PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS

Amanatul Khaeroh, Nurul Anriani, Anwar Mutaqin

Abstract


Salah satu masalah utama dalam pembelajaran di kelas yang berimbas terhadap pemahaman menyelesaikan masalah matematis adalah kemampuan penalaran matematis yang masih rendah. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis kemampuan penalaran matematis melalui model pembelajaran dan gaya belajar.  Alasan dari penelitian ini tentu dapat dijadikan salah satu acuan pembelajaran di sekolah untuk mewujudkan suasana lingkungan kelas yang kondusif sehingga antusiasme peserta didik dalam belajar matematika semakin meningkat. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental semu dengan desain Pretest-Postest Control Group Desain. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa SMKN Pertanian Kota Serang Propinsi Banten dan sampel dipilih secara purposive sampling sehingga diperoleh 2 kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, tes berupa soal essay berindikator kemampuan penalaran matematis. Pretes diberikan sebagai tes awal sebelum penelitian ini berlangsung pada kedua kelas tersebut. Serta pada awal pembelajaran kedua kelas mengerjakan instrument gaya belajar dengan tujuan untuk mengklasifikasi peserta didik yang termasuk kelompok tahap visual, auditori atau kinestetikl. Sedangkan postes diberikan setelah akhir penelitian pada kedua kelas berupa soal yang sama dengan sebelumnya. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: 1.  Terdapat pengaruh kemampuan penalaran matematis peserta didik  yang diberi model pembelajaran PBL lebih tinggi dari pada peserta didik yang diberi model pembelajaran ekspositori; (2) Terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa berdasarkan gaya belajar; (3) . Tidak terdapat  interaksi antara model pembelajaran dan gaya belajar terhadap kemampuan penalaran matematis.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.48181/tirtamath.v2i1.8570

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 TIRTAMATH: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

TIRTAMATH: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Program Studi Magister Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Jakarta KM 4 Pakupatan Serang Banten, Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: tirtamath@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: TIRTAMATH: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika