Penggunaan media smartcard dalam meningkatkan kemampuan membaca huruf pada anak tunarungu

Nur Ahdi Asmara, Toni Yudha Pratama, Yuni Tanjung Utami

Abstract


Pendidikan merupakan usaha sadar yang dilakukan oleh seseorang untuk mengubah tingkah laku manusia ke arah yang lebih baik dan terencana untuk mencapai sebuah tujuan. Anak berkebutuhan khusus dalam spesifikasi gangguan pendengaran atau tunarungu, dilihat secara fisik terlihat sama dengan anak pada umum lainnya. Penggunaan media dalam proses pembelajaran dapat membantu dan mempercepat proses pemahaman dan penangkapan materi yang diberikan. Adapun rumusan masalah yang terjadi pada penelitian ini yaitu bagaimana penggunaan media SmartCard untuk meningkatkan kemampuan membaca huruf (A, B, C, D) pada anak tunarungu kelas dasar I di SKh Al-Ghisafa Labuan, dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media SmartCard dalam meningkatkan kemampuan membaca huruf pada anak tunarungu kelas dasar I di SKh Al-Ghisafa Labuan. Metode penelitian ini mengggunakan design Single Subject Research (SSR). Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian ini yaitu penggunaan media SmartCard dapat meningkatkan kemampuan membaca huruf (A, B, C, D) pada anak tunarungu pada kelas I SDKh di SKh Al-Ghisafa yang dapat dibuktikan dengan nilai presentase pada intervensi (B) dan baseline 2 ( ) lebih tinggi dibandingkan dengan skor presentase baseline 1 ( ).

 

 

Abstract: Education is a conscious effort made by a person to change human behaviour in a better and planned direction to achieve a goal. Children with special needs in the specifications of hearing loss or deafness seen physically look the same as other children in general. The use of media in the learning process can help and accelerate the process of understanding and catching the material provided. The problem formulation that occurred in this study is how to use SmartCard media to improve the ability to read letters (A, B, C, D) in deaf children in elementary class I at SKh Al-Ghisafa Labuan, and the purpose of this study is to find out the use of SmartCard media in improving the ability to read letters in deaf children in elementary class I at SKh Al-Ghisafa Labuan. This research method uses Single Subject Research (SSR) design. Data collection techniques are observation, interview, and documentation. The data analysis used is descriptive statistics. The result of this study is the use of SmartCard media can improve the ability to read letters (A, B, C, D) in deaf children in grade I SDKh in SKh Al-Ghisafa, which the percentage value can prove at intervention (B) and baseline 2 (A_2) higher than the percentage score of baseline 1 (A_1).


Keywords


Penggunaan media; SmartCard; Membaca huruf.

Full Text:

Fulltext PDF

References


Amel. (2010). http://callmeamel.blogspot.com/2010/07/identifikasi-rumusan-dan-batasan.html. Diakses pada tanggal 20 juli 2020.

Anon. (2014). Anak berkebutuhan khusus. Modul Bimbingan Konseling.

Azhar, A. (2006). Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo persada.

Azhariani, A. D. (2015). edukasi. Dipetik April 18, 2017, https://www.kompasiana.com/alindestiyahashariani/anak-tunarungu-tetap-memiliki-potensi-belajar-berbicara-dan-berbahasa_54f7ad39a33311c6198b4781. dari kompasiana9.

Dewandari, P. A. (2011). Peningkatan kemampuan mengenal huruf melalui pemanfaatan media kartu kata bergambar pada anak kelompok B1 Taman Kanak-kanak Aisyah Bustanul Athfal Tengahan Minggir Sleman. Yogyakarta: FIP UNY.

Dhieni, N. (2008). Metode pengembangan bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

Huda, F. A. (2017, Agustus 17). Pengertian media pembelajaran flash card. Dipetik september 7, 2017, dari FATKHAN.WEB.ID: http://fatkhan.web.id/pengertian-media-pembelajaran-flash-card/

Munadi, Y. (2013). Media pembelajaran: sebuah pendekatan baru. Jakarta: Referensi.

Sadiman, A. S. (2006). Media pendidikan, pengertian, pengembangan dan pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Soetopo, H. (2009). Pintar memakai alat bantu ajar. Jakarta: Esensi Erlangga Group.

Sudono, A. (2000). Sumber belajar dan alat permainan. Jakarta: PT Grasindo.

Sugiyono. (2011). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dam R&D. Bandung:AlfabetaSunanto Juang. (2005). Pengantar Pendidikan Dengan Subyek Tunggal.

Tahir, Muh. (2011). Pengantar metodologi penelitian pendidikan. Universitas Muhammadiyah Makassar. Diakses pada pukul 21.00 Tanggal 23 Februari 2020.

Zaman, B. (2008). Media dan Sumber belajar TK. Jakarta: Universitas Terbuka.

Zuhriyyah, A. (2017). Pengembangan media pembelajaran flash card IPA pada anak tunarungu kelas VII SMPLB. Lampung: UIN Raden Intan.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/unik.v6i1.11868

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 UNIK (Jurnal Ilmiah Pendidikan Luar Biasa)

Creative Commons License
Jurnal UNIK: Pendidikan Luar Biasa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/UNIK.

 

Jurnal Unik Stats