Analisis Perkembangan Kognitif Siswa SMA Pada Pembelajaran Matematika

Tria Suhada Azzahra, Hepsi Nindiasari, Zahra Fadhilah Aryoko, Zahid Nur Afita Amaliyah, Riza Novidona Afifah, Difa Tri Faizah

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kesesuaian tahap perkembangan kognitif menurut Jean Piaget terhadap siswa SMA kelas XI di SMA Negeri 2 Kota Serang, apakah siswa telah mencapai pada tahap penalaran formal, sesuai dengan yang dijelaskan dalam teori Piaget. Subjek dari penelitian ini adalah siswa SMA sebanyak 19 orang dengan usia antara 15 sampai 17 tahun. Penelitian ini menggunakan instrumen kuesioner yang dibagikan secara langsung kepada siswa dalam pembelajaran matematika. Kuesioner terdiri dari 15 pernyataan dengan diberi waktu selama 10 menit. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa kemampuan kognitif siswa dapat dikatakan baik. Namun, adanya keragu-raguan yang dialami siswa perlu menjadi tugas bagi seorang guru agar kemampuan kognitif siswa dapat lebih baik lagi.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aini, I. N., & Hidayati, N. (2017). Tahap perkembangan kognitif matematika siswa SMP kelas VII berdasarkan teori Piaget ditinjau dari perbedaan jenis kelamin. JPPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran …. http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/view/2027

Ismiyah, S., Nindiasari, H., & ... (2020). … PENDEKATAN METAKOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMA BERDASARKAN TAHAP PERKEMBANGAN KOGNITIF. … : Jurnal Penelitian Dan …. http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/Tirtamath/article/view/7930

Junaedi, Y., & Juandi, D. (2021, May). Mathematical creative thinking level on polyhedron problems for eight-grade students. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1882, No. 1, p. 012052). IOP Publishing.

Juwantara, R. A. (2019). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun Dalam Pembelajaran Matematika. In Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. core.ac.uk. https://core.ac.uk/download/pdf/327227393.pdf

Kognitif, K., Sma, S., Diajar, Y., Ipa, X. I., & Negeri, S. M. A. (2018). MODEL PEMBELAJARAN ARIAS PADA POKOK BAHASAN KELARUTAN DAN SENIOR HIGH SCHOOL STUDENT COGNITIVE SKILLS TAUGHT USING ARIAS LEARNING MODEL ON THE SUBJECT OF SOLUBILITY AND SOLUBILITY menggunakan model pembelajaran ARIAS ( Assurance , Relevance , Interest , A. 1(1), 33–38.

Mu'min, Sitti Aisyah. (2013). TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF JEAN PIAGET. Jurnal Al-Ta'dib Vol. 6 No. 1, 89-99.

Nurhidayah, Dwi Avita. (2018). TAHAP PERKEMBANGAN KOGNITIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA MENGGUNAKAN TEST OF PIAGET'S LOGICAL OPERATION (TLO). LAPLACE: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 1 No. 1, 28.

Riyatuljannah, T., & Suyadi, S. (2020). Analisis Perkembangan Kognitif Siswa Pada Pemahaman Konsep Matematika Kelas V Sdn Maguwoharjo 1 Yogyakarta. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 12(1), 48–54. https://doi.org/10.17509/eh.v12i1.20906

Sriyana, Widodo Winarso. Perilaku Belajar Efektif Terhadap Kemampuan Kognitif Psikomotorik Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Indomath: Indonesian Mathematics Education. Vol. 1 No. 2, 82-83.

Wardi, F., Hayati, L., Kurniati, N., Sripatmi. (2021). Kesesuaian teori perkembangan kognitif piaget pada peserta didik kelas I dan II dalam memahami hukum kekekalan. Griya Journal of Mathematics Education and Application. Vol. 1 No. 3, 320-321.

Wiranata, A., Ibrahim, N., & ... (2019). Pengaruh Kemampuan Analisis dalam Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Hasil Belajar Kognitif. Seminar Nasional …, 36–43. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/10795/All-Paper-v0-4_05_ Pengaruh Kemampuan Analisis dalam Model Pembel_6.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Yusup, Y. J., Lutfi, M. K., & Kusumastuti, F. A. (2022). LEVEL BERPIKIR KKREATIF MATEMATIS SISWA SMP PADA PEMBELAJARAN HYBRID. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1-14.




DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v4i1.13430

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: wilangan@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika