Enhancing the competency of vocational students through 3D CAD training using Solidworks
Abstract
Computer-aided design (CAD) is one of the competencies taught to vocational students. The software commonly used is Auto CAD, which focuses on constructing two-dimensional (2D) drawings. AutoCAD can also create three-dimensional (3D) drawings, but its features are limited. Based on these conditions, through community service activities, Politeknik Kampar improves the competence of students of SMK Negeri 1 Bangkinang Kota, Department of Mechanical Engineering. This activity aims to strengthen the CAD competence of vocational students using Solidworks software. The results of the training activities show the level of success with indications of a positive response from the participants and the participant's understanding of the material being taught.
Computer-aided design (CAD) merupakan salah satu kompetensi yang diajarkan kepada siswa smk. Software yang biasa digunakan adalah Auto CAD yang fokus pada konstruksi gambar dua dimensi (2D). AutoCAD juga dapat digunakan untuk membuat Gambar tiga dimesnsi (3D), tetapi fiturnya sangat terbatas. Berdasarkan kondisi tersebut, Politeknik Kampar turut serta dalam meningkatkan kompetensi siswa SMK Negeri 1 Bangkinang Kota, Jurusan Teknik Pemesinan melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi CAD dari siswa smk menggunakan software Solidworks. Hasil kegiatan pelatihan menunjukkan tingkat keberhasilan dengan indikasi adanya adanya respon yang positif dari peserta serta pemahaman peserta terhadap materi yang diajarkan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Romiyadi, R., Febrianton, A., & Mustika, W. S. (2022). Pembinaan remaja putus sekolah melalui pelatihan keterampilan pengelasan SMAW. Journal of Community Service in Science and Engineering (JoCSE), vol. 1, no. 1, pp. 5-8.
Sugiarto, T., Amin, B., Purwanto, W., Arif, A., & Putra, D. (2019). Peningkatan kompetensi guru dan siswa SMK melalui pelatihan kompetensi kejuruan teknologi otomotif. Invotek: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, vol. 19, no. 1, pp. 25-34.
Lapisa, R., Basri, I., Arif, A., & Saputra, H. (2017). Peningkatan kompetensi siswa melalui pelatihan AutoCAD. Invotek: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, vol. 17, no. 2, pp. 119-126.
Akhmadi, A. N., Qurohman., M. T., & Syarifudin, S. (2018). Peningkatan kompetensi AutoCAD bagi siswa SMK Ma’arif NU Talang Kabupaten Tegal. Jurnal Abdimas PHB, vol. 1, no. 1, pp. 15-21.
Rendi, R., Arifin, J., Herlina, F., Ihsan, S., Hartadi, B., & Syahrillah, G. R. F. (2020). Meningkatkan keterampilan guru SMK menggunakan aplikasi CAD di SMK Isam Sabilal Muhtadin. Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas, vol. 6, no. 1, pp. 31-36
Afnison, W., & Alwi, E. (2020). Program pelatihan CAD “Solidworks” bagi guru SMKN 2 Payakumbuh sebagai upaya peningkatan kompetensi dan daya saing SMK daerah di tingkat nasional. Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, vol. 20, no. 1, pp. 10-20.
Rabbika, A. I., Nugraha, M. H., Widyantoro., Rohman, A., & Fauzi, W. M. (2023). Pelatihan dasar computer-aided design (CAD) pada guru produktif SMK Negeri Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya. Kreatif: Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains dan Teknologi, vol. 1, no. 1, pp. 07-12.
Jalaali, B., Kumolosari, E., & Dinaryanto, O. (2023). Implementasi program peningkatan kompetensi siswa SMK melalui pelatihan CAD dan CFD serta evaluasi berbasis Key Performance Indicator. Kacanegara Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, vol. 6, no. 1, pp. 89-98.
Lestari, W. D., Edahwati, L., & Adyono, N. (2022). Pelatihan CAD static simulation menggunakan Solidworks di SMK Turen Malang. E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, vol. 13, no. 4, pp. 757-761.
Drastiawati, N. S., Susanti, N. A., Ningsih, T. H., Wulandari, D., & Ganda, A. N. F. (2020). Pelatihan Solidwork sebagai upaya meningkatkan kemampuan teknik menggambar bagi siswa SMKN. JCES (Journal of Character Education Society), vol. 3, no. 3, pp. 439-448.
DOI: http://dx.doi.org/10.36055/jocse.v2i1.19435
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Journal of Community Service in Science and Engineering (JoCSE) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.