PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA
Novi Marliani
Abstract
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap kemapuan berfikir kreatif siswa pada salah satu SMA swasta yaitu siswa kelas XI di SMA Perguruan Ksatrya Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan menggunakan metode penelitian eksperimen dengan teknik analisis data uji T. Sampel dalam penelitian adalah 50 siswa dengan kelas XI-IPS 2 sebagai kelas Eksperimen dan XI-IPS 1 sebagai kelas kontrol yang masing-masing terdiri dari 25 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tulis essay. Berdasarkan hasil analisis uji hipotesis dengan uji T menunjukkan thitung= 3,56 dan ttabel= 1,6788 pada taraf signifikansi 5% atau (a = 0,05) dan derajat kebebasannya (dk = 48) yang berarti thitung > ttabel (3,56 > 1,6788) maka H0 ditolak dan H1 diterima sehingga peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa.
DOI:
http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v9i1.978
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .
JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).
Alamat Penerbit: Jl. Raya Ciwaru No 25 Kota Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: [email protected] |
Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika