PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA SMK TEKNOLOGI KELAS X SEMESTER GANJIL TERINTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA
Abstract
The purpose of this research is to develop a mathematics learning module at a Vocational High Schools Technology group Class X Semester 1 which is effective to facilitate the learning process of mathematics by students independently as well as to instill some values of nation character through math learning, based on expert assessment and student response. Adaptation procedures from the Dick and Carey learning development model adapted into the module development stage written by the PMPTK covering module requirements analysis stage, draft module development, expert validation, classroom testing, and revision. Quality of Mathematics learning module at a Vocational High Schools Technology Class X Semester 1 based on expert evaluation is good. The student's response to the learning materials product is very positive. This Mathematics Module is expected to facilitate students of Vocational High Schools especially Technological field in learning mathematics independently.
Keywords: Development, Mathematics Learning Module, Nation Character
Full Text:
PDFReferences
Harumi, Rahmi Asti, Ulifah Aprilia Hariani, Iis Nur Asyiah. 2011. “Pengembangan Modul Pembelajaran Muatan Lokal Etnobotani Masyarakat Using di SMA Negri 1 Banyuwangi” Artikel Online http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63750 diakses pada 17 Agustus 2017
Muslich, Masnur. 2011. Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara
Octavia, Lanny dkk. 2014. Pendidikan Karakter Berbasis Tradisi Pesantren. Jakarta: Renebook.
Pamungkas, Aan, Subhan, Yuhana, Yuyun. 2016. Pengembangan Bahan Ajar untuk Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika. Jurnal Penelitian dan Pendidikan Matematika. 9(2): 177 - 182
Prastowo, Andi. 2016. “Malapraktek Pendidikan Karakter di Indonesia dalam Perspektif Neurosains” Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan, Inovasi Pembelajaran Berbasis Karakter dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN. Hlm. 212 – 233.
Putra, Rizki Wahyu Yunian, Setiawati, Neni. 2018. Pengembangan Desain Didaktis Bahan Ajar Persamaan Garis Lurus. Jurnal Penelitian dan Pendidikan Matematika. 11(1): 139 - 148
Salafudin. 2013. “Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Matematika” Jurnal Penelitian, Vol. 10 No. 1 Mei 2013, Pekalongan: STAIN.
Sanjaya, Wina. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana
Sartikaningrum, Ria. 2013. “Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Monopoli Akuntansi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Tempel” Skripsi S1 Fakultas Ekonomi Universitas Yogyakarta. Yogyakarta
Suhendri, Huri, Ningsih, Rita. 2018. Peranan Ketahanmalangan dan Kreativitas dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Penelitian dan Pendidikan Matematika. 11(1): 31 - 40
Sunardi. 2007. “Pendidikan Nongradasi: PengakuanPerbedaan Individu” Jurnal Cakrawala Pendidikan, November 2007, Th. XXV, No. 3, Surakarta: Universitas Sebelas Maret
Tim Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan. 2008. Penulisan Modul. Jakarta: DEPDIKNAS
Warsita, Bambang. 2011. “ Analisis Kebutuhan Sistem Pembelajaran” Serial Modul Diklat Jabatan Fungsional Pengembang Teknologi Pembelajaran (Diklat JF-PTP). Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Sungkono. “Pengembangan dan Pemanfaatan Bahan Ajar Modul dalam Proses Pembeljaran” Jurnal Online http://journal.uny.ac.id/index.php/mip/article/viewFile/6154/5341 diakses pada 20 Mei 2017
Situmorang, Manihar. 2013. “Pengembangan Buku Ajar SMA Melalui Inovasi Pembelajaran dan Integrasi Pendidikan Karakter untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa” Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung, 2013.
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v11i2.3762
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .
JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).
Alamat Penerbit: Jl. Raya Ciwaru No 25 Kota Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: [email protected] |
Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika