KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP MENGGUNAKAN E-MODUL BERBANTU KODULAR PADA SMARTPHONE

Ratu Syifa Fauziyah, Nurul Anriani, Isna Rafianti

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa menggunakan media pembelajaran berupa E-modul berbantu Kodular Pada Smartphone. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Tahapan penelitian ini yaitu Tahap Persiapan, Pelaksanaan Penelitian, dan Tahap Akhir. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Kota Serang. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument wawancara, dan tes. Wawancara digunakan untuk mengetahui keadaan awal serta kemampuan siswa. Tes digunakan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman siswa menggunakan e-modul berbantu kodular pada smartphone. Berdasarkan penelitian didapatkan hasil bahwa terjadi peningkatan kemampuan siswa yakni sebesar 0.57 yang termasuk ke dalam kategori sedang. Adapun indikator kemampuan pemahaman konsep matematis, peningkatan paling tinggi diantara ketujuh indikator berdasarkan hasil n-gain dari tes awal dan tes akhir yaitu indikator 5 yakni menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis. Sementara indikator yang memiliki peningkatan kategori sedang yang lebih rendah daripada indikator yang lainnya adalah indikator 2 yakni mengklasifikasi objek-objek menurut sifat-sifat tertentu. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka media pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aldeliana, E. (2019). PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS CHALLENGING TASK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA NEGERI 1 TEMPILANG. UIN Raden Intan.

Fitryasari, L., & Masriyah. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Pengajuan Soal (Problem Posing) Pada Materi Volume Kubus Dan Balok Di Kelas Viii Smp Negeri 1 Krian. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(3), 21–29. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/25554/23429

Fuadi, R., Johar, R., & Munzir, S. (2016). Peningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematis melalui Pendekatan Kontekstual. Jurnal Didaktik Matematika, 3(1), 47–54. https://doi.org/10.24815/jdm.v3i1.4305

Hake, R. R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. Division D, 1–4.

Helda, S. (2017). Analisis Tingkat Pemahaman Siswa Terhadap Konsep Matematika Pada Materi Sudut di Klas VII MTs Negeri 2 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2016/2017. Universitas Islam Negeri Antasari.

Kartika, Y. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas Vii Smp Pada Materi Bentuk Aljabar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(4), 777–785.

Khoirunnisa, R. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi Pada Siswa SMP. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 8. https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.8-18

OECD. (2020). Mathematics Performance (PISA) indicator. https://data.oecd.org/pisa/mathematics-performance-pisa.htm

Prasetyo, H. (2020). Kemampuan Matematika Siswa Indonesia Berdasarkan TIMSS. Jurnal Pedagogik, 3(2), 111–117.

Sari, P. (2017). Pemahaman Konsep Matematika Siswa pada Materi Besar Sudut Melalui Pendekatan PMRI. Jurnal Gantang, 2(1), 41–50. https://doi.org/10.31629/jg.v2i1.60

Shadiq, F. (2009). Kemahiran Matematika. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika Yogyakarta.

Statcounter. (2020). Mobile Operating System Market Share Indonesia. https://gs.statcounter.com/os-market-share/mobile/indonesia

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Sundayana, R. (2013). Media Pembelajaran Matematika. Alfabeta.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. KENCANA.

Wulansari, E. W., Kantun, S., & Suharso, P. (2018). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Ekonomi Materi Pasar Modal Untuk Siswa Kelas Xi Ips Man 1 Jember Tahun Ajaran 2016/2017. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 12(1), 1. https://doi.org/10.19184/jpe.v12i1.6463




DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v3i1.13180

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: wilangan@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika