Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Rigorous Mathematical Thinking ditinjau dari Kemampuan Awal Matematis dan Gaya Belajar Matematis
Abstract
Pemecahan masalah menjadi salah satu fokus utama dalam kegiatan pembelajaran matematika dan harus dikembangkan oleh siswa. Untuk mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis maka pembelajaran harus berfokus pada siswa dengan memperhatikan kemampuan awal matematis (KAM) dan gaya belajar matematis (GBM) siswa. Tujuan utama penelitian ini untuk mengetahui apakah pencapaian, peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dengan penerapan pendekatan rigorous mathematical thinking (RMT) lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran biasa, dan untuk mengetahui Bagaimana kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan pendekatan rigorous mathematical thinking ditinjau dari KAM dan GBM. Penelitian dilakukan dengan menggunakan mixed method dengan desain Sequential Explanatory. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Satu Atap Kasemen. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster sampling dengan mengambil dua kelas. Satu kelas sebagai kelas eksperimen dengan pendekatan RMT dan satu kelas sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran biasa (saintifik). Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) Pencapaian dan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan pendekatan RMT lebih baik daripada siswa yang diberi pembelajaran biasa, (2) Terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan pendekatan RMT ditinjau dari KAM siswa, 3) Terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan pendekatan RMTditinjau dari GBM siswa.
Kata Kunci : Kemampuan pemecahan masalah matematis, rigorous mathematical thinking, kemampuan awal matematis dan gaya belajar matematis.
Full Text:
PDFReferences
Badan Standar Nasional Pendidikan. (2006). Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar untuk Matematika SMP-MTs. Jakarta: BSNP.
Fadillah, S. (2009). Seminar Nasional tentang Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. Yogyakarta, 16 Mei 2009. https://eprints.uny.ac.id123171M_Pend_35_Syarifah.pdf (diakses 26 Desember 2016).
Firdaus, A. (2009). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Yogyakarta. https://madfirdaus.wordpress.com/2009/11/23/kemampuan-pemecahan-masalah-matematika/ ( diakses 1 Februari 2017).
Fuadi., Fathurrohman, M., & Hendrayana, A., (2019). Pengaruh Pembelajaran Rigorous Mathematical Thinking (Rmt) Terhadap Beban Kognitif Konstruktif Dan Kompetensi Strategis Matematis Siswa Di Pondok Pesantren, JPPM Vol. 12 No. 1 (2019).
Hendrayana, A. (2015) Pengaruh Pembelajaran Pendekatan Rigorous Mathematical Thinking (Rmt) Terhadap Pemahaman Konseptual, Kompetensi Strategis, Dan Beban Kognitif Matematis Siswa Smp Boarding School. Disertasi FMIPA UPI. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.
Hendrayana, A. (2017) Pengaruh Pembelajaran Pendekatan Rigorous Mathematical Thinking (Rmt) Terhadap Pemahaman Konseptual Matematis Siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 186- 199.
Kinard, J. T. (2001) Creating Rigorous Mathematical Thinking: A Dynamic That Drives Mathematical And Science Conceptual Development. New York: Cambridge University Press.
Kinard, J. T. (2007). Method and apparatus for creating rigorous mathematical thinking, New York: Cambridge University Press.
Kemendikbud. (2012).Kemampuan Matematika Siswa SMP Indonesia berdasarkan Benchmark TIMSS 2011Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. http://litbang.kemdikbud.go.id/data/puspendik/HASIL%20RISET/TIMSS/LAPORAN%20TIMSS%202011%20%20Kemampuan%20Matematika%20Siswa%20SMP%20Indonesia%20berdasarkan%20Benchmark%20TIMSS%202011.pdf (diakses 20 Februari 2017).
Kinard, J.T. & Kozulin, A. (2008). Rigorous Mathematical Thinking Conceptual Formation in The Mathematics Classroom. New York: Cambridge University Press.
Yaumi, M. & Ibrahim, N. (2013). Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Jamak (Multipple IntelligenceS) mengidentifikasi dan mengembangkan multitalenta Anak, Jakarta : Kharisma Putra Utama.
Munirah, S .(2014). Pendekatan Rigorous Mathematical Thinking (RMT) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan motivasi belajar siswa SMA, SKRIPSI FMIPA. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia. (Diakses 8 desember 2018).
National Council of Teacher Mathematics (NCTM). (2000). Principles and standars for schools mathematics USA: reston. V.A
Purnawan, F (2016) Pelaksanaan Pendekatan Rigorous Mathematical Thinking
Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konseptual, Pemecahan Masalah Matematis Serta Pengaruhnya Pada Self-Regulated Learning Siswa di SMA. www.repository.unpas.ac.id/34090/1/Artikel%20Jurnal.docx (diakses pada 28 Desember 2018)
Silver, Harvey, Richard Strong, dan Matthew J Perini. (1997). “Integrating Learning Style and Multiple Intelligences.” Journal of Education. Vol 55. Number 1. Page. 22-27.
Suhelmi, M. (2014). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Pokok Bahasana Bangun Ruang Prisma dan Limas. Skripsi FKIP. Serang : Untirta.
Sunenah. (2015). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP di tinjau dari kemampuan metalognisi dan kemampuan awal matematis. Skripsi : Untirta. Tidak di terbitkan.
TIMSS 2011 Report, International Association for the Evaluation of Educational Achievement (IEA), Boston, 2012
Todor, O.A (2013), “feuerstein instrumental enrichment program” http://www.afahc.ro/ro/afases/2013/socio/todor_feuerstein.pdf (diakses 20 Februari 2017).
Tyanto, E.L & Manoy, J.T. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Adobe Flash Profesional Cs6 Dengan Memperhatikan Fungsi Kognitif Rigorous Mathematical Thinking (Rmt) Pada Materi Melukis Segitiga. http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/3878 (diakses pada 21 Maret 2017).
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v13i1.6035
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika)
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .
JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).
Alamat Penerbit: Jl. Raya Ciwaru No 25 Kota Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: [email protected] |
Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika