Eksplorasi Etnomatematika pada Kue Tradisional Cucuru Bayao Berdasarkan Perspektif Geometri

Ananda Nasywa Amrin, Fitriani Nur, Nur Yuliany

Abstract


Dalam dunia pendidikan, matematika sering dipandang sebagai sebuah ilmu yang tidak dipengaruhi oleh budaya sehingga membentuk pandangan negatif peserta didik. Hal ini mungkin terjadi dikarenakan matematika yang diajarkan di sekolah seringkali tidak kontektual terhadap kehidupan sehari – hari. Padahal seperti yang kita ketahui, Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya, tetapi guru belum menyadari bahwa budaya ini dapat diintegrasikan ke dalam pembelajaran. Cucuru bayao merupakan salah satu budaya masyarakat kabupaten Gowa. Tanpa disadari, masyarakat Kabupaten Gowa telah menerapkan konsep matematika dalam pembuatan dan penyajian cucuru bayao. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi etnomatematika pada kue tradisional Kabupaten Gowa yaitu cucuru bayao terhadap konsep matematika khususnya geometri dengan batasan ruang lingkup bangun datar dan bangun ruang, filosofi, dan nilai budaya yang ada di dalamnya. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan etnografi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pembuatan dan penyajian cucuru bayao terdapat lingkaran, persegi delapan, trapesium, tabung, dan kerucut. Filosofi dari kue cucuru bayao mencakup simbolisasi harapan untuk kehidupan yang manis, dan nilai budaya dalam proses pembuatan yakni ketelitian, ketekunan, dan kesabaran serta nilai budaya dalam proses penyajian yakni keindahan.


Full Text:

PDF

References


Akbar, Ady, Tatang Herman, and Didi Suryadi. 2023. “Exploration of Phinisi Ship Components as a Source for Learning Elementary School Geometry: Ethnomathematics Study.” Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram 11 (4): 1018. https://doi.org/10.33394/j-ps.v11i4.8461.

Arjunaini, Arjunaini, Dahliawati Dahliawati, Yuni Revita, Hadiyanto Hadiyanto, and Yahya Yahya. 2023. Manajemen Pembiyaan Pendidikan Di Sekolah Dasar. Jurnal Dedikasi Pendidikan. Vol. 7. https://doi.org/10.30601/dedikasi.v7i2.4015.

Asma, Andi, and Kadir Kadir. 2022. “Eksplorasi Etnomatematika Proses Pembuatan Kue Tradisional Cangkuning Sebagai Sumber Belajar Matematika.” AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 11 (4): 3168. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.6024.

D’Ambrosio Ubiratan. 1985. Ethnomathematics and Its Place in the History and Pedagogy of Mathematics. “For the Learning of Mathematics.”

Dr. Fokky Fuad Wasitaatmadja. 2020. ETNOGRAFI HUKUM (Budaya Hukum Masyarakat China Jelata).

Febriana, Rina, Ayu Kurniasih, Evitri Setiyaningsih, and Oktaviana Putri Maharani. 2022. “Eksplorasi Etnomatematika Pada Tugu Jogja.” Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika 7 (1): 39–48. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v7i1.1799.

Hasibuan, Syahrial, Iesyah Rodliyah, Sitti Zuhaerah Thalhah, Paskalina Widiastuti Ratnaningsih, and Andi Aris Mattunruang S E. 2022. Media Penelitian Kualitatif. Jurnal EQUILIBRIUM. Vol. 5. http://belajarpsikologi.com/metode-penelitian-kualitatif/.

Kurniawan, Wiwit, and Tri Hidayati. 2019. “Etnomatematika: Konsep Dan Eksistensinya.” CV. Pena Persada, 1–70.

Kurniawati, Annisa Dwi, Mega Teguh Budiarto, and Rooselyna Ekawati. 2021. “Learning Geometry and The Value of Life from The Arts: Ethnomathematics on The Gamelan Reyog Ponorogo.” Edumatika : Jurnal Riset Pendidikan Matematika 4 (1): 77–89. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v4i1.867.

Lubis, Adelia Putri, Carlia Dermasari Sirait, Elvi Mailani, Luciana Chris May, Maya Alemina Ketaren, and Sofia Maharaja. 2024. “Efektivitas Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Untuk Penguatan Nilai Budaya” 2 (5).

Mailani, Elvi, Riska Sri, Pratiwi Tambunan, and Febri Deasari Simamora. 2024. “Eksplorasi Etnomatematika Geometri Bangun Datar Segitiga Pada Pakaian Tradisonal Sortopi Khas Suku Batak Toba,” no. 5.

Pathuddin, Hikmawati, and Sitti Raehana. 2019. “Etnomatematika: Makanan Tradisional Bugis Sebagai Sumber Belajar Matematika.” MaPan 7 (2): 307–27. https://doi.org/10.24252/mapan.2019v7n2a10.

Safitri, Andi Hasliyati Ike, Ilham Dwi Novaldin, and M. Gunawan Supiarmo. 2021. “Eksplorasi Etnomatematika Pada Bangunan Tradisional Uma Lengge.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 5 (3): 3311–21. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.851.

Sari, Theresia Vinanda Novita, Winda, Ramadhan Nofriyadi, and Adi Satrio Ardiansyah. 2023. “Eksplorasi Kue Tradisional Lampung Sebagai Inovasi Bahan Ajar Etnomatematika Pada Materi Bangun Ruang.” SANTIKA : Seminar Nasional Tadris Matematika, 384–403.

Surmiyanti, Cici, Mutia Mutia, and Syarifah Nurhaliza. 2021.

“Etnomatematika Dalam Budaya Berdompu Pada Permainan Tradisional Engklek Di Kalimantan Barat.” Juwara Jurnal Wawasan Dan Aksara 1 (1): 47–57. https://doi.org/10.58740/juwara.v1i1.9.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v18i1.30213

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Ciwaru No 25 Kota Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: [email protected] |Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika