Improving Expression Writing Skills Using Comic Media for Learners with Learning Problems in Grade IV Elementary School
Abstract
Abstrak: Penelitian ini didasari oleh kesulitan yang dihadapi oleh peserta didik dalam mengembangkan ide, kelancaran dalam menulis dan kesadaran dalam menggunakan tanda baca di dalam sebuah tulisan ekspresi. Menulis ekspresif atau yang dikenal dengan mengarang merupakan keterampilan komunikasi ekspresif yang memposisikan pembicara atau penulis sebagai penyampai pesan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis ekspresi menggunakan media komik bagi peserta didik problema belajar kelas IV di SDN Cipayung 04 Pagi, Jakarta Timur. Subjek penelitian ini adalah peserta didik problema belajar yang berjumlah 10 orang. Metode yang digunakan adalah PenelitianTindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart dimana tahapan pada model tersebut terdiridari perencanaan, pelaksanaan tindakan dan pengamatan, serta refleksi. Data penelitian diperoleh melalui hasil tes tulis dan hasil pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar dengan rata-rata pra-siklus 48, siklus I 58, siklus II 67. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa media komik dapat meningkatkan keterampilan menulis ekspresi bagi peserta didik problema belajar kelas IV dan dapat digunakan sebagai alternatif media dalam pembelajaran menulis ekspresi pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Oleh sebab itu, diharapkan guru dapat menggunakan media komik dalam mengajarkan menulis ekspresi pada mata pelajaran bahasa Indonesia bagi peserta didik problema belajar kelas IV.
Kata Kunci : media komik, menulis ekspresi, dan peserta didik problema belajar.
Abstract: This study is based on the difficulties faced by students in developing ideas, fluency in writing, and awareness of using punctuation in expressive writing. Expressive writing, or what is known as composing, is an expressive communication skill that positions the speaker or writer as the message deliverer. This study aims to improve expressive writing skills using comic media for students with learning problems in grade IV at SDN Cipayung 04 Pagi, East Jakarta. The subjects of this study were ten students with learning problems. The method used is Classroom Action Research using the Kemmis and Mc Taggart model, where the stages in the model consist of planning, implementing actions and observations, and reflection. Research data were obtained through written test results and observation results. The results showed increased learning outcomes with an average pre-cycle of 48, cycle I of 58, and cycle II of 67. Thus, comic media can improve expressive writing skills for students with learning problems in grade IV and be an alternative media for learning expressive writing in Indonesian language subjects. Therefore, it is expected that teachers can use comic media to teach writing expressions in Indonesian language subjects to students with learning problems in grade IV.
Keywords: comic media, students with learning problems, and writing expressions.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Cer, E. (2019). The Instruction of Writing Strategies: The Effect of the Metacognitive Strategy on the Writing Skills of Pupils in Secondary Education. SAGE Open, 9(2). https://doi.org/10.1177/2158244019842681
Fernanda, A., & Sukardi, E. (2022). Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi melalui Metode Sugesti Imajinasi pada Siswa Kelas IV. Jurnal Basicedu, 6(4), 7657–7663. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3614
Khasawneh, M. A. S. (2021). Developing Writing Skills Among Students With Learning Disabilities In English Language. International Journal of Education and Social Science Research, 04(06). https://doi.org/10.37500/ijessr.2021.4601
Kumara, A. (2001). Dampak Kemampuan Verbal Terhadap Kualitas Ekspresi Tulis (Issue 1).
Maryana, S., & Sukmawati, W. (2021). Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Sederhana melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL). Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 7(4), 205. https://doi.org/10.32884/ideas.v7i4.428
Martini Jamaris. 2014. Kesulitan Belajar: Perspektif, Asesmen, dan Penanggulangannya Bagi Anak Usia Dini dan Usia Sekolah. (Bogor: Ghalia Indonesia, 2014).
Mulyono Abdurrahman. 2012. Anak Berkesulitan Belajar Teori, Diagnosis, dan Remediasinya. Jakarta: Rineka Cipta.
MF Sya. (n.d.). Keterampilan Menulis Esai Naratif Bahasa Inggris Melalui Strategi.
Nazir, R. A. R., & Tarmini, W. (2022). Keterampilan Menulis Karangan Narasi dengan Media Gambar pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 966–972. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2998
Nugraheni, Nursiwi. 2017. Penerapan Media Komik Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7 (2): 111- 117.
Robert Reid, Torri Ortiz Lienemann. 2013. Strategy Instruction for Students with Learning Disabilities. New York: The Guilford Press.
Robert Reid, Torri Ortiz Lienemann. 2006. Strategy Instruction for Students with Learning Disabilities. New York: The Guilford Press.
Suci Lestari, Media Komik (Jakarta: Universitas Pendidikan Indonesia,2009), hlm. 4
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Tarigan, H. G. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. (Bandung: CV Angkasa, 2021), hlm.2.
Williams, C., & Beam, S. (2019). Technology and writing: Review of research. Computers and Education, 128, 227–242. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2018.09.024
Vaughn, S. & Bos, S. C. (2012). Strategies For Teaching Students With Learning And Behavior Problems (Seven Edition). USA: Pearson. Hlm. 4
Vivi, Ruviana. (2020). Pemanfaatan Media Komik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menulis Narasi Siswa Kelas IV SDN Jabung 2, Vol. 10 No. 2. https://doi.org/10.24176/re.v10i2.4574.
Windarto Hengky. (n.d.). Kajian Keterampilan Menulis Menggunakan Media Jurnal Bergambar Di Sekolah Dasar.
Yusuf, Q., Jusoh, Z., & Yusuf, Y. Q. (2019). Cooperative Learning Strategies to Enhance Writing Skills among Second Language Learners. In International Journal of Instruction (Vol. 12, Issue 1). www.e-iji.net
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/unik.v9i2.30537
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal UNIK: Pendidikan Luar Biasa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal UNIK: Pendidikan Luar Biasa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/UNIK.
Jurnal Unik Stats