor. 2010. Developing Algebraic Thinking: using problem-solving to build from number and geometry in the primary school to the ideas that underpin algebra in high school and beyond. International Conference on Mathematics Education Research 2010 (ICMER 2010)
Brookhart, S.M. 2010. How to Assess Higher Order Thinking Skills in Your Classroom Alexandria:ASCD
Gronlund, N.E.1996. How to Write and Use Instructional Objectives. Fifth Edition. New Jersey: Merril
Kieran, C. (2004). Algebraic Thinking in the Early Grade: What Is It?. The Mathematics Educators 2004, Vol 8 No 1.139-151.
Lannin, J & Barker, D & Townsend, B. 2006. Algebraic Generalisation Strategis: Factors Influencing Student Strategy Selection. Mathematics Education Research Journal. 18, (3), 3-28.
Lew, H.C. 2004. Developing Algebraic Thinking In Early Grade: Case Study In Korean School Mathematics. The Mathematics Educator, 8;1(2004).6
Paridjo. 2018. Kemampuan Berpikir Aljabar Mahasiswa dalam Materi Trigonometri Ditinjau Dari Latar Belakang Sekolah Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. PRISMA (Prosiding Seminar Nasional Matematika).
Patton & Santos. 2012. Analyzing Algebraic Thinking Using “ Guess My Number” Problems. USA International journal of Instruction. 5,(1) e-ISSN:1308-1470
Radford, L. 2006. Algebraic Thinking and Generalization of Pattern: A Semiotic Prespective. Proceedings of Twenty Eight Annual Meeting of the North American Chapter of the International group for the Psychology of Mathematics Education.
Radford, L. 2012. Early Algebraic Thinking Epistemological, Semiotic and Developmental Issues. 12th International Congress on Mathematical Education. 8 – 15 July, 2012, COEX, Seoul, Korea.
Ramdhani, Sendi. 2018. Kemampuan Generalisasi Mahasiswa Pada Perkuliahan Kapita Selekta Matematika. Jurnal Analisa 4. ISSN: 2549-5143
S Y Maudy, D Suryadi dan E Mulyana. 2019. Level of student’algebraic thinking. IOP Conf.Series:Journal of Physics : Conf. Series 1157 (2019) 042057. doi: 10.1088/1742-6596/1157/4/042057
Wilujeng, Hestu. 2016. Algebra Readiness Analysis of Junior High School Students Class 7. UNISSULA PRESS.
Wilujeng, Hestu. 2017. Profile of Student Algebra Thinking Ability Based on Mathematical Prelininary Skills. International Journal of Research-Granthaalayah. Vol 5(Iss.11). ISSN- 2350-0530(O), ISSN- 2394-3629(P). DOI: 10.5281/zenodo.1095429
Wilujeng, H, Y S Kusumah dan D Darhim. 2019. The Students’achievement of algebraic thinking ability using Merrill’s First Principles of Instruction. IOP Conf.Series:Journal of Physics : Conf. Series 1188 (2019) 012039. doi: 10.1088/1742-6596/1188/1/012039
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v16i2.19635
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika)
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .
JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).
Alamat Penerbit: Jl. Raya Ciwaru No 25 Kota Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: [email protected] |
Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika