Penggunaan media ular tangga Braille dalam meningkatkan kemampuan mengenal bilangan angka 1-10 anak dengan hambatan penglihatan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui data dan informasi mengenai penggunaan media ular tangga braille dalam meningkatkan kemampuan mengenal bilangan 1-10 anak dengan hambatan penglihatan Sdkh kelas III di Skh gytha kiara 02-Carita. Desain yang digunakan adalah A-B-A dan metode penelitian ini ialah kuasi eksperimen dengan subyek tunggal atau single subyek research (SSR). Subyek pada penelitian ini adalah anak dengan hambatan penglihatan. Pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi dan tes, target behavior pada penelitian ini adalah mengenal bilangan 1-10. Data yang telah diperoleh akan dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan data dari penelitian yang telah dianalisis menunjukkan hasil yang cukup baik, dimana adanya perubahan yang lebih baik terhadap kemampuan mengenal bilangan anak dibandingkan kemampuan awal anak sebelum adanya intervensi melalui media ular tangga braille. Hal ini dapat diketahui melalui hasil penyajian data melalui tabel disetiap fasenya dengan mean level baseline 1 (A-1) adalah 33 dan, intervensi (B) adalah 60 dan mean level untuk baseline 2 (A-2) ialah 48,5. Bedasarkan hasil tersebut dapat disimpukan adanya peningkatan pada penelitian ini meskipun ada beberapa fase yang memiliki kecenderungan stabilitas yang tidak stabil sebab masih dibawah kriteria stabilitas data. Akan tetapi, media ini mampu meningkatkan kemampuan mengenal bilangan anak.
Abstract: This study aims to find out data and information about the use of braille snakes and ladders media in improving the ability to recognize the number of 1-10 children with grade III Sdkh vision barriers in Skh gytha Kiara 02-Carita. The design used is A-B-A, and this research method is a four-part experiment with a single subject or single research subject (SSR). The subjects in this study were children with vision barriers. Data collection conducted is observation and tests. The target behaviour in this study is to know the numbers 1-10. The data that has been obtained will be analyzed using descriptive statistics. Based on data from the research that has been analyzed shows quite good results, where there is a better chance of recognising the number of children than the initial ability of children before the intervention through the medium of braille snakes and ladders. This can be known through the results of the presentation of data through the table in each phase with the mean level of baseline 1 (A-1) is 33, intervention (B) is 60, and the mean level for baseline 2 (A-2) is 48.5. Based on these results can be simulated an increase in this study, although some phrases have a tendency to unstable stability because it is still under the criteria of data stability. However, this media is able to improve the ability to recognize the number of children.
Keywords
Full Text:
Fulltext PDFReferences
Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran.Jakarta: Rajawali Pers
Darmawan, D. (2014). Metode penelitian kuantitatif. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Departemen Pendidikan & Kebudayaan RI, Peraturan Menteri Pendidikan danKebudayaan RI No. 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional PAUD, (Jakarta:Departemen Pendidikan & Kebudayaan RI, 2014), 26.
Margono, M. (2007). Metodologi penelitian pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Musfiqon. (2012). Pengembangan media dan sumber pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.Hal 28
Pramono sari Agustin Eka. (2014). Peningkatan Kemampuan Operasi Hitung Campuran Siswa Tunarungu Kelas Iv Melalui Permainan Ular Tangga. PLB FIP. Universitas Negeri Malang. VOL 1, NO 3 (2014) tesedia (online) http://journal.um.ac.id/index.php/jo/article/view/8236/3769
Somantri. T. S. (2012). Psikologi anak luar biasa. Bandung: PT.Refika Aditama, Hal: 65
Sunanto, S. (2006) Penelitian dengan subyek tunggal. Bandung: UPI Press.
Widoyoko, S. E P. (2009). Evaluasi program pembelajaran: panduan praktis bagi pendidik dan calon pendidik, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, hlm. 45
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/unik.v6i1.11863
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 UNIK (Jurnal Ilmiah Pendidikan Luar Biasa)
Jurnal UNIK: Pendidikan Luar Biasa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/UNIK.
Jurnal Unik Stats