Analisis Kebutuhan Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Peluang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kebutuhan terhadap pengembangan bahan ajar yang diperlukan di sekolah menengah pertama berupa e-modul berbasis problem based learning dalam materi peluang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang berorientasi pada pengembangan suatu produk. Subjek penelitian ini adalah guru matematika SMP atau MTS. Pengumpulan instrumen data menggunakan angket yang disebar kepada guru matematika SMP atau MTS dan juga kepada siswa SMP melalui Google Forms. Selanjutnya dipilih 13 guru untuk menjadi subjek yang diwawancarai. Hasil dari penelitian ini adalah dibutuhkannya pengembangan bahan ajar berupa e-modul yang mampu menunjang pembelajaran pokok bahasan peluang.
Full Text:
PDFReferences
Abadi, M. K., Asih, E. C. M., & Jupri, A. (2017). The Development of Interactive Mathematics Learning Material Based on Local Wisdom with .swf Format. Journal of Physics: Conference Series, 895 (01208(1), 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1013/1/012131
Aprilia, K., Nindiasari, H., & Setiani, Y. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Dengan Pembelajaran Daring. X(X).
Apsari, P. N. N., & Rizki, S. (2018). Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Pada Materi Program Linear. Jurnal Aksioma:Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro, 7(1191), 47. https://doi.org/10.1299/jsmemag.121.1191_47
Davita, P. W. C., Nindiasari, H., & Mutaqin, A. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Tirtamath, 8(3), 182–192. https://doi.org/10.23960/mtk/v8i2.pp182-192
Fatah, A., Suryadi, D., Sabandar, J., & Turmudi. (2016). Open-ended approach: An effort in cultivating students’ mathematical creative thinking ability and self-esteem in mathematics. Journal on Mathematics Education, 7(1), 9–18. https://doi.org/10.22342/jme.7.1.2813.9-18
Hidayatulloh, M. S. (2003). Pengembangan E- Modul Matematika Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Geogebra. Pendidikan Matematika FPMIPA Universitas PGRI Semarang, 1(2), 24–31.
Jamillah. (2020). Kesiapan Guru Sekolah Dasar Dalam Pelaksanaan Darinng Era New Normal Di Kabupaten Sumenep. Konferensi Nasional Pendidikan I, 2(1), 148–153.
Jusmiana, A., & Herianto. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Smp Di Era Pandemi Covid-19. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1-11. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v5i2.400
Klingenberg, O. G., Holkesvik, A. H., & Augestad, L. B. (2020). Digital learning in mathematics for students with severe visual impairment: A systematic review. British Journal of Visual Impairment, 38(1), 38–57. https://doi.org/10.1177/0264619619876975
Latifah, U. H., & Widjajanti, D. B. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Statistika dan Peluang Berbasis Multiple Intelligences Berorientasi Pada Prestasi, Pemecahan Masalah, dan Rasa Ingin Tahu. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 176. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.13083
Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran Matematika Melalui Media Game Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Smp 2 Bojonegara. Jurnal Pendidikan Matematika, 03(01), 64–73.
Nadhilah, S., Purwoko, R. Y., Nugraheni, P., Purworejo, U. M., & Purworejo, K. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan E -Modul Berbasis Etnomatematika Produk Budaya Jawa Tengah. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(2), 112–118.
Nindiasari, H., Yuhana, Y., Novaliyosi, & Sukirwan. (2020). Effectiveness of scaffoldingbased interactive teaching materials: Reflective thinking ability in prospective teacher mathematics. Journal of Physics: Conference Series, 1657(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1657/1/012087
Novaliyosi, N., Tola, B., & Rahayu, W. (2019). Trends Of Mathematical Logical Thinking Abilitythrough The Cra (Concrete-Representational-Abstract) Approach with Portfolio Assessment. Indonesian Journal of Educational Review, 6(2), 98–112.
Nurfadilah, I., Nindiasari, H., & Fatah, A. (2019). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (Rme) Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Smp Negeri 11 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 7(2), 141. https://doi.org/10.36709/jppm.v7i2.8275
Perawati, R., Nindiasari, H., & Syamsuri. (2020). Pengaruh e-Learning Menggunakan Quipper School Terhadap Kemandirian dan Hasil Belajar Siswa SMP Pada Mata Pelajaran. Tirtamath, 2, 177–186.
Sandiyanti, A., & Rakhmawati M, R. (2018). Pengembangan Modul Bilingual Bergambar Berbasis Quantum Learning pada Materi Peluang. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2),157. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2280
Susilawati, Anriani, N., & Hendrayana, A. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi Abad 21 Untuk Guru Matematika (SMP/MTs) Pada Materi Peluang. Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar, 529–533. http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JIPI/article/download/10741/9123
Syamsuri, S., & Santosa, C. A. H. F. (2017). Karakteristik Pemahaman Mahasiswa dalam Mengonstruksi Bukti Matematis. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 2(2), 131–143. https://doi.org/10.15642/jrpm.2017.2.2.131-143
Yaniawati, P., Kariadinata, R., Sari, N. M., Pramiarsih, E. E., & Mariani, M. (2020). Integration of e-learning for mathematics on resource-based learning: Increasing mathematical creative thinking and self-confidence. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 15(6), 60–78. https://doi.org/10.3991/ijet.v15i06.11915
DOI: http://dx.doi.org/10.48181/tirtamath.v3i2.12733
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 TIRTAMATH: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .
Tirtamath: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).
Alamat Penerbit: Program Studi Magister Pendidikan Matematika Kampus FKIP Untirta Jl. Ciwaru Raya, Cipare, Kec. Serang, Kota Serang, Banten 42117, Email: [email protected] |
Klik untuk mengakses: Tirtamath: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika