KONSTRUKSI KONSEP FUNGSI MATEMATIS BAGI SISWA SMA BERDASARKAN TEORI APOS

Atika Indah Safitri, Syamsuri Syamsuri, Jaenudin Jaenudin

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan konstruksi konsep fungsi matematis bagi siswa SMA berdasarkan Teori APOS. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah APOS Research Cycle. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 4 Kota Serang yang telah mendapatkan materi fungsi komposisi dan fungsi invers. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes tertulis berbentuk uraian dan wawancara semi terstruktur. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif dengan 3 tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami mekanisme mental yang spesifik dalam mengonstruksi konsep fungsi matematis. Penelitian ini juga membuktikan bahwa tahapan interiorization (action menuju process) merupakan tahapan penting dalam mengontruksi konsep fungsi matematis karena mempengaruhi kesempurnaan konstruksi pada tahap selanjutnya, baik pada process, object, maupun schema.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amir, A. (2014). Pembelajaran matematika SD dengan menggunakan media manipulatif. Forum Paedagogik, VI(01), 72–89.

Arnon, I., Cottrill, J., Dubinsky, E., Oktac, A., Fuentes, S. R., Trigueros, M., & Weller, K. (2014). APOS Theory : A Framework for Research and Curriculum Development in Mathematics Education. In Springer (Issue 3). https://doi.org/10.5840/acpq199771338

Aulia, A. A., Parta, I. N., & Irawati, S. (2017). Pemahaman konsep fungsi invers siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 1(1), 106–112.

Fadillah, A. (2016). Analisis minat belajar dan bakat terhadap hasil belajar matematika siswa. MATHLINE : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 113–122. https://doi.org/10.31943/mathline.v1i2.23

García-Martínez, I., & Parraguez, M. (2017). The basis step in the construction of the principle of mathematical induction based on APOS theory. Journal of Mathematical Behavior, 46(1), 128–143. https://doi.org/10.1016/j.jmathb.2017.04.001

Herawati, A. S. (2014). Kontruksi konsep relasi dan fungsi dalam sistem gui matlab. Prosiding Seminar Nasional Matematika Universitas Jember, November, 268–271.

Kolins, A. Y., Wahyuningsih, W., Safrudin, N., & Rusdin, M. E. (2020). Analisis kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal matematika pada fungsi komposisi dan fungsi invers. AlphaMath : Journal of Mathematics Education, 6(2), 86. https://doi.org/10.30595/alphamath.v6i2.7866

Kuswanti, Y., Sudirman, & Nusantara, T. (2018). Deskripsi kesalahan siswa pada penyelesaian masalah sistem persamaan linear tiga variabel (spltv). Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(7), 865–872.

Marlina, E., & Ruhiat, D. (2018). Penerapan sub pokok fungsi pada matematika ekonomi terhadap fungsi permintaan dan fungsi penawaran. Akurat : Jurnal Ilmiah Akuntansi, 9(2), 90–96.

Mumu, J., Prahmana, R. C. I., & Tanujaya, B. (2017). Construction and reconstruction concept in mathematics instruction. Journal of Physics: Conference Series, 943(1), 1–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/943/1/012011

Ni’mah, R., Sunismi, & Fathani, A. H. (2018). Kesalahan konstruksi konsep matematika dan scaffolding-nya. Edudikara:Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 162–171.

Novitasari, D. (2016). Pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 8–18. https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.8-18

Paladang, K. K., Indriani, S., & Dirgantoro, K. P. S. (2018). Analisis kesalahan siswa kelas VIII SLH Medan dalam mengerjakan soal matematika materi fungsi ditinjau dari prosedur newman. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 1(2), 93–103.

Purwanti, R. D., Pratiwi, D. D., & Rinaldi, A. (2016). Pengaruh pembelajaran berbantuan geogebra terhadap pemahaman konsep matematis ditinjau dari gaya kognitif. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 115–122. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i1.137

Putri, F. M. (2018). Kemampuan berpikir kritis matematis siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan teori APOS pada siswa kelas Viii.1 SMP negeri 6 Sekayu. HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1. https://doi.org/10.31100/histogram.v2i1.29

Restianaim, V., Pendy, A., & Merdja, J. (2020). Gaya belajar mahasiswa pendidikan matematika universitas flores dalam pemahaman konsep fungsi. SPEJ(Science and Phsics Education Journal), 3(2), 48–56.

Safitri, A. (2017). Profil pemahaman siswa mengenai konsep grafik fungsi kuadrat berdasarkan teori APOS ditinjau dari kemampuan matematika. MATHunesa, 6(2), 1–8.

Suryadi, D. (2011). Membangun Budaya Baru dalam Berpikir Matematika. In Rizqi Press.

Susanti, B., Afriani, Y., & Lestari, P. (2019). Analisis kesulitan siswa kelas XI dalam menyelesaikan soal fungsi komposisi dan fungsi invers di SMK Al-Ikhsan Batujajar. Jurnal on Education, 01(03), 446–459.

Yuliana, D., & Ratu, N. (2018). Deskripsi kemampuan pemahaman konsep eksponen berbasis teori APOS pada siswa SMA Theresiana Salatiga. MAJU, 5(1), 51–65.




DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v2i3.12353

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: wilangan@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika