MODEL DOUBLE LOOP PROBLEM SOLVING SEBAGAI STRATEGI MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS

Samuel Benny Dito, Etika Khaerunnisa

Sari


Programme for International Student Assessment (PISA) adalah assessment berskala internasional dengan penyelenggara Organization for Economic Co-operation and Development dengan tujuan untuk mengukur kemampuan literasi siswa, salah satunya di bidang matematika. Hasil PISA tahun 2018 bidang literasi matematika mengalami penurunan dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Banyak fakor kemungkinan yang menyebabkan itu terjadi, salah satunya adalah penggunaan strategi pembelajaran yang kurang tepat untuk siswa. Strategi pembelajaran adalah bagian terpenting dalam pembelajaran karena menyangkut bagian teknis langsung selama pembelajaran, salah satunya penggunaan model pembelajaran atau pendekatan pembelajaran. Model Double Loop Problem Solving merupakan kreatifitas model dari pengembangan Problem Solving dengan tujuan untuk membuat gerak aktif siswa lebih bertambah lagi dengan pendekatan berbasis masalah agar dapat meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa. Pendekatan berbasis masalah dimaksudkan untuk mencari penyebab utama timbulnya masalah yang dilakukan oleh siswa, dimana hal ini sejalan dengan konsep literasi matematika. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan studi literatur yang didapatkan secara online berupa skripsi, tesis, jurnal nasional dan jurnal internasional yang dipublikasikan dalam jangka waktu 5 tahun terakhir ini. Didukung oleh penelitian terdahulu, penulis mendapatkan kesimpulan bahwa integrasi Double Loop Problem Solving ke dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmad, M., & Nasution, D. P. (2019). Peningkatan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama melalui Pendekatan Kontekstual. Jurnal Education and Development, 7(2), 103–112. Retrieved from http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/883/395

El Hafiz, S., & Himawan, K. K. (2020). Tantangan melakukan kajian literatur psikologi di Indonesia: Masalah mendasar dan solusinya. Jurnal Psikologi Ulayat, 8, 6–17. https://doi.org/10.24854/jpu125

Fajriyah, E. (2018). Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa pada Model Double Loop Problem Solving Berpendekatan RME-PISA. Retrieved from http://lib.unnes.ac.id/41028/1/upload tesis euis.pdf

Fakhrunnisa, M. (2019). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR MELALUI MODEL DLPS (DOUBLE LOOP PROBLEM SOLVING) PADA SISWA KELAS V DI MIS NURUL HUDA LIMAU MUNGKUR KECAMATAN BINJAI BARAT KOTA BINJAI T.A 2018/2019.

Jufri, L. H. (2015). Penerapan Double Loop Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Level 3 Pada Siswa Kelas Viii Smpn 27 Bandung. Lemma, II(1), 52–62.

Nasution, W. N. (2017). Strategi Pembelajaran. In Biosel: Biology Science and Education (Vol. 2). https://doi.org/10.33477/bs.v2i2.376

Nurdyansyah, & Toyiba, F. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Terhadap Hasil Belajar Madrasah Obtiaiyah. 929–930.

OECD. (2018). What 15-year-old students in Indonesia know and can do. Programme for International Student Assessment (PISA) Result from PISA 2018, 1–10. Retrieved from http://www.oecd.org/pisa/ Data

Rahayu, P. (2017). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DOUBLE LOOP PROBLEM SOLVING (DLPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI KELAS X SMAN 13 MUARO JAM.

Rizki, L. M., & Priatna, N. (2019). Mathematical literacy as the 21st century skill. Journal of Physics: Conference Series, 1157(4), 8–13. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/4/042088

Roliyani. (2016). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Penggunaan Model Pembelajaran Double Loop Problem Solving. Jurnal Pena Edukasi, 3(6), 560-566.

Sinurat, Y. Y. (2018). Analisis Literasi Matematika Pada Model Pembelajaran Double Loop Problem Solving Pendekatan Rme Berbantuan.

Umiyaroh, F., & Handoyo, B. (2017). The Influence Of Double Loop Problem Solving Learning Models to Senior High School Learners Spatial Thinking Abi ... 2(1).

Wekke, I. S., Fatria, I., & Maryadi. (2019). Metode Penelitian Ekonomi Syariah.

Widiastika, M., Mertasari, N. M. ., & Ardana, I. . (2019). Efektivitas Pendekatan Double Loop Problem Solving Dengan Scaffolding Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 8(2), 10–18. https://doi.org/10.23887/jppm.v8i2.2848




DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v2i3.12276

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: wilangan@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika