PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN SELF REGULATED DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA SISWA

Vivi Vatillah, Lukita Ambarwati, Lukman El Hakim

Abstract


 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) dalam meingkatkan kemampuan penalaran matematis siswa dan self regulated siswa ditinjau dari kemampuan awal matematika siswa. penelitian ini dilaksanakan di SMP Islam Terpadu Birrul Walidain dan SMP Islam Terpadu Asy-Syakirin pada tahun 2018/2019. Metode  penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Islam Terpadu Birrul Walidain dan SMP Islam Terpadu Asy-Syakirin kota Tangerang. Hasil penelitian (1) terdapat perbedaan signifikan pada peningkatan kemampauan penalaran matematis siswa yang mendapat perlakuan model PBL dengan siswa yang mendapat perlakuan model pembelajaran konvensional; (2) terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap kemampuan penalaran matematis; (3) terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis pada siswa yang memiliki KAM tinggi yang mendapat perlakuan dengan model pembelajaran PBL; (4) terdapat perbedaan signifikan pada peningkatan self regulated siswa yang mendapat perlakuan model pembelajaran PBL dengan siswa yang mendapat perlakuan model konvensional; (5) terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap self regulated siswa; (6) terdapat perbedaan self regulated siswa yang mempunyai kemampuan awal tinggi yang mendapat perlakuan dengan model pembelajaran PBL.

Kata kunci:      kemampuan penalaran matematis, self regulated siswa, model pembelajaran PBL,   kemampuan awal matematika.


Full Text:

PDF

References


Aisyah, Siti, dkk. (2008). Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Astuti, M., dkk. (2002). “Hubungan Antara Persepsi terhadap Pembelajaran Kontekstual dengan Minat Belajar Matematika pada Siswa kelas VII SMP Negeri 18 Semarang.” Jurnal Psikologi Fakultas Psikologi. Vol. 3, No. 3, 2-8.

Azizah, Fathina Rossy, dkk. (2018). “Penerapan Problem Based Learning Pada Materi Luas Permukaan Serta Volume Prisma Dan Limas Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Banyudono.” Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika (JPPM). Vol.II No.4, 4-12.

Duch, B. J., Groh, S.E., dan Allen, D. E. (2001). Why Problem Based Learning: A Case Study of Institutional Change in Undergraduate Education. Virginia: Stylus Publishing.

Effendy, E., Ediati, A., dan Dewi, E. K. (2012).“Hubungan Antara Persepsi terhadap Kemampuan matematika Anak dengan Sikap terhadap Program”I Maths di TK Kristen Tri Tunggal Semarang.”Jurnal Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Vol. 1, No. 1, 1-8.

Faruq, Muhammad. (2018). “Pengaruh Metode Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Self-efficacy dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematis Siswa SMA.”Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika (JPPM).Vol. 11 No.1, 9.

Ghinis, D., Korres, K., dan Berimis, S. (2009). Difficulties Greek Senior High school Students Identify in Learning and The Teaching of Statistic: The Case of Experiment and Private High Schools. Journal of Statistic Education.Vol. 17, No. 3, 1-9. Greece: University of Piraeus.

Hastuti, Sri. (2008). Efektifitas Problem Based Learning Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis dan Representasi Matematis. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika (JPPM).Vol. 11 No.2, 11.

Keraf, Gorys. (1982).Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Gramedia.

Kompas. (2012). “Pendidikan tak Merata dan Kualitas Masyarakat Tertinggal.” Online.http://edukasi.kompas.com/read/2012/09/13/16333195/Pendidikan.

Tak.Merata.%20Kualitas.Masyarakat.Tertinggal. (Diakses 24 Maret 2018: 22.45 WIB).

Lithner, J. (2000). “Mathematical Reasoning in task solving Educational studies in Mathematic.”Online.http://link.springer.com/article/10.1023/A:100295 6417456?Li=true. (Diakses 12 Januari 2016: 20.15 WIB).

Magnesen, Vernon, A. (1983). “A Review of Finding from Learning and Memory Retention Studies.”Published by The National Institute For Staff and Organization Development With Support From The W.K. Kellogg Foundation.Online, http://journal.unnes.ac.id/artikelnju/jpii/5793. (Diakses 27 Maret 2018: 20.07 WIB).

National Council of Teacher of Mathematics (NCTM). (1989). Curriculum and Evalution Standards for School Mathematics.Reston, VA: National Council of Teacher of Mathematics.

Pujadi, A. (2007). “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Mahasiswa: Studi Kasus pada Fakultas Ekonomi Universitas Bunda Mulia.” Jurnal Bunda Mulia. Vol. 3, No.2. 40-5.

Pujiastuti, E., dkk. (2012). “Kompetensi Profesional, Pedagogik Guru IPA, Persepsi Siswa Tentang Pembelajaran, dan Kontribusinya terhadap Hasil Belajar IPA di SMP/MTS Kota Banjarbaru.” Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology.Vol. 1, No.1, 2-8.Online.https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujet/article/view/127. (Diakses 24 maret 2018: 23.15 WIB).

Sanjaya, Wina.(2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Santrock, John W. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Salemba Humanika.

Sumarmo, Utari. (2006). “Pembelajaran Keterampilan Membaca Matematika pada Sekolah Menengah. Makalah pada Seminar Pendidikan Matematika Se-Jawa Barat.Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Gunung Djati. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati.

Zimmerman, B. J. (2004). A Social Cognitive View of SelfRegulated Learning Academic Learning. Journal of Educational Psychology.Vol. 4, No. 2, 22-63.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v13i2.6995

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika)

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Ciwaru No 25 Kota Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: [email protected] |Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika