MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD KELAS 12 SMA NEGERI 3 PONTIANAK
Abstract
Motivasi belajar merupakan salah satu aspek penting yang harus dimiliki oleh siswa untuk meningkatkan hasil belajar yang optimal. Namun masalah rendahnya motivasi belajar siswa menjadi permasalahan yang sering ditemukan oleh guru Matematika. Kondisi ini menjadi tantangan bagi guru untuk mengelola proses pembelajaran Matematika agar berlangsung menyenangkan dan dapat memenuhi kebutuhan belajar siswa. Rendahnya hasil belajar Matematika disebabkan kurangnya motivasi belajar dengan gejala seperti tidak memahami materi, kurangnya semangat belajar, serta tidak aktif dalam pembelajaran. Hasil belajar menunjukkan nilai yang rendah dengan sebagian besar siswa dari jumlah keseluruhan tidak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Oleh sebab itu diperlukan model pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada materi Peluang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif STAD terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi peluang di kelas 12 SMAN 3 Pontianak. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD. Populasi penelitian adalah siswa kelas 12 IPS SMA Negeri 3 Pontianak dan sampel penelitian pada kelas 12 IPS 4 dengan motivasi dan hasil belajar rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika secara signifikan.
Full Text:
PDFReferences
Cleopatra, M. (2015). Pengaruh gaya hidup dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(2).
Dewi, R. P., & Yosef, H. (2017). Hubungan antara Academic Self-Confidence dengan Kejenuhan (Burnout) Belajar Siswa SMKN1 Indralaya Utara. Konseling Komprehensif, 4(2),14-27.
Jafar, F.A. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Konvensional Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Al asma: Journal of Islamic Education ISSN 2715-2812 (Online) Vol. 3, No. 2, November hal. 190-199
Khaira, N.A. (2018). Penerapan Teknik Self Instruction untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar Siswa. Pencerahan, 12 (2), 172-200
Kompri, (2015). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung : Remaja Rosdakarya
Diunduh di:https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit/article/download/7861/4676
Machmud, Muslimin. (2016). Tuntunan Penulisan Tugas Akhir Berdasarkan Prinsip Dasar Penelitian Ilmiah. Malang : Penerbit Selaras
Maulana, P., & Akbar, A. (2017). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman di Sekolah Dasar. Jurnal Pesona Dasar, 5(2).
Tohirin. (2012). Metode penelitian Kualitatif dalam Pendidikan dan Bimbingan Konseling. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Wijaya, H.,& Arismunandar. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Media Sosial. Jurnal : Jaffray. Vol. 16 (2). Hal.175-196
Rimbarizki, R. (2017). Penerapan Pembelajaran Daring Kombinasi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Paket C Vokasi di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Pioneer Karanganyar. J+ PLUS UNESA, 6(2)
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tohirin. (2012). Metode penelitian Kualitatif dalam Pendidikan dan Bimbingan Konseling. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Wardana, I., Banggali, T., & Husain, H. (2017). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student team achivement division (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA Avogadro SMA Negeri 2 Pangkajene (Studi pada Materi Asam Basa). Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia, 18(1), 76-84.
Wulandari, I. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD ( Student Teams Achievement Division) dalam Pembelajaran MI. Jurnal Papeda: Vol 4, No 1.hal. 17-23
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v18i1.28814
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .
JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).
Alamat Penerbit: Jl. Raya Ciwaru No 25 Kota Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: [email protected] |
Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika