Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Pada Materi Trigonometri Untuk Siswa SMA

Irfan Fauzan, Nurul Anriani, Ria Sudiana

Sari


Berdasarkan analisis kebutuhan,  media pembelajaran dan bahan ajar yang  digunakan dalam proses pembelajaran  terbatas pada buku teks dan LKS. Oleh karena itu, perlu adanya inovasi media pembelajaran yang fleksibel yang diharapkan dapat mendukung proses belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran GEMA dan mengevaluasi kelayakan media tersebut. Dalam penelitian ini menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah 22 siswa kelas X yang terdiri dari siswa berprestasi rendah, sedang, dan tinggi serta satu orang guru dari SMAN 1 Bojongmanik. Saran survei ini terdiri dari angket verifikasi ahli materi dan media serta angket jawaban guru dan siswa. Berdasarkan hasil analisis data, skor ahli 87,33 dalam kategori sangat layak, ahli media 85,29 dalam kategori sangat layak, respon guru 86,67 dalam kategori sangat praktis, dan 80,32 untuk siswa dalam kategori praktis. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran GEMA yang dikembangkan sangat layak sebagai sumber belajar sesuai dengan persyaratan kurikulum 2013. Dengan aplikasi ini, siswa dapat menggunakan sumber belajar yang fleksibel kapan saja, di mana saja.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amirullah, G., & Hardinata, R. (2017). Pengembangan mobile learning bagi pembelajaran. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 4(02), 97–101.

Attri, A. K. (n.d.). Distance education: problems and solutions.

Franklin, U. (1999). The real world of technology. House of Anansi.

Gazali, R. Y. (2016). Pengembangan bahan ajar matematika untuk siswa SMP berdasarkan teori belajar ausubel. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 183–184.

Ibrahim, N., & Ishartiwi, I. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Mata Pelajaran Ipa Untuk Siswa Smp. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(1).

Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100.

Lubis, S. D., & Minarni, A. (2015). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik dan kemandirian belajar siswa SMP melalui model pembelajaran berbasis masalah. Paradikma Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3).

May, V., & Courtney, S. (2016). Developing meaning in trigonometry. Illinois Mathematics Teacher, 63(1), 25–33.

Nasional, D. P. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 Tanggal 23 Mei 2006 Standar Isi Kerangka Dasar & Struktur Kurikulum. Jakarta: Depdiknas.

Sugiyono, S. (2010). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D. Alfabeta Bandung.

Widoyoko, E. P. (2012). Teknik penyusunan instrumen penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 15, 22.

Wijaya, A. (2012). Pendidikan matematika realistik suatu alternatif pendekatan pembelajaran matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Woodill, G. (2011). The mobile learning edge: Tools and technologies for developing your teams. McGraw-Hill New York.

Yusup, Y. J., Lutfi, M. K., & Kusumastuti, F. A. (2022). LEVEL BERPIKIR KKREATIF MATEMATIS SISWA SMP PADA PEMBELAJARAN HYBRID. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1-14.




DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v3i4.13465

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: wilangan@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika