Analisis Kebutuhan E-Modul Dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Barisan dan Deret Kelas XI SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan e-modul dengan pendekatan berbasis masalah pada materi barisan dan deret kelas XI. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 20 orang guru mata pelajaran matematika SMA dan 20 orang siswa SMAN 7 Kota Serang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan angket melalui Google Forms pada guru dan siswa. Berdasarkan hasil respon angket guru menunjukkan bahwa dalam pembelajaran matematika guru belum membuat e-modul matematika secara mandiri, melainkan hasil download, hasil belajar siswa dengan bahan ajar yang digunakan guru belum mengalami peningkatan yang signifikan, sebagian besar guru mengungkapkan sangat membutuhkan adanya bahan ajar interaktif seperti e-modul yang mudah di pahami siswa. Pada analisis kebutuhan siswa menunjukkan bahwa hampir sebagian besar siswa belum memahami matematika secara mendalam. Hal tersebut di tunjukkan dengan hasil belajar siswa yang masih rendah, siswa merasa kesulitan menyelesaikan soal pemecahan masalah dan kurang memahami bahan ajar yang digunakan saat belajar daring. Siswa mengharapkan adanya bahan ajar yang memuat pembahasan soal-soal matematika yang mudah di pahami dan di akses kapanpun dan dimanapun tentunya dengan desain yang menarik seperti e-modul
Full Text:
PDFReferences
Aisy, D. R., Farida, F., & Andriani, S. (2020). Pengembangan E-Modul Berbantuan Sigil Software Dengan Pendekatan Saitifik Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (Spldv). Edu Sains Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 8(1), 61–71. https://doi.org/https://doi.org/10.23971/eds.v8i1.1499
Davita, P. W. C., Nindiasari, H., & Mutaqin, A. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematis Siswa. Tirtamath : Jurnal Penelitian Dan Pengajaran Matematika, 2(2), 101–112. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.48181/tirtamath.v2i2.8892
Etrina, Anriani, N., & Fathurrohman, M. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Kompetensi Abad 21 untuk Guru SMP/MTs. Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar, 1–5. Retrieved from http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/psdpd/article/view/9935
Haryanti, F., & Saputro, B. A. (2016). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Discovery Learning Berbantuan Flipbook Maker Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Segitiga. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 147. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol1no2.2016pp147-161
Hidayatulloh, M. S. (2016). Pengembangan E- Modul Matematika Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Geogebra. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan MatematikaPendidikan Matematika FPMIPA Universitas PGRI Semarang, 1(2), 24–31. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/aks.v7i2.1416
Kemendikbud. (2013). Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Retrieved from https://bsnp-indonesia.org/wp-content/uploads/2009/06/03.-A.-Salinan-Permendikbud-No.-65-th-2013-ttg-Standar-Proses.pdf
Khaeroh, A., Anriani, N., & Mutaqin, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis. Tirtamath: Jurnal Penelitian Dan Pengajaran Matematika, 2(1), 73–85. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.48181/tirtamath.v2i1.8570
Muslem, Hasan, M., & Safitri, R. (2019). Problem Based Learning Pada Materi Fluida Statis. Edu Sains Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 7(1), 28–34. https://doi.org/https://doi.org/10.23971/eds.v7i1.1111
Pirmanto, Y., Anwar, M. F., & Bernard, M. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Sma Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Pada Materi Barisan Dan Deret Dengan Langkah-Langkah Menurut Polya. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(4), 371–384. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i4.371-384
Prihastyo, M., Nindiasari, H., & Syamsuri. (2019). Pendekatan Problem Centered Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Kemandirian Belajar Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar. Tirtamath : Jurnal Penelitian Pengajaran Matematika, 1(1), 16–34. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.48181/tirtamath.v1i1.6884
Prock, S. (2005). An introduction to connective knowledge (T. Hug, ed.). https://doi.org/10.26530/OAPEN_449459
Rohmaini, L., Netriwati, Komarudin, Nendra, F., & Qiftiyah, M. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Etnomatika Berbantuan Wingeom Berdasarkan Langkah Borg And Gall. Teorema : Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 176–186.
Salampessy, Y. M., & Suparrman. (2019). Analisis Kebutuhan E-Modul Berbasis Pbl Berpendekatan Stem. Prosding Sendika, 5(1), 13–17.
Suarsana, I. M., & Mahayukti, G. A. (2013). Pengembangan E-Modul Berorientasi Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(2), 264–275. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v2i2.2171
Sulistyaningsih, A., Suparman, Rakhmawati, E., & Surasmanto. (2019). Analisis Kebutuhan Modul Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP Kelas VII. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(2), 143–154. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/aks.v10i2.4252
Susilawati, Neneng, L., & Miranda, Y. (2016). Pengembangan modul pembelajaran biologi untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa sma kelas x. Edu-Sains, 4(2), 104–114.
Utami, W. T., & Yuwaningsih, D. A. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan E-Modul pada Pokok Bahasan Turunan menggunakan Kvisoft Flipbook Maker Pro untuk Siswa SMA Kelas XI. Konferensi Ilmiah Pendidikan Universitas Pekalongan, (2018).
Wardono, Waluya, S. B., Kartono, Mulyono, & Mariani, S. (2018). “Literasi Matematika Siswa SMP pada Pembelajaran Problem Based Learning Realistik Edmodo.” Prisma, 1, 477–497. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/2013
Wibowo, E., & Pratiwi, D. D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Materi Himpunan. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 147. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2279
DOI: http://dx.doi.org/10.48181/tirtamath.v3i1.11135
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 TIRTAMATH: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .
Tirtamath: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).
Alamat Penerbit: Program Studi Magister Pendidikan Matematika Kampus FKIP Untirta Jl. Ciwaru Raya, Cipare, Kec. Serang, Kota Serang, Banten 42117, Email: [email protected] |
Klik untuk mengakses: Tirtamath: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika