PENGARUH KECEMASAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK
Abstract
Kemampuan pemahaman matematis merupakan salah satu kemampuan fundamental dalam matematika. Salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik adalah kecemasan matematika. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh kecemasan matematika terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Penelitian ini menggunakan instrumen tes dan non-tes yaitu tes uraian untuk menguji kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik dan angket serta wawancara untuk mengetahui kecemasan matematika pada peserta didik. Penelitian ini menemukan bahwa terdapat pengaruh kecemasan matematika peserta didik terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik dengan kontribusi pengaruh sebesar 34%. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kecemasan matematika terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis pada peserta didik.
Kata kunci: Kecemasan Matematika, Pemahaman Konsep, Matematika.
Full Text:
PDFReferences
Amelia, Anisa., Lestari, Ananda Maya., & Surati, Iis.(2023). Pengaruh Kecemasan Mahasiswa Matematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Soal Matematika SMA.JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika), 9(2), (211-217). https://doi.org/10.29100/jp2m.v9i2.4442
Auliya, R. N. (2016). Kecemasan matematika dan pemahaman matematis. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1). http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v6i1.748
Diana, P., Marethi, I., & Pamungkas, A. S. 2020. Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa : Ditinjau Dari Kategori Kecemasan Matematik. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(1), 24–32.
Esterwood, E., & Saeed, S. A. (2020). Past epidemics, natural disasters, COVID19, and mental health: learning from history as we deal with the present and prepare for the future. Psychiatric quarterly, 91, 1121-1133.
Febriani, P., Widada, W., & Herawaty, D. (2019). Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMA Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 04(02), 120±135. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/9761/4795
Febriyani, A., Hakim, A. R., & Nadun, N. (2022). Peran Disposisi Matematis terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 87-100.
Giawa, L., Gee, E., & Harefa, D. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI BENTUK PANGKAT DAN AKAR DI KELAS XI SMA NEGERI 1 ULUSUSUA TAHUNPEMBELAJARAN 2021/2022. Afore: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 64-77. https://doi.org/10.57094/afore.v1i1.437
Handayani, Shinta Dwi (2019). Pengaruh Kecemasan Matematika terhadap Pemahaman Konsep Matematika. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 4(1), ISSN 2549-2845, Universitas Indraprasta PGRI, https://doi.org/10.30998/sap.v4i1.3708
Ikhsan, M. (2019). Pengaruh kecemasan matematis terhadap hasil belajar matematika. De Fermat: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1-6. https://doi.org/10.36277/defermat.v2i1.28
Irwandi, I., Zubaidah, Z., & Bistari, B. ANALISIS PEMAHAMAN PESERTA DIDIK PADA KONSEP LOGARITMA BERDASARKAN TEORI APOS DI MAN 2 PONTIANAK. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 8(3). https://dx.doi.org/10.26418/jppk.v8i3.32388
Ismail, Hesti Salsaprilia, & Zulkarnaen, Rafiq (2023). Korelasi Antara Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dengan Kecemasan Matematis. Jurnal Education FKIP UNMA, 9(4), 1857-1862, ISSN 2548-6756, Universitas Majalengka, https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.6122
Kusuma, J. W., & Caesarani, S. (2019). Penerapan Pendekatan Konflik Kognitif Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Di Smp Negeri 7 Kota Serang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1), 20-27. https://doi.org/10.26877/jipmat.v4i1.3500
Lestari, Hesti, Fitriza, Rozi, & A, Halen (2020). PENGARUH KECEMASAN MATEMATIKA (MATHEMATICS ANXIETY) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK KELAS VII MTs. Math Educa Journal, 4(1), 103-113, ISSN 2598-2133, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, https://doi.org/10.15548/mej.v4i1.1325
Masruroh, L., & Reza, M. D. (2015). Pengaruh Kecemasan Siswa Pada Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika di Smp (Influence Math anxiety in Students toward). Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, 3(2).
Mukholil, M. (2018). Kecemasan dalam Proses Belajar. Eksponen, 8(1), 1-8.
Napitupulu, Ester Lince. (2012). Prestasi Sains dan Matematika Indonesia Menurun. Diakses dari: http://edukasi.kompas.com/read/2012/12/14/09005434 tanggal 5 Desember 2023.
Napitupulu, Ester Lince. (2012). Prestasi Sains dan Matematika Indonesia Menurun. Diakses dari: http://edukasi.kompas.com/read/2012/12/14/09005434 tanggal 5 Desember 2023.
Ratna, & Yahya, A. (2022). Kecemasan Matematika terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas XI. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 1-16. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i3.1908
Rizki, Fajar, Rafianti, Isna, & Marethi, Indiana (2019). Pengaruh Kecemasan Matematika terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa di SMA. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 11, ISSN 2620-8067, Universitas Serang Raya, https://doi.org/10.30656/gauss.v2i2.1750
Septiarini, Ika, Kesumawati, Nila, & Jumroh, Jumroh (2020). PENGARUH KECEMASAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP NEGERI SE-KECAMATAN BANYUASIN. Journal of Mathematics Science and Education, 3(1), 8-16, ISSN 2623-2383, LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau, https://doi.org/10.31540/jmse.v3i1.951
Suci, S. N., & Miatun, A. (2022). Profil Kemampuan Pemahaman Konsep Ditinjau dari Kecemasan Matematis Siswa SMP pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 80-92. https://doi.org/10.24176/anargya.v5i1.7694
Surur, M., & Oktavia, S. T. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Pendidikan Edutama, 6(1), 11-18. http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v6i1.341
Szczygieł, M., & Pieronkiewicz, B. (2022). Exploring the nature of math anxiety in young children: Intensity, prevalence, reasons. Mathematical Thinking and Learning, 24(3), 248-266. https://doi.org/10.1080/10986065.2021.1882363
Utami, A. D., Suriyah, P., & Mayasari, N. (2020). Level Pemahaman Konsep Komposisi Fungsi Berdasar Taksonomi Solo (Structure of Observed Learning Outcomes). CV. Pena Persada.
Wardhani, S. (2008). Analisis SI dan SKL Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs Untuk Optimalisasi Pencapaian Tujuan. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Matematika.
Wicaksono, A. B., & Saufi, M. (2013, November). Mengelola kecemasan siswa dalam pembelajaran matematika. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (Vol. 9, No. 4, pp. 89-94).
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v17i1.23591
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .
JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).
Alamat Penerbit: Jl. Raya Ciwaru No 25 Kota Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: [email protected] |
Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika