Keterampilan membuat kerajinan dari resin untuk meningkatkan kreativitas anak tunagrahita

Tri Afriyanti, Dedi Mulia, Yuni Tanjung Utami

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak tunagrahita melalui pembelajaran keterampilan. Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen dengan pendekatan single subject research (SSR). Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan desain A-B-A. data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan ditampilkan melalui grafik garis. Subjek penelitian ini adalah seorang anak tunagrahita kelas IX dengan inisial A yang bersekolah di SKh Negeri 02 Kota Serang. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa pemberian pembelajaran keterampilan membuat kerajinan dari resin pada anak tunagrahita kelas IX dapat meningkatkan kreativitas anak. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya rata-rata perolehan data pada target behavior  pada penelitian ini. Hasil yang didapatkan pada fase A-1 (baseline-1) adalah 33%, setelah diberikannya perlakuan atau intervensi pada fase B (intervensi) rata-rata perolehan data yang didapatkan meningkat yaitu 57% dan setelah diberikannya perlakuan atau intervensi maka perolehan data pada fase A-2 (baseline-2) yaitu 53%. Dengan demikian maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pemberian pembelajaran keterampilan membuat kerajinan dari resin dapat meningkatkan kreativtias anak tunagrahita pada anak tunagrahita kelas IX di SKh Negeri 02 Kota Serang.


Keywords


Keterampilan, kreativitas, anak tunagrahita

Full Text:

PDF

References


Abidah, Siti. "Manajemen Pengembangan Pendidikan Keterampilan Vokasional Di MAN 15 Jakarta." UIN Syarif Hidayatullah. (February 20, 2019) (2019).

Abubakar, Rifai. (2021). Pengantar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: SUKA-Press UIN Sunan Kalijaga.

Ahmadi, Agus. (2013). Pembuatan Suvenir Dengan Teknik Resin Sebagai Upaya Pemberdayaan Pemuda Selo Boyolali Dalam Membidik Pariwisata. Abdi Seni, 5(1).

American Psychiatric Association. (2013). Diagnostic and statistical manual of mental disorders. Amerika serikat: American Psychiatric Assoc, 21, 591-643.

Andiana, S, Fauziah, P, (2019) Pengembangan Model Pembelajaran Project Based Learning Dengan Sumber Belajar Berbasis Media Bahan Alam Dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun. S2 thesis, Program Pascasarjana. Universitas Negeri Yogyakarta

Asnani, Ari. Dkk. (2021). Aplikasi Resin Bening Untuk Kreasi Aksesoris Di Griya Crafita Community Purwokerto. Panrita Abdi-Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(1), 51-60.

Astuti, Puji. (2018) Proses Berkarya Seni Merajut Dengan Teknik Crochet Menggunakan Model Cl (Cooperative Learning) Pada Siswa Kelas Viii Smp Muhammadiyah 1 Makassar.

Atmaja, Jati Rinakri. (2018). Pendidikan Dan Bimbingan Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Ayu, Nelsa Putri. Dkk. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Kolase Berbasis Pemanfaatan Daur Ulang Sampah Pada Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas Iv Mis Nurul Yaqin Sungai Duren. (Doctoral Dissertation, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi).

Creswell, John W. (2014). Research Desain Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif Dan Campuran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Darmawan, Anita., Setiawan, Timmy. (2019). Sentra Kerajinan Kulit Di Kemang. Jurnal Sains, Teknologi, Urban, Perancangan, Arsitektur (Stupa), 1(2), 1061-1072.

Desaryanti, Nur Ilmy., dkk, (2019), Upaya Guru Pembimbing Khusus Dalam Menangani Proses Pembelajaran Pada Anak Berkebutuhan Khusus Kelas Iii Di Pendidikan Inklusi Sekolah Dasar Negeri 131 Kota Jambi (Doctoral dissertation, UIN Sulthan Thaha Saifuddin).

Desiningrum, Dinnie Ratri. (2016). Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta : Psikorain.

Devi, Fratnya Puspita. (2014). Peningkatan Kreativitas Melalui Kegiatan Kolase Pada Anak Kelompok B2 Di TK ABA Keringan Kecamatan Turi Kabupaten Sleman. Tetrahedron Letters, 55.

Fika, Nurhaliza. (2020). Metode Guru Pembimbing Dalam Pengembangan Kreativitas Siswa Tunarungu Di Slb Mutiara Nusantara Majenang Cilacap. (Doctoral Dissertation, IAIN Purwokerto).

Gusmania, Yesi., Amelia, Fitrah. (2019). Pendampingan Pembuatan Kerajinan Tangan Dari Kain Flanel Sebagai Usaha Kecil Menengah (UKM) Masyarakat Di Kelurahan Sei Langkai. MINDA BAHARU, 3(1), 59-65.

https://www.hukumonline.com/klinik/a/hak-memperoleh-pendidikan-khusus-untuk-anak-berkebutuhan-khusus-lt5fbcd26d6b0bb#_ftn1

https://sarifudin.com/2-5-2-saran. (Diakses pukul 03.44 pada tanggal 1 Desember 2022).

Https://Www.Merdeka.Com/Trending/Resin-Adalah-Senyawa-Kimia-Alami-Ini-Manfaat-Dan-Variannya-Yang-Umum-Dipakai-Kln.Html (Diakses Pukul 13.51 Pada Tanggal 11 Maret 2022).

Https://Www.Rumah.Com/Panduan-Properti/Mengenal-Resin-50851. (Diakses Pukul 13.53 Pada Tanggal 11 Maret 2022)

Imam, Yuwono. (2020). Penelitian SSR (Single Subject Research) Buku 1.

Isti’anah, N. (2017). Upaya Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Berkebutuhan Khusus (Tunagrahita) Di SLB Limas Padang (Doctoral Dissertation, STKIP PGRI Sumatera Barat).

Jaya, Hendra. (2017). Keterampilan Vokasional Bagi Anak Berkebutuhan Khusus

Perawatan & Perbaikan Alat Elektronika. Makasar : Fakultas MIPA Universitas Negeri Makassar.

Khaatimah, Husnul., Wibawa, Restu. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 2(2), 76-87.

Makmur, Agus., Aspia, Asrar. (2015). Efektifitas Penggunaan Metode Base Method Dalam Meningkatkan Kreatifitas Dan Motivasi Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 10 Padangsidempuan. Edutech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(01).

Masruroh, Zumrotul. (2016). Manajemen Pendidikan Keterampilan (Vocational Skill) Di MAN Kembangsawit. Muslim Heritage, 1(2), 417-438.

Mulyati, Sri. (2013). Meningkatkan kreativitas pada anak. Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, 2(02), 124-129.

Munastiwi, Erni. (2019). Peran guru dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini di TK Islam Terpadu Salsabila Al-Muthi’in Yogyakarta. GOLDEN AGE: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(2), 35-50.

Mutiah, Khammim. Nur. (2021). Manajemen Pendidikan Ketrampilan Vokasional Anak Tunagrahita. Exponential (Education For Exceptional Children) Jurnal Pendidikan Luar Biasa, 2(1), 191-198.

Noveria, Lisa. (2019). Meningkatkan Keterampilan Vokasional Menghias Sandal Melaluimedia Video Tutorial Bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas VIII (Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Padang).

Nugraha, Anggara. Dkk. (2020). Pelatihan Manufaktur Komposit Sebagai Produk Kerajinan Tangan Pada Industri Rumahan. Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(2), 119-129.

Pradana, Agrissto., DKK. (2017). Pemberdayaan Masyarakat Menghadapi MEA Melalui Pelatihan Keterampilan Di Kota Magelang. Warta LPM, 20(1), 17-23.

Prasetyo, Ryan. (2016). Implementation Of Mental Retardation Student's Sewing Vocational Skill Learning (Qualitative Descriptive Study In Class XI SLB Tri Asih West Jakarta). Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta.

Rahmadi. (2011). Pengantar Metodologi Penelitian. Banjarmasin: Antasari Press.

Rukminingsih, Dkk. (2020). Metode Penelitian Pendidikan Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian

Tindakan Kelas. Yogyakarta: Erhaka Utama.

Salim, Abdul. (2010). Pengembangan Model Modifikasi Kurikulum Sekolah Inklusif Berbasis Kebutuhan Individu Peserta Didik. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 16(7), 21-34.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitif, Kualitatif Dan R&D. Bandung : Alfabeta.Cv.

Sukardari. (2019). Model Pendidikan Inklusi Dalam Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Kanwa Publisher.

Sunanto, Juang. Dkk. (2006). Penelitian Dengan Subjek Tunggal. Bandung : UPI Press.

Sunarto. Sunarto (2018). Pengembangan Kreativitas-Inovatif Dalam Pendidikan Seni Melalui Pembelajaran Mukidi. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2).

Supardjo, S., Sutama, M. (2016). Pengelolaan Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Dasar Penyelenggara Pendidikan Inklusif Sekolah Dasar Negeri Iii Giriwono Wonogiri (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Supriyanto, Supriyanto. (2020). Pengelolaan Layanan Keterampilan Vokasional Siswa Tunarungu. Jurnal Inspiras Manajemen Pendidikan, 8(3), 167-177.

Usman, Dkk. (2008). Metodologi Penelitian Social. Jakarta : Sinar Grafika Offset.

Zulaichah, Mahmudah. (2018). Pengelolaan Pendidikan Vokasional Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus Di SLB Al Azhar Sidoarjo (Doctoral Dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/unik.v9i1.20526

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal UNIK: Pendidikan Luar Biasa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal UNIK: Pendidikan Luar Biasa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/UNIK.

 

Jurnal Unik Stats