EFEKTIVITAS MODEL DIRECT INSTRUCTION DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN VOKASIONAL MERANGKAI BUNGA ARTIFICIAL PADA ANAK TUNAGRAHITA KELAS X SMALB DI SKH PGRI RANGKASBITUNG

Febrina Aulia Putri, Yuni Tanjung Utami, Toni Yudha Pratama

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah keefektivitasan model direct instruction dalam meningkatkan keterampilan vokasional merangkai bunga artificial pada anak tunagrahita. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif eksperimen dengan mengggunakan One Group Pre-test Post-test. Subjek penelitian ini adalah 3 siswa kelas X SMALB. Instrumen yang digunakan dalam efektivitas model direct instruction dalam meningkatkan keterampilan vokasional merangkai bunga artificial pada anak tunagrahita adalah tes kinerja berupa lembar penilaiaan. Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata yang diterima siswa sebelum diberikan perlakuan (pre-test) adalah sebesar 51, setelah diberikan perlakuan nilai rata-rata yang diterima oleh siswa (post-test) meningkat menjadi 84. Hasil uji statistic menunjukan bahwa model direct instruction efektif dalam meningkatkan keterampilan vokasional merangkai bunga artificial pada anak tunagrahita.

Keywords


Model Direct Instruction, Merangkai Bunga Artificial; Keterampilan Vokasional; Anak Tunagrahita.

Full Text:

PDF

References


American Psychiatric Association (2013). Diagnostic And Statistical Manual Of Mental Disorders Fifth Edition (DSM-V). Washington : American Psychiatric Publishing

Ardisal & Khoirun, N. (2021). Efektifitas Metode Demonstrasi dalam Membuat Keterampilan Vokasional Boneka Panda pada Anak Tunagrahita Ringan Kelas VI di SLB N 1 Painan. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 547-555.

Muanis, A., & Homdijah, O. (2023). Penerapan Program Pembelajaran Tata Rias Sehari-Hari Dengan Strategi Project Based Learning Pada Anak Dengan Hambatan Intelektual. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan,9(3), 65-76. https://doi.org/10.5281/zenodo.7605234

Seprinawati, & Efendi, J. (2019). Pelaksanaan Pembelajaran Keterampilan Vokasional Membuat Sandal Kulit bagi Anak Tunagrahita Ringan di SLB Negeri 2 Padang. Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus, 7(1), 154–159

Shoimin, Aris. (2020). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Maguwoharjo : Ar-Ruzz Media

Zahra, W., & Irdamurni, I. (2021). Efektivitas Video Tutorial dalam Pembelajaran Keterampilan Membuat Tempat Buah dari Gelas Plastik Bekas bagi Anak Tunagrahita Ringan. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 389-394. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.2107




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/unik.v9i2.22709

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal UNIK: Pendidikan Luar Biasa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal UNIK: Pendidikan Luar Biasa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/UNIK.

 

Jurnal Unik Stats