DESIGN RESEARCH: PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) UNTUK MEMBANGUN PEMAHAMAN RELASIONAL PADA TOPIK BARISAN-DERET
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membangun pemahaman relasional siswa setelah dilaksanakan pembelajaran menggunakan pendekatan PMRI pada materi barisan-deret aritmetika dan geometri di kelas VIII. Jenis penelitian ini adalah design research. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-4 SMP Pelangi Kasih yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi (video dan rekaman suara), wawancara, dan pemberian soal tes berjumlah 5 soal yang berbentuk uraian. Penelitian ini memakai konteks Asian Games khususnya dalam cabang olahraga lari. Hasil dari penelitian ini berupa lintasan belajar berdasarkan hipotesis lintasan belajar yang telah disusun sebelumnya. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif. Setelah dilakukan penelitian, diperoleh bahwa pemahaman relasional siswa berkembang berdasarkan hasil tes akhir yang disusun berdasarkan empat indikator pemahaman relasional (to describe, to compare, to evaluate, dan to explain).
Kata kunci: Design Research, Matematika Realistik, Barisan dan Deret, Pemahaman RelasionalFull Text:
PDFReferences
Afriansyah, Ekasatya Aldila. (2016). Makna Realistic dalam RME dan PMRI. Garut: STKIP Garut.
Akker, Jan van den, Koeno Gravemeijer, Susan McKenney, and Nienke Nieveen. (2017). “Educational Design Research.” Online. http://www.fisme.science.uu.nl/publicaties/literatuur/EducationalDesignResearch.pdf. (Diakses 17 Juni 2017).
Akker, Jan Van Den, Brenda Bannan, Anthony E. Kelly, Nienke Nieveen, dan Tjeerd Plomp. (2013). Educational Design Research - Part A: An Introduction. Colophon: Enschede.
Bakker, Arthur. (2004). “Design Research in Statistics Education: On Symbolizing and Computer Tools.” Online. http:// www.fi.uu.nl/publicaties/literatur/6274. (Diakses Senin, 23 Oktober 2017).
Bakker, Arthur & Van Eerde. (2013). An Introduction To Design Based Research With An Example From Statistics Education. New York: Springer.
Chubb, Mark. (2016). “Focus on Relational Understanding.” Online. https://buildingmathematicians.wordpress.com/2016/07/31/focus-on-relational-understanding/. (Diakses 17 Juni 2017).
Clements, Douglas H, & Julie Sarama. Learning Trajectories in Mathematics Education. Journal Mathematical Thinking and Learning, 6(2), 81-89.
Hadi, Sutarto. 2017. Pendidikan Matematika Realistik: Teori, Pengembangan, dan Implementasinya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Octriana, I., Putri, R. I. I., & Nurjannah. (2019). Penalaran matematis siswa dalam pembelajaran menggunakan pendekatan PMRI dan LSLC pada materi pola bilangan di kelas VIII. Jurnal Pendidikan Matematika, 13 (2), 131-142.
Purwati, H., & Supandi. (2011). Meningkatkan kompetensi dan profesionalisme dosen melalui lesson study. Aksioma: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2 (2).
Skemp, Richard R. (2017). “Relational Understanding and Instrumental Understanding.” Department of Education, University of Warwick. Online. https://alearningplace.com.au/wp-content/uploads/2016/01/ Skemp-paper1.pdf. (Diakses 17 Juni 2017).
Skemp, Richard R. (1977). “Relational Understanding and Instrumental Understanding.” Online. http://ictedusrv.cumbria.ac.uk/maths/pgdl/unit 1/unit1/page_80.htm. (Diakses 23 Oktober 2017).
Sembiring, Robert K., Sutarto Hadi, dan Maarten Dolk. (2008). Reforming Mathematics Learning in Indonesian Classroom Through RME. Journal ZDM Mathematics Education 2008: Springer.
Van de Walle, John A., Karen S. K., dan Jennifer M. Bay-Williams. 2010. Elementary and Middle School Mathematics: Teaching Developmentally. Boston: Pearson.
Usiskin, Zalman. 2012. What Does It Mean to Understand Some Mathematics?. (Proceeding at 12th International Congress on Mathematical Education). Online. https://www.icme12.org. (Diakses 17 Juni 2017).
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v13i2.7285
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika)
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .
JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).
Alamat Penerbit: Jl. Raya Ciwaru No 25 Kota Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: [email protected] |
Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika