Tinjauan Penerapan Teori Skemp terhadap Pemahaman Fungsi Invers Pada Guru Matematika
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman guru dalam menyelesaikan soal fungsi invers berdasarkan teori Skemp. Penelitian ini menggunakan metode kualitiatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini ialah 2 orang guru matematika tingkat SMA dan 2 orang guru matematika tingkat SMK. Intrumen penelitian ini adalah berupa tes yang diadopsi dari Paoletti et al. (2017). Data dalam penelitian ini berupa hasil tes dan wawancara. Berdasarkan data yang diperoleh dalam tinjauan pemahaman menurut teori Skemp, bahwa keempat subjek penelitian berada pada tingkatan pemahaman instrumental, belum sampai pada pemahaman relasional. Untuk penelitian lebih lanjut dapat dilakukan pada mata pelajaran lain atau subjek penelitian yang lebih banyak.
Full Text:
PDFReferences
Abdurrifqi. (2018). Kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal operasi hitung bentuk aljabar berdasarkan teori pemahaman skemp pada kelas VIII A di SMP negeri 3 kertak hanyar. Universitas Islam Negri Antasari.
Aulia, A. A., Parta, I. N., & Irawati, S. (2017). Pemahaman konsep fungsi invers siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 1(2), 106–112. http://journal2.um.ac.id/index.php/jkpm
Davita, P. W. C., Nindiasari, H., & Mutaqin, A. (2020). Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan pemahaman matematis ditinjau dari kemampuan awal matematis siswa. TIRTAMATH: Jurnal Penelitian Dan Pengajaran Matematika, 2(2), 101. https://doi.org/10.48181/tirtamath.v2i2.8892
Dudung, A. (2018). Kompetensi profesional guru. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 5(1), 9–19. https://doi.org/10.21009/jkkp.051.02
Gumilang Galang Surya. (2016). Metode penelitian kualitatif dalam bidang bimbingan dan konseling. Jurnal Fokus Konseling, 2(2). http://ejournal.stkipmpringsewu-lpg.ac.id/index.php/fokus/a
Hafsah, H., Syamsuri, S., & Jaenudin, J. (2020). Karakteristik self-efficacy guru matematika SMP di Kota Serang. TIRTAMATH: Jurnal Penelitian Dan Pengajaran Matematika, 2(1), 56. https://doi.org/10.48181/tirtamath.v2i1.8418
Krathwohl, A. dan. (2001). The cognitive process dimension of the revised version of bloom’s taxonomy in the cognitive domain. The Lost Journal of Ven Polypheme.
Mustika, A. (2019). Analisis kemampuan pemahaman matematis siswa kelas X berdasarkan teori pemahaman Skemp dan gaya belajar Ssswa. Universitas Pendidikan Indonesia.
Paoletti, T., Stevens, I. E., Hobson, N. L. F., Moore, K. C., & LaForest, K. R. (2018). Inverse function: Pre-service teachers’ techniques and meanings. Educational Studies in Mathematics, 97, 93–109. https://doi.org/10.1007/s10649-017-9787-y
Sopiyani, R. I., Anwar, C., Firdos, H., & Setiani, Y. (2019). Analisis hasil ujian nasional matematika berdasarkan status sekolah ( negeri dan swasta ) dan kompetensi guru tingkat SMP/MTs Kota Tangerang. TIRTAMATH: Jurnal Penelitian Dan Pengajaran Matematika, 1, 60–74.
DOI: http://dx.doi.org/10.48181/tirtamath.v3i2.11172
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 TIRTAMATH: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .
Tirtamath: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).
Alamat Penerbit: Program Studi Magister Pendidikan Matematika Kampus FKIP Untirta Jl. Ciwaru Raya, Cipare, Kec. Serang, Kota Serang, Banten 42117, Email: [email protected] |
Klik untuk mengakses: Tirtamath: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika