Analisis Kebutuhan Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Peluang

Madadina Dwi Andini, Syamsuri Syamsuri, Hepsi Nindiasari, Novaliyosi Novaliyosi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kebutuhan terhadap pengembangan bahan ajar yang diperlukan di sekolah menengah pertama  berupa e-modul berbasis problem based learning dalam materi peluang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang berorientasi pada pengembangan suatu produk. Subjek penelitian ini adalah guru matematika SMP atau MTS. Pengumpulan instrumen data menggunakan angket yang disebar kepada guru matematika SMP atau MTS dan juga kepada siswa SMP melalui Google Forms. Selanjutnya dipilih 13 guru untuk menjadi  subjek yang diwawancarai. Hasil dari penelitian ini adalah dibutuhkannya pengembangan bahan ajar berupa e-modul yang mampu menunjang pembelajaran pokok bahasan peluang.

 


Full Text:

PDF

References


Abadi, M. K., Asih, E. C. M., & Jupri, A. (2017). The Development of Interactive Mathematics Learning Material Based on Local Wisdom with .swf Format. Journal of Physics: Conference Series, 895 (01208(1), 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1013/1/012131

Aprilia, K., Nindiasari, H., & Setiani, Y. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Dengan Pembelajaran Daring. X(X).

Apsari, P. N. N., & Rizki, S. (2018). Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Pada Materi Program Linear. Jurnal Aksioma:Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro, 7(1191), 47. https://doi.org/10.1299/jsmemag.121.1191_47

Davita, P. W. C., Nindiasari, H., & Mutaqin, A. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Tirtamath, 8(3), 182–192. https://doi.org/10.23960/mtk/v8i2.pp182-192

Fatah, A., Suryadi, D., Sabandar, J., & Turmudi. (2016). Open-ended approach: An effort in cultivating students’ mathematical creative thinking ability and self-esteem in mathematics. Journal on Mathematics Education, 7(1), 9–18. https://doi.org/10.22342/jme.7.1.2813.9-18

Hidayatulloh, M. S. (2003). Pengembangan E- Modul Matematika Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Geogebra. Pendidikan Matematika FPMIPA Universitas PGRI Semarang, 1(2), 24–31.

Jamillah. (2020). Kesiapan Guru Sekolah Dasar Dalam Pelaksanaan Darinng Era New Normal Di Kabupaten Sumenep. Konferensi Nasional Pendidikan I, 2(1), 148–153.

Jusmiana, A., & Herianto. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Smp Di Era Pandemi Covid-19. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1-11. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v5i2.400

Klingenberg, O. G., Holkesvik, A. H., & Augestad, L. B. (2020). Digital learning in mathematics for students with severe visual impairment: A systematic review. British Journal of Visual Impairment, 38(1), 38–57. https://doi.org/10.1177/0264619619876975

Latifah, U. H., & Widjajanti, D. B. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Statistika dan Peluang Berbasis Multiple Intelligences Berorientasi Pada Prestasi, Pemecahan Masalah, dan Rasa Ingin Tahu. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 176. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.13083

Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran Matematika Melalui Media Game Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Smp 2 Bojonegara. Jurnal Pendidikan Matematika, 03(01), 64–73.

Nadhilah, S., Purwoko, R. Y., Nugraheni, P., Purworejo, U. M., & Purworejo, K. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan E -Modul Berbasis Etnomatematika Produk Budaya Jawa Tengah. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(2), 112–118.

Nindiasari, H., Yuhana, Y., Novaliyosi, & Sukirwan. (2020). Effectiveness of scaffoldingbased interactive teaching materials: Reflective thinking ability in prospective teacher mathematics. Journal of Physics: Conference Series, 1657(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1657/1/012087

Novaliyosi, N., Tola, B., & Rahayu, W. (2019). Trends Of Mathematical Logical Thinking Abilitythrough The Cra (Concrete-Representational-Abstract) Approach with Portfolio Assessment. Indonesian Journal of Educational Review, 6(2), 98–112.

Nurfadilah, I., Nindiasari, H., & Fatah, A. (2019). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (Rme) Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Smp Negeri 11 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 7(2), 141. https://doi.org/10.36709/jppm.v7i2.8275

Perawati, R., Nindiasari, H., & Syamsuri. (2020). Pengaruh e-Learning Menggunakan Quipper School Terhadap Kemandirian dan Hasil Belajar Siswa SMP Pada Mata Pelajaran. Tirtamath, 2, 177–186.

Sandiyanti, A., & Rakhmawati M, R. (2018). Pengembangan Modul Bilingual Bergambar Berbasis Quantum Learning pada Materi Peluang. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2),157. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2280

Susilawati, Anriani, N., & Hendrayana, A. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi Abad 21 Untuk Guru Matematika (SMP/MTs) Pada Materi Peluang. Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar, 529–533. http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JIPI/article/download/10741/9123

Syamsuri, S., & Santosa, C. A. H. F. (2017). Karakteristik Pemahaman Mahasiswa dalam Mengonstruksi Bukti Matematis. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 2(2), 131–143. https://doi.org/10.15642/jrpm.2017.2.2.131-143

Yaniawati, P., Kariadinata, R., Sari, N. M., Pramiarsih, E. E., & Mariani, M. (2020). Integration of e-learning for mathematics on resource-based learning: Increasing mathematical creative thinking and self-confidence. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 15(6), 60–78. https://doi.org/10.3991/ijet.v15i06.11915




DOI: http://dx.doi.org/10.48181/tirtamath.v3i2.12733

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 TIRTAMATH: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

TIRTAMATH: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Program Studi Magister Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Jakarta KM 4 Pakupatan Serang Banten, Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: tirtamath@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: TIRTAMATH: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika