IMPLEMENTASI PENDEKATAN PROBLEM SOLVING DALAM PENCAPAIAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SERTA HABITS OF MIND SISWA MTs
Abstract
ABSTRACT
This study aims to examine the implementation of problem solving approach in achieving the ability of creative thinking and students' habits of mind. This quasi-experimental study took all of students in one private of MTs in Purwasari-Karawang as population. Two classes of experiment class (problem solving approach) were selected for 28 students, and control class (conventional learning) of 30 students. Quantitative data analysis uses SPSS 17 for windows. The results showed that the the implementation of mathematics learning process with problem solving approach is quite effective.The achievement of students' mathematical creative thinking ability using problem solving approach is not better than students who use conventional learning. There is no difference in the ability of mathematical creative thinking as well as students' thinking habits in both learning groups.
Keyword: Problem Solving approach, The Ability of Creative Thinking Mathematically, and Habits of Mind
Full Text:
PDFReferences
Bey, A., dan Asriani. (2013). Penerapan Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Pada Materi SPLDV. Dalam Jurnal Pendidikan Matematika.. Vol. 4-No 2. Juli 2013.
Costa, A. Dan Kallick, B. (2008). Describing 16 Habits of Mind. [Online]. Tetrsedia : http://www.habits-of-mind.net/pdf/16HOM2.pdf.[17 April 2015].
Effendi, A. (2016). Implementasi Model Creative Problem Sloving Untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognitif Berdasarkan Kemampuan Awal Matematis Siswa. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika (JPPM). Vol. 9-No 1. 2016. Tersedia pada: http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/view/994/795
Hendriana, H., dan Soemarmo, U. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung : Refika Aditama.
Ismaimuza, D. (2012). Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Bebasis Masalah Dengan Strategi konflik Kognitif. Jurnal Teknologi (Sciences dan Engineering), Vol 2-Nomor 2 Tahun 2013.
Marliani, N. (2016). Pengaruh Pembelajaran Missouri Mathematics Project Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika (JPPM). Vol. 9-No 1. 2016. Tersedia pada: http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/view/978/779
Meika, I, dan Sujana, A. ( 2017). Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika (JPPM). Vol. 10-No 2. 2017. Tersedia pada: http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/view/2025/1568
Safitri, T.P, (2013). Pembelajaran Quick On The Draw Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis dan Habits of Mind SMP. UPI/Respository.upi.edu/perpustakaan.upi.edu.
Sumarmo, U, et,al. (2012). Laporan Penelitian Mengembangkan Kemampuan Dan Disposisi Berpikir Logis, Kritis Dan Kreatif Matematis Siswa SMA Melalui Pembelajaran Berbagai Masalah Dan Strategi Thing-Talk-write. STKIP Siliwangi bandung.
Sugilar, H. (2013). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Disposisi Matematik Siswa Madrasah Tsanawiah Melalui Pembelajaran Generatif. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematik STKIP Siliwangi Bandung, Vol 2, No.2.
Sugiyono, (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatiaf dan R&D. Cet. Ke-12 ; Bandung : Alfabeta.
Susilawati, W. (2014). Belajar dan Pembelajaran Matematika. Bandung : CV. Intan Mandiri.
Syafrianto. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Dan Penalaran Matematis Serta Kebiasaan Berpikir (Habits Of Main) Siswa SMP melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match. UPI. Respository. upi. edu. Perpustakaan. Upi. edu.
Usman, R, M. (2014). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Komunikasi Serta Disposisi Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Inkuiri Model. Alberta. UPI .repositoro.upi..edu.perpustakaan.upi.edu.
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v11i1.2991
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .
JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).
Alamat Penerbit: Jl. Raya Ciwaru No 25 Kota Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: [email protected] |
Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika