ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PECAHAN BENTUK CERITA MENGGUNAKAN TEORI NEWMAN PADA SMP KELAS VII

Ai Nurdianti, Maman Fathurrohman, Hepsi Nindiasari

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan yang dilakukan oleh peserta didik dan faktor penyebab kesalahan peserta didik dalam melakukan kesalahan pada SMP kelas VII dalam menyelesaikan soal operasi hitung pecahan bentuk cerita. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu,  kualitatif deskriptif dengan bentuk penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini yaitu 25 siswa SMP Islam Annida. Berdasarkan hasil yang didapat dari penyelesaian soal peserta didik didapat persentase kesalahan peserta didik yaitu 68% dengan jumlah 85 jawaban salah. Sedangkan 32% untuk jawaban yang benar dengan jumlah 40 peserta didik. Dari data tersebut dapat diketahui bahwa persentase kesalahan jawaban yang salah memiliki persentase paling banyak dibandingkan dengan persentase jawaban yang benar.

Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v2i2.11810

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: wilangan@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika