Pembelajaran bina komunikasi persepsi bunyi irama pada masa pandemi Covid-19 bagi peserta didik tunarungu

Aditya Mulya Poetra, Ishak Gerard Bachtiar, Leliana Lianty

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan informasi terkait pembelajaran Bina Komunikasi Persepsi Bunyi Irama di Kelas 1 Sekolah Dasar Luar Biasa Pangudi Luhur Jakarta Barat bagi peserta didik tunarungu pada masa pandemi covid-19 yang mempengaruhi cara dan proses pembelajaran yang terkait dengan strategi, proses pelaksanaan dan faktor pendukung serta penghambat pembelajaran. Kemudian penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis fenomologis untuk menggambarkan fenomena-fenomena yang terjadi di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fenomena yang terjadi adalah pembelajaran daring pada pembelajaran BKPBI di kelas 1 SDLB Pangudi Luhur sangat mempengaruhi proses pelaksanaan pembelajaran yaitu pertama strategi dimodifikasi sedemikian rupa, kedua pelaksanaan pembelajaran menggunakan platform online dan guru membuat video dan lembar pekerjaanya sendiri sebagai tugas yang kemudian peserta didik  merekam tugas tersebut sebagai hasil pembelajaran, terakhir pembelajaran secara daring ini juga memberikan dampak pada gutu, peserta didik bahkan pendamping peserta didik.

 

Learning to build communication on the perception of rhythmic sound during the Covid-19 pandemic for deaf students


Abstract: This research aims to describe information related to learning Rhythm Sound Perception Communication in Class 1 of Pangudi Luhur Elementary School in West Jakarta for deaf learners during the covid-19 pandemic that affects the way and learning process related to strategies, implementation processes, supporting, and learning inhibitions factor. Then the study used a descriptive qualitative approach with phenomenological methods to describe the phenomena that occur in the field. The results showed that the phenomenon that occurred was online learning in BKPBI learning in the 1st grade of SDLB Pangudi Luhur greatly influenced the learning process, using online platforms and teachers made their own videos and worksheets as tasks that then learners recorded the task as learning results.

 

Keywords


Tunarungu; BKPBI; Covid-19; Pembelajaran Daring

Full Text:

Fulltext PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30870/unik.v7i2.14077

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 UNIK (Jurnal Ilmiah Pendidikan Luar Biasa)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal UNIK: Pendidikan Luar Biasa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/UNIK.

 

Jurnal Unik Stats