ANALISIS VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA DARING UNTUK MENCAPAI STUDENTS’ WELL-BEING SISWA SMA

Dewi Yuni Marfiah, Hepsi Nindiasari, Sukirwan Sukirwan

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan video pembelajaran matematika daring yang dibuat oleh guru matematika yang ditinjau dari indikator students’ well-being. Indikator students’ well-being yang dianalisis sebanyak 5 indikator, yaitu indikator enjoy, indikator mandiri, indikator berpikir kritis dan pemecahan masalah, indikator prestasi belajar, dan indikator motivasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan subjek sebanyak 3 guru matematika SMA di Kabupaten Tangerang. Data yang diperoleh didapat dari dokumentasi video pembelajaran serta rubrik penilaian untuk menganalisis tiap indikator di dalam video pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator enjoy berkategori Baik, indikator mandiri berkategori Baik, indikator berpikir kritis dan pemecahan masalah berkategori Baik, indikator prestasi belajar berkategori Sangat Baik, dan indikator motivasi berkategori Kurang Baik. Selanjutnya, secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa video subjek GR2 berkategori Cukup Baik, video subjek GR3 berkategori Baik, dan video GR4 berkategori Baik.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A. Cahyani, I. D. Listiana, S. Puteri, and L. (2020). ] , “,” vol. 3, no. 01, pp. 123–140, 2020.demi Covid-19. Motivasi Belajar Siswa SMA Pada Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19, 3(01), 123–140.

Ammy, P. M., & Wahyuni, S. (2020). ANALISIS MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA MENGGUNAKAN VIDEO PEMBELAJARAN SEBAGAI ALTERNATIF PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ). Jurnal Mathematics Pedagogic, V(1), 27–35.

Aryati, F. S. (2015). HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSI DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS VII DI SMP N 1 SAMBONG KABUPATEN BLORA. UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA.

Baharuddin, I. (2014). Efektivitas Penggunaan Media Video Tutorial Sebagai Pendukung Pembelajaran Matematika Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Peserta Didik Sma Negeri 1 Bajo Kabupaten Luwu Sulawesi Selatan. Jurnal Nalar Pendidikan, 2(2), 247–255.

Ghifari, M. T. (2021). PENGARUH PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBANTUAN VIDEO EDUKASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP DI MASA PANDEMI CORONA VIRUS DISEASE 19 (COVID-19). Universitas Pendidikan Indonesia.

Junaedi, Y., Maryam, S., & Lutfi, M. K. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa SMP Pada Pembelajaran Daring. Journal of Mathematics Education and Learning, 2(1), 49-56.

Noble, T., & McGrath, H. (2016). The Prosper School Pathways for Student Wellbeing Policy and Practices. Springer.

Nuritha, C., & Tsurayya, A. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 48–64. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.430

Nuzuliana, A. H., Bakri, F., & Budi, E. (2015). Pengembangan Video Pembelajaran Fisika pada Materi Fluida Statis di SMA. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Jorunal), 4(28).

Solehah, A., Nindiasari, H., & Setiani, Y. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Menggunakan Pembelajaran Daring. Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 37–47.

Sugiman, S., Pujiastuti, E., & Suyitno, A. (2020). Pemanfaatan media video dimensi tiga untuk menciptakan joyful learning di SLB Salatiga sebagai produk PKM Jurusan Matematika UNNES. PRISMA, Prosiding Seminar …, 3, 482–488. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/37615

Suherman, E. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. JICA.

Syahrir. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika SMP untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 2(1).


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

WILANGAN : Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika