PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI ATURAN SINUS DAN COSINUS

Ika Meika, Laras Selfiantika, Ika Yunitasari, Asep Sujana

Abstract


Siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi aturan sinus dan cosinus. Hal ini diperkuat dengan nilai siswa yang rata-ratanya masih dibawah KKTP dan juga dilihat dari respon siswa yang dimana proses belajar tersebut mempengaruhi nilai siswa, pendidik menyatakan bahwa berdasarkan hasil penilaian formatif pada materi aturan sinus dan cosinus peserta didik memperoleh nilai rata-rata 54,5, sedangkan KKTP kelas XI yaitu 75 sehingga bisa disimpulkan tujuan pembelajaran belum tercapai. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk menghasilkan LKPD materi aturan sinus dan cosinus yang valid melalui pendekatan PBL. Penelitian dan pengembangan dilaksanakan menggunakan metode 4-D (Define, Design, Development, Disseminate). Penelitian ini dimulai dengan pengamatan awal kebutuhan di lapangan, lalu dilanjutkan dengan perancangan prototype-1. LKPD divalidasi oleh ahli materi, ahli desain dan ahli bahasa. Hasil validasi LKPD oleh ketiga validator menunjukan bahwa LKPD layak untuk diujikan kepada peserta didik dengan persentase rata-rata sebesar 88,9% dengan kategori sangat valid. Revisi dari tahap validasi ahli menghasilkan prototype-2. Uji coba terbatas dilakukan pada 6 peserta didik dengan tingkatan kemampuan matematis, pada uji coba terbatas tidak terdapat saran perbaikan, maka prototype-2 siap dilakukan uji lapangan pada kelas XI.1 dengan hasil penilaian rata-rata sebesar 80,4 sehingga kualitas LKPD termasuk dalam kategori “Baik”.

References


Adella AR., A. A. (2022). Pengembangan Lembar KerjaPeserta Didik Digital Berbasis Discovery Learning Berbantuan Desmos Pada Materi Trigonometri Kelas X. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika, 11(3). https://doi.org/10.24036/pmat.v11i3.1392

Apriliani, V. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada Materi Trigonometri. Uin Syarif Hidayatullah Jakarta.

Danial, M., & Sanusi, W. (2018). Penyusunan Lembar Kegiatan Peserta Didik ( LKPD ) berbasis investigasi bagi guru Sekolah Dasar Negeri Parangtambung II Kota Makassar. 615–619.

Effendi, R., Herpratiwi, H., & Sutiarso, S. (2021). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 920–929. https://doi.org/10.31004/basicedu. 5i2.84

Khotimah, S. K., Yasa, A. D., & ... (2020). Pengembangan E-LKPD Matematika Berbasis Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Kelas V SD. Prosiding Seminar …, 4, 401–408

Fitri, M., Yuanita, P., & Maimunah, M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Terintegrasi Keterampilan Abad 21 Melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL). Jurnal Gantang, 5(1), 77–85. https://doi.org/10.31629/jg.v5i1.1609

Maretha, D. G. A., & Suparman, S. (2022). Pengembangan e-LKPD Berbasis Open Ended pada Materi Segi Empat Kelas VII. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 7(2), 349. https://doi.org/10.30998/jkpm.v7i2.12681

Meika, I., Solikhah, E. F. F., & Yunitasari, I. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Materi Trigonometri melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 7(1), 93–106. https://doi.org/10.35706/sjme.v7i1.7190

Nareswari, N. L. P. S. R., Suarjana, I. M., & Sumantri, M. (2021). Belajar Matematika dengan LKPD Berbasis Kontekstual. Mimbar Ilmu, 26(2), 204. https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.35691

Nilam, N., Fitri, R., & Selaras, G. H. (2023). Meta-analisis Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning. EduNaturalia: Jurnal Biologi Dan Kependidikan Biologi, 4(2), 69. https://doi.org/10.26418/edunaturalia.v4i2.65774

Puspitasari, T., Syamsuri, S., & Santosa, C. A. H. F. (2021). Konstruksi Konsep Trigonometri Bagi Siswa SMA Berdasarkan Teori APOS. Wilangan: Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 2(4), 179. https://doi.org/10.56704/jirpm.v2i4.12563

Roihanah, H., & Rochmawati, R. (2021). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Perbankan Dasar Kelas X SMK. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9(1), 88–94. https://doi.org/10.26740/jpak.v9n1.p88-94

Sarwastuti, H. T., & Purnomo, Y. W. (2023). Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Matematika Materi Lingkaran. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 473-482.

Tahara, G. S., & Wintarti, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Materi Gerak Harmonik Sederhana. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 13–23.

Yunika, E., Iriani, T., & Saleh, R. (2020). P-44 Pengembangan Media Video Tutorial Berbasis Animasi Menggunakan 4d Untuk Mata Kuliah Praktik Batu Beton The Development Of Animation Based Video Tutorial. 299–306




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v17i2.28430

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Ciwaru No 25 Kota Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: [email protected] |Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika